Technology

Perbandingan 3 Layanan Mail Server: Google Mail, Windows Live Mail dan Jagoan Hosting Mail

 

   

Nah pemilik website. Jika anda punya kebutuhan aktivitas kirim terima email yang besar, maka sudah waktunya anda memindahkan server email anda ke server di luar server website anda. Dengan demikian, jalannya aktivitas email anda tidak mempengaruhi kinerja website anda, dan begitu pula sebaliknya. Ada sejumlah opsi mail server yang dapat anda pergunakan untuk menunaikan tugas ini. Kali ini kita akan membandingkan 3 di antaranya.

Google Apps

Di awal kemunculannya, Google Apps adalah primadona bagi netizen. Bagaimana tidak. Dengan paket gratisannya, user tinggal beli domain saja untuk mendapatkan mail server yang sangat powerful. Masing-masing user dapat space yang besar pula: 2 GB. Bayangkan anda bisa menyimpan pesan model apa saja di sini.

Sayangnya, versi gratisan ini rupanya sekedar teaser saja. Karena beberapa tahun kemudian, versi gratisan ini dihilangkan dari daftar layanan Google Mail. Google kini sudah tidak menyediakan versi gratisan lagi untuk pendaftar baru. Namun Anda  tidak perlu khawatir. Anda tetap dapat merasakan keunggulan Google Apps dengan versi berbayar (Business/Education). Dengan sejumlah limitasi/batasan seperti:

mail-hosting-2

Dengan biaya $5/pengguna/bulan, anda akan mendapatkan satu buah user yang dapat anda manfaatkan untuk berbagai keperluan email penting, misalnya spam penawaran yang akan sampai ke alamat tujuan dengan lebih terjamin. Temukan selengkapnya di sini: http://www.google.com/intx/id/enterprise/apps/business/

Windows Live

Tidak mau kalah dengan Google, Windows juga punya satu layanan mail server yang sampai sekarang (13/08/2013) masih gratis. Yakni Windows Live Mail. Kami pernah mengulas cara settingnya di sini: http://mediabisnisonline.com/windows-live-apps-mail-server-gratis-selain-google-apps/. Limit yang dapat saya temukan adalah Windows Live menyediakan batasan maksimal 300 email perhari, dengan jumlah user per alias/domain yaitu 500 mail user. Saya rasa service gratis Windows Live sangat cocok bagi personal blogger yang sedang mencari alternatif pelarian dari Google Apps.

Jagoan Hosting

Salah satu penyedia hosting di Indonesia yang menyediakan paket khusus mail untuk user yang membutuhkan aktivitas email yang besar adalah Jagoan Hosting. Paket-paket dibedakan ke dalam opsi-opsi yang sangat bervariasi dengan harga yang berbeda-beda (tipikal penyedia di Indonesia). 

mail-hosting

 

Selengkapnya ada di sini: http://www.jagoanhosting.com/paket-email. Perbandingannya: Di Google, send mail / hari adalah 2,000 mail, di Windows adalah 300 mail. Sementara di Jagoan Hosting, send mail per jam adalah 200 (paket paling kecil). Sehingga jika disamakan dengan Google & Windows dengan hitungan perhari, maka besarnya 200 mail x 24 jam = 4,800 mail. Di samping itu, user mendapat dukungan teknis berbahasa Indonesia secara langsung melalui YM. Model dukungan teknis ini yang tidak dimiliki oleh kedua penyedia mail server di atas. 

Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

3 komentar

  • 19 October 2013 - pukul 12:32

    Jumlah maksimal pengiriman email dengan Google Apps bisa mencapai 2.000 email per hari.

    pertanyaan saya gimana cara ngirim email sebanyak itu yah?…
    Apa kita harus input email penerima satu per satu sampai 2000 email dan kirim 2000 kali?.. Atau google telah sediakan ENGINE khusus untuk itu?..

    • Administrator
      19 October 2013 - pukul 14:55

      misalnya kalau pakai Microsoft Excel atau Spreadsheet, tinggal copy paste saja pak ;-)

    • Administrator
      19 October 2013 - pukul 14:55

      misalnya kalau pakai Microsoft Excel atau Spreadsheet, tinggal copy paste saja alamat emailnya ke bagian sender ;-)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *