Interviews

“Leather Goods” ala Bergh & Ozil Menembus Pasar Internasional di Tangan Aditya Danandayu dan Adity Erlangi

 

Menjadi salah satu brand yang menawarkan berbagai macam leather goods, Aditya Danandayu(31) bekerjasama membangun bisnis dengan sang adik yang bernama Adity Erlangi. Sebuah perusahaan yang menyediakan segala kebutuhan fashion dari kalangan Mahasiswa hingga para pekerja atau karyawan ini bukan lagi hanya berkutat di dalam negeri, namun sudah mampu menembus pasar internasional. Berbekal pengalaman selama 8 tahun di bisnis sepatu, Aditya Danandayu mencoba mengembangkan bisnisnya dalam satu brand bernama Bergh & Ozil. Beberapa waktu yang lalu tim Mebiso berhasil mewawancarai beliau, dan penasaran dengan bagaimana kisah sukses Aditya Danandayu membangun dan membawa Bergh & Ozil ke kancah Internasional? Berikut ini kisahnya:

3

Halo Bapak Adit, bisa diceritakan apa sih Bergh & Ozil itu?

Bisnis Bergh & Ozil merupakan brand yang menawarkan segala macam leather goods yang bisa kita gunakan sehari – hari dan selalu kita gunakan sepanjang waktu, tanpa melupakan aspek fashion yang selalu berkembang.

Bergh & Ozil merupakan pengembangan bisnis kami yang sudah kami lakukan kurang lebih sekitar 9 tahun. Sebagai produsen sepatu sejak Tahun 2001 kami telah melahirkan beberapa brand, dan diantara beberapa brand tersebut ada yang dapat diterima masyarakat dan ada yang tidak. Setelah beberapa kali mencoba berganti – ganti brand dan konsep akhirnya lahirlah brand Bergh & Ozil yang mengadaptasi seluruh pengalaman produksi kami selama ini agar dapat diterima di masyarakat.

Jika tidak salah Bergh & Ozil ini didirikan oleh 2 orang kakak beradik, lalu bagaimana ceritanya kakak beradik ini bisa masuk ke dunia enterpreneur secara bersamaan?

Sedari kecil kami berdua (saya dan adik saya) selalu diajarkan untuk menjadi enterpreneur oleh kedua orang tua kami, kami dibiasakan untuk mencari uang sendiri sedari kecil, hingga pada waktunya tanpa kami sadari kami sudah masuk ke dunia enterpreneur.

Lalu bagaimana Anda memasarkan bisnis ini?

Untuk pemasaran kami sekarang ini mungkin sama dengan produsen lain yakni dengan sosial media mulai dari Twitter, Facebook, Instagram dan lainnya. Selain itu juga kami membidik pasar internasional dari website kami di www.berghozil.com.

Bergh & Ozil juga menawarkan kostumisasi produk sesuai dengan yang konsumen inginkan, agar konsumen merasa lebih terikat dengan produk tersebut.

Menurut Anda, pengalaman paling berkesan seperti apa yang pernah Anda alami saat menjalankan bisnis ini?

Pengalaman paling berkesan mungkin dari serunya melayani keinginan konsumen yang sangat beragam dalam hal kostumisasi produk. Di Bergh & Ozil kami menerima semua konsumen layaknya sebuah keluarga, jadi selain dari mendapatkan konsumen kami juga mendapatkan teman.

Wah cukup menarik ya Pak sistem penerimaan konsumen di sini. lalu Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada sekarang?

Ruang lingkup market dari Bergh & Ozil yang sekarang merupakan mahasiswa tahap akhir yang sedang antusias membayangkan bagaimana serunya dunia bekerja, hingga para eksekutif muda yang sedang semangat – semangatnya bekerja tapi dengan selera fashion yang up to date, sehingga kami menilai yang mereka butuhkan adalah tidak hanya midel yang bagus akan tetapi kualitas high class, dimana mereka akan lebih percaya diri menghadapi kerasnya dunia pekerjaan. Pengembangan market kami ke depannya adalah menciptakan produk yang lebih luas cakupannya hingga ke lingkungan sekolah menengah yang mungkin membutuhkan produk yang lebih dinamis dan low price.

Lalu, tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangannya adalah menghadapi brand lain yang serupa dalam kategori leather goods, dan cara kami menghadapinya adalah dengan tidak berhenti berkreasi dan tetap pada identitas serta konsep produk awal dan selalu menjaga kualitas produk yang dijual.

Melihat pasar yang semakin berkembang, apa rencana kedepan Anda untuk mengembangkan Bergh & Ozil?

Rencana pengembangan Bergh & Ozil adalah ke sektor lain selain leather goods, seperti fashion secara global bahkan elektronik goods.

Yang terakhir nih Pak, saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Jangan pernah menyerah, selalu lakukan segala usaha dengan sepenuh hati dan jangan lupa bersyukur kepada Allah SWT dan kedua orang tua.

Wah, terimakasih banyak Pak sudah meluangkan waktu berbagi cerita bersama Mebiso. Semoga Bergh & Ozil selalu dan semakin sukses :-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *