Leadership

4 Langkah Menjadi Super Star Social Media menurut Vala Afshar

 
  • 50
    Shares

   

Vala Afshar adalah Chief Customer Officer di Enterasys Networks. Dia terkenal piawai dalam menggunakan media sosial dalam kegiatan marketing untuk bisnisnya. Berdasarkan kesuksesannya, ketepatan waktu mengeluarkan konten adalah kunci utama keberhasilannya. Menurutnya, konten adalah sumber wawasan yang berfokus terhadap audiens. Konten dapat membangun karakter seseorang secara pribadi dan profesional. Baru-baru ini, Vala Afshar membagikan tips seputar “4 langkah menjadi Rockstar Sosial Media” kepada Forbes. Menarik sekali untuk disimak.

Langkah Pertama : Curate from the best

Pertama, pilih topik yang Anda sukai. Kumpulkan, lalu perkuat topik yang Anda minati berdasarkan sumber – sumber informasi yang terbaik dari yang terbaik. Jadikan langkah awal ini untuk membentuk keberanian dalam mengungkapkan pendapat Anda. Cantumkan pendapat Anda, khususnya jika ditanyakan. Sumbang wawasan yang Anda miliki dan hindari topik yang tidak bernilai.

Langkah Kedua : If Content is King, Context is God

Merupakan kutipan yang berasal dari manager marketing perusahaan wine, Gary Vaynerchuk: “Jika Konten adalah Raja, maka Konteks adalah Tuhan”. Konteks merupakan konten yang diposting pada saat yang tepat dan pada tempat yang tepat. Untuk mencapai tahapan ini, anda memerlukan pemahaman menyeluruh terhadap audiens dan target anda. Sehingga Anda dapat merubah dan memberikan konten yang efektif. Tentunya, Anda tidak dapat terlibat dengan audiens jika Anda tidak ada inisiatif untuk berinteraksi dengan mereka. Maka, jadilah responsif ketika bermain di social media.

Langkah Ketiga : Create and Synthesize Content

Langkah berikutnya adalah mengolah data dari konten yang telah dikumpulan menjadi konten dengan bahasa Anda sendiri. Satu hal yang jadi batasan anda ketika bersintesis, jadilah seseorang yang murah hati dengan menghargai dan mengakui wawasan dan kontribusi orang lain.

Langkah Keempat : Use Social Tools and Technology

Alat terbaru apapun yang anda kuasai tidak akan begitu saja mengubah Anda menjadi seorang profesional di media sosial. Tapi alat yang baik dikombinasikan langkah yang tepatlah kuncinya. Contohnya kalau anda pakai TweetDeck, anda juga harus bisa menyusun strategi berdasarkan fitur yang ditawarkannya. Misalnya dipadukan dengan Hastags (#), anda dapat menggunakannya untuk mengetahui perkembangan dunia digital secara live. Di sini, anda dapat melakukan filter untuk membaca konten cerdas yang dimiliki Bussines Leader di dunia yang mungkin pernah anda lewatkan.

Apapun media yang digunakan, pastikan untuk mempelajari medianya secara utuh. Hal – hal sederhana seperti bio dan avatar dapat membangun kesan terhadap akun media sosial Anda. Tambahkan variasi dalam posting Anda dengan menyertakan gambar, infographics dan video. Jangan takut untuk berbagi momen pribadi Anda. Manusia ingin berhubungan dengan manusia lain, bukan robot. Dan ketika Anda berfikir telah cukup melakukan semuanya, lakukan lebih banyak dari yang Anda pikirkan.

Sama halnya seperti kehidupan nyata, Anda akan mendapatkan hasil dari setiap perbuatan Anda. Berusahalah menjadi yang luar biasa, memberi tanpa mengharap imbalan, dan mempertahankan konsistensi dan kejujuran Anda. Dalam kehidupan nyata dan sosial media , kesuksesan merupakan kombinasi dari kompetensi, kepercayaan diri dan karakter. Good luck ;-)

v2

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 50
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 15 May 2014 - pukul 16:00

    sip…. infonya menarik
    ntar aku coba :)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *