Technology

Revolusi di Mesin Pencari Bing

 

Pengguna windows phone pasti sudah familiar dengan “Bing”. Ya, search engine punya Microsoft tersebut kini tengah menyiapkan logo dan desain baru untuk menjaga eksistensi dan persaingan dengan kompetitornya – Google. Tidak main-main, proses re-design logonya sendiri memakan waktu satu tahun. Bing mengganti logo “biru keriting” dengan desain yang lebih modern dan tampak lebih kekinian.

“Masalah Logo jelas merupakan masalah besar bagi kami. Untuk itu, kami perlu mendesain logo baru dengan lebih banyak sudut, fresh dan lebih tajam daripada logo yang lama,” ungkap Lawrence Ripsher – Microsoft lead design untuk User Experience Bing.

Setelah puluhan kali bereksperimen warna, Microsoft akhirnya memilih warna oranye yang hampir emas. “Warna yang kami gunakan adalah salah satu warna yang ada dalam kuadran bendera logo perusahaan Microsoft”, kata Ripsher.

Sedangkan logo sudut Bing diadaptasi dari pengalaman logo baru yang diluncurkan oleh Yahoo yang baru-baru ini juga telah di redesain  (dan menerima cukup banyak kritik dari typographers).

Uniknya, Microsoft memilih huruf kecil bergaya ‘b’ yang tajam dan rapi dengan font Segoe untuk wordmark. “Bing yang lama memakai jenis font keriting dan lembut, maka demi menciptakan revolusi baru, kami pikir jauh lebih cocok menggunakan pendekatan yang berbeda untuk dengan menimbulkan kesan modern”, kata Ripsher menambahkan.

Desain yang lebih responsif untuk komputer, tablet, dan smartphone.

2

Logo baru Bing telah diredesain untuk lebih responsif ketika disesuaikan pada seluruh tipe gadget seperti PC, tablet, dan handphone. Hasilnya, anda bisa lihat dalam tampilan berikut yang menggabungkan beberapa fitur yang ada pada desain lama, dan beberapa fitur baru yang membantu informasi dan tampilan jadi jauh lebih baik.

Hasil pencarian keluar sebelum halaman penuh.

3

Bukan hanya dari segi logo, Bing juga melakukan perubahan pada tingkah pencarian. Yaitu dengan apa yang disebutnya sebagai “Page Zero”, sebuah metode untuk memunculkan jawaban atau informasi dengan cepat sebelum halaman hasil tampil sepenuhnya. Page Zero muncul saat Anda mengetik di bar pencarian di Bing. Misalnya jika Anda sedang mencari dua orang bernama sama, maka Anda dapat mengidentifikasi subjek yang sesuai dengan pencarian Anda sebelum hasil sepenuhnya ditampilkan.

Hasil pencarian yang lebih tajam.

5

Perubahan lain adalah posisi ujung (Pole Position). Daerah baru di bagian atas hasil pencarian ini akan menjawab pertanyaan anda secara langsung. Misalnya jika Anda sedang mencari “gambar Katy Perry” maka hasil pencarian akan ditampilkan di dalam dropdown. Jika Anda mencari “Laporan Cuaca New York ” maka cuaca di daerah tersebut yang akan ditampilkan, dan fakta seperti usia selebriti juga akan ditampilkan dengan jelas di bagian atas halaman, plus ditambah link asalnya.

6

Sekarang lingkungan sekitar Anda juga telah terintegrasi penuh dengan Bing.

7

Microsoft juga menggabungkan Snapshot dan fitur Sidebar ke dalam satu tampilan yang akan memberikan informasi faktual tentang input query pencarian dan keadaan sekitar kita dari teman di Facebook atau Twitter kita.

Membuat warna baru mungkin tidak cukup untuk menggoda pengguna dari Google, namun Microsoft berharap pendekatan yang bermitra dengan layanan lain akan menciptakan sebuah platform yang dapat melayani lebih baik untuk masa depan.

“Meskipun Google Sekarang bekerja dengan baik ketika dikombinasikan dengan Gmail, Google Search, dan YouTube, kita tidak bisa memungkiri bahwa ekosistem internet lebih besar dari itu. Bisnis perlu untuk sepenuhnya merangkul ekosistem ini untuk mendapatkan manfaat. Pendekatan kami di Bing, untuk jangka waktu yang lama, adalah kami bermitra. Kemitraan ini termasuk Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Klout,” kata Stefan Weitz, direktur Microsoft Search.

Akan ada lebih banyak perubahan desain yang direncanakan.

Microsoft kini tengah menguji sejumlah desain tampilan baru untuk Bing. “Desain ini benar-benar seperti kerangka kerja baru. Anda berpikir tentang warna, font, spasi, dan semua hal. Perubahan yang terjadi akan sangat radikal,” ungkap Ripsher. Ripsher mengatakan timnya telah menguji warna dan mendorong beberapa ide perubahan desain yang agresif. “Untungnya, kini adalah era perubahan. Orang-orang terbiasa dengan hal yang baru, segar, dan lebih menarik secara visual. Hal inilah yang akan memungkinkan kita untuk terus berkembang.”

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *