Technology

Panduan Memilih Smartphone Bagi Bisnis Anda

 
  • 4
    Shares

   

Anda mungkin pernah bingung memilih smartphone apa yang cocok untuk anda. Bukan salah anda. Kehadiran berbagai varian smartphone dengan berbagai fasilitas dan harga memang cukup fenomenal dalam beberapa tahun terakhir. Maka, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips membeli smartphone untuk keperluan bisnis. Perlu diingat, ketika memilih smartphone, sebaiknya tidak hanya melihat dari sisi tampilan saja. Namun juga harus mampu memenuhi kebutuhan anda sebagai user. Berikut adalah beberapa aspek yang harus anda ketahui:

Sistem Operasi

Ada banyak Sistem Operasi yang sudah dibenamkan di dalam berbagai tipe smartphone saat ini. Namun yang utama ada 4, yaitu:

1. Android. Android layak untuk dipilih karena kemampuan multitasking. Android mampu menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu sekaligus tanpa ada hambatan. Selain itu Android juga memiliki fitur multimedia yang mumpuni. Banyak sekali aplikasi yang dapat mendukung kinerja anda tersedia di Google Play Store untuk didownload.

2. iOS. Sistem operasi besutan Apple ini tidak kalah dengan Android. iOS juga mempunyai AppStore untuk mengunduh aplikasi – aplikasi yang dibutuhkan user. iOS bisa jadi pilihan utama anda yang mementingkan tampilan dan kemudahan. Navigasinya sangat mudah, dengan memory internal yang cukup besar.

3. Blackberry. Yang satu ini sepertinya memang didesain untuk para pebisnis. Kelebihan utamanya yaitu koneksi yang jalan terus untuk mengirim dan menerima data, baik email, layanan social media, dan BBM. Karena dia relatif datang pertama kali di Indonesia, maka sekeliling anda (mainly customer), mungkin banyak sekali yang punya pin BB.

4. Windows Phone. Diperkirakan 80% komputer di dunia menggunakan produk Microsoft (Windows), maka pengguna Windows Phone dapat dengan mudah melakukan sinkronisasi handheld pada data – data penting yang ada di PC atau laptop Windows.

Fisik

Ada beberapa bentuk Smartphone yang didesain untuk memudahkan para penggunanya. Di antaranya:

1. Full Touch Screen. Yaitu menggunakan layar sentuh sepenuhnya dan hanya menyediakan beberapa tombol navigasi, memanjakan user dengan tampilan yang serba luas, dan nyaman digunakan untuk browsing, memotret / merekam. Biasanya dapat ditemui pada iPhone.

2. Qwety Keyboard. Menggunakan layar landscape dengan diikuti keyboard “qwerty” dibawahnya, memudahkan user untuk mengetik dengan cepat (laptop anda juga pakai qwert). Dapat ditemui pada Blackberry tipe gemini, dan masih banyak smartphone lain yang masih menggunakan bentuk fisik seperti ini.

3. Sliding Qwerty. Gabungan antara kedua desain diatas. Memiliki layar touchscreen luas, dan keyboard qwerty dibaliknya, dan cukup menggeser layar untuk menampilkan keyboardnya. Desain seperti ini sebenarnya sangat digemari, namun terkadang memiliki bentuk yang besar dan lebih tebal, yang membuat orang enggan untuk mengantonginya.

Hardware

1. Processor. Komponen terpenting dalam sebuah smartphone, pilih yang memiliki kemampuan processor tinggi agar dapat menjalankan aplikasi dengan baik.

2. Baterai. Ketahanan baterai merupakan faktor penting dalam penggunaan smartphone, pilih yang memiliki kapasitas baterai yang cukup besar.

3. RAM (Random Access Memory). Untuk dapat menjalankan multitasking secara lancar, terutama pada OS Android, sebaiknya pilihlah smartphone dengan kapasitas RAM yang tinggi, minimal 512MB.

4. Memory Internal. Jangan memandang sebelah mata pada aspek ini. Meskipun sudah ada memory eksternal, disinilah Sistem Operasi kita disimpan dan dijalankan, maka sebaiknya kita juga memilih smartphone yang memiliki memory internal yang mumpuni.

Fitur

1. Kamera. Arguably, fitur inilah yang paling penting, apalagi bagi toko online. User bisa mengambil foto barang untuk dipasarkan di internet secara lebih mudah. Jadi pilihlah yang memiliki fasilitas kamera yang baik dan beresolusi tinggi.

2. Koneksi Wireless. Bluetooth dan WiFi tidak pernah lepas dari kehidupan smartphone sehari – hari. Pilihlah smartphone dengan koneksi bluetooth v2.0 keatas dan WiFi yang support a/b/g/n.

3. USB OnTheGo. Fasilitas ini hanya hadir di beberapa OS saja, salah satunya Android versi 4.0.4 keatas. Fasilitas ini memudahkan pengguna untuk mengakses data dari flashdisk menggunakan smartphone mereka.

4. Ketahanan. Karena kita tidak tahu bahwa kita lebih sering membanting smartphone daripada membanting barang lain. Beberapa smartphone sudah didesain dengan ketahanan ekstra, dengan diaplikasikannya layar Corning Gorilla Glass yang tahan gores dan tahan pecah. Ada juga yang didesain untuk tahan air.

Nah, itulah beberapa pertimbangan bagi anda pebisnis yang ingin membeli smartphone. Semoga bermanfaat ;-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 4
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *