Running A Business

Menjadi Customer Service yang Baik dan Disukai Pelanggan

 
  • 17
    Shares

Di setiap tahun, persaingan usaha selalu terus bertambah. Khusunya dalam bidang internet. Selain perusahaan dituntut bagaimana memberikan produk yang bagus dan berkualitas tapi terjangkau, perusahaan juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang excellent. Guna mendukung penjualan yang bagus, sebuah perusahaan harus memiliki customer servie yang baik.  Nah, bagaimana menjadi seorang customer service yang baik  dan disukai pelanggan? Simaklah uraian berikut ini

1. Bisa berkomunikasi dengan baik

Di manapun tempatnya, seoarang customer service wajib bisa berkomunikasi dengan baik. Bahasa yang dikeluarkan juga harus ramah, sopan, dan jelas. Agar kita bisa menginformasikan informasi atau solusi dan keluhan pelanggan dengan dengan baik dan tepat.

2. Kuasi produk

Tidak lucu jika kita sudah pandai berkomunikasi namun kita tidak menguasi produk yang kita jual. Karena hal ini nanti bisa mengakibatkan pelanggan ragu akan kualitas barang yang kita pasarkan.

3. Respon cepat

Pelanggan selalu ingin pelayanan yang cepat. baik dalam memberikan informasi atau menyelesaikan suatu masalah. Karena bagi mereke time is money mungkin ya? hehehehe

Sedangkan kita tau, tidak hanya dia saja yang membutuhkan penanganan cepat. Jika respon kita lama, pasti akan meberikan menjadi sebuah nilai minus.Untuk itu, agar pelanggan merasa nyaman, paling tidak sedikit saja kita harus meresponnya. bisa dengan mohon menunggu sejenak ya pak/bu, dll

4. Mampu meyakinkan pelanggan

Kemampuan untuk menyakinkan pelanggan harus dimiliki oleh setiap customer service. Tentunya cara meyakinkan tersebut harus disertai dengan berbagai argumen yang dapat diterima akal sehat. Selain itu, seorang customer service yang baik  juga harus mampu melayani pelanggan hinga mereka merasa senang dan puas karena kebutuhan mereka telah terpenuhi.

5. Berikan janji yang bisa diwujudkan

Pernah marah jika seseorang mengingkari janji kepada Anda? Apalagi pelanggan. Intinya, semua orang pasti akan marah jika janji layanan yang diberikan tidak sesuai dengan kenyataan, atau bahkan tidak pernah ditepati. Jangan memberikan janji yang tidak mungkin jika hanya membuat citra perusahaan semakin baik. Jadilah realistis dan mengacu pada kenyataan. Misalnya, apabila suatu bank memakan waktu 3-4 hari dalam pencairan uang tunai, janganlah katakan pada konsumen itu bisa dilakukan hanya dalam hitungan jam.

6. Memberlakukan standart baku

Setiap layanan dan perlakuan terhadap pelanggan haruslah memiliki standar baku. Dengan begitu, setiap pelaku customer service wajib melakukan standar servis yang telah dibuat dan disetujui oleh perusahaan. Ini bertujuan untuk memberikan servis yang sempurna untuk pelanggan. Selain standar yang baku, konsistensi adalah hal yang sangat penting, dan itu harus dijalankan secara konsisten. Dengan demikian perusahaan memiliki citra entitas yang profesional dan service oriented.

7. Tetap berikan yang terbaik untuk pelanggan

Intinya, jika kita mampu melayani semua pelanggan dengan baik, siapa pun mereka, maka secara otomatis pelanggan akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain di sekitarnya. Pengalaman keseluruhan tersebut akan dinilai oleh konsumen sebagai bagian dari entitas perusahaan yang memberikan layanan terbaik. Maka, konsumen tidak akan ragu memberikan rekomendasi positif dan menceritakan kenyamanan tersebut dalam konektivitas yang mereka miliki di dunia maya. Tapi harus diingat juga, apabila setiap staf pelayanan hanya menjalankan prosedur, konsumen tidak mungkin mendapatkan kesan yang mendalam. Justru interaksi spontan antara konsumen dan staf pelayananlah yang justru bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa! Maka, tetap camkanlah ini, Konsumen adalah Raja!

Baca juga:

8 Cara Jitu Membangun Customer Service yang Optimal

4 Kualifikasi Dasar Seorang Customer Service Perusahaan Anda

5 Hal Penting Dalam Melayani Customer

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 17
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 8 October 2014 - pukul 9:09

    Untuk bisa berkomunikasi dengan baik diperlukan latihan yang kontinyu.

    • Administrator
      8 October 2014 - pukul 9:56

      Benar Pak, bisa dikatakan untuk dapat menjadi komunikator yang handal perlu jam terbang yang tinggi. Perlu belajar dan berlatih :)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *