Leadership

Ritual Pagi Hari yang Membuat Anda Lebih Produktif

 

   

Setelah melalui 2 hari libur yang lalu, kini saatnya kita kembali menjalani rutinitas kerja seperti biasanya. Terkadang ada rasa malas dan rasa bosa ketika kita hendak melangkahkan kaki ke kantor dan menjumpai setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan. Rasa malas itu wajar tapi harus dilawan. Produktivitas adalah kuncinya, ketika kita mampu menciptakan situasi produktif maka kita akan dengan mudah menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dan apa saja kegiatan atau ritual yang dapat membantu kita meningkatkan produktivitas kerja di pagi hari?

1. Konsumsi asupan yang menyehatkan

Jika Anda terbiasa untuk mengkonsumsi kopi setiap pagi, maka saat ini cobalah untuk mengurangi dan mengalihkan ke asupan lainnya. Anda bisa mengambil segelas air hangat dengan perasan lemon atau teh hangat untuk membuka pagi Anda. Selain untuk mengurangi asupan kafein yang buruk bagi kesehatan Anda, minuman hangat seperti air lemon hangat juga akan membantu Anda meningkatkan metabolisme di dalam tubuh Anda. Anda bisa melakukan ini setidaknya 1 jam sebelum Anda mulai sarapan pagi. Anda juga bisa mengkonsumsi buah – buah sebelum berangkat bekerja. Ini akan membuat Anda lebih segar dan bersemangat.

2. Cobalah untuk tidak meraih gadget Anda dulu

Banyak orang yang kecanduan gadget, dari mulai anak sekolah sampai orang yang sudah bekerja. Dari bangun tidur sampai akan tidur lagi gadget seolah – olah tidak terpisahkan. Tapi untuk membantu Anda meraih produktivitas dalam bekerja di pagi hari, cobalah untuk tidak meraih gadget atau handphone Anda terlebih dahulu, setidaknya sampai Anda tiba di kantor. Nikmati pagi Anda untuk melakukan pemanasan, sarapan dan berkumpul bersama keluarga. Ini juga mengurangi tekanan Anda ketika harus membaca email atau pesan dari para klien Anda.

3. Melakukan ritual kebersihan secara rutin

Membersihkan diri dan juga daerah sekitar kita sangat dianjurkan. Tujuannya bukan tidak lain adalah untuk meningkatkan semangat dan rasa segar dari dalam diri kita. Setelah bangun tidur kita bisa mulai dengan membersihkan tempat tidur, pergi untuk membasuh wajah, membersihkan sekitar rumah dan lain sebagainya. Bahkan ini juga terhitung sesi latihan Anda di pagi hari. Ketika Anda sadar bahwa lingkungan Anda bersih, maka Anda akan nyaman dan tenang saat meninggalkannya. Begitupula dengan diri Anda. Setelah melakukan sesi kebersihan ini, Anda bisa mandi dan dengan percaya diri pergi ke kantor.

4. Buatlah daftar kegiatan Anda

Tentu saja ini penting, karena Anda bisa saja mengabaikan pekerjaan atau tugas penting ketika menerima 1 gangguan saat bekerja. Cobalah untuk tegas kepada diri sendiri dan pekerjaan Anda. Buatlah to do list yang akan dan harus Anda kerjakan hari itu juga. Pada hari yang sama di sore harinya, Anda bisa membuat daftar pekerjaan apa saja yang sudah berhasil Anda lakukan. Dan ini bisa menjadi evaluasi Anda setiap hari, apakah Anda cukup produktif hari ini atau tidak?

5. Buat ruangan kerja Anda senyaman mungkin

Dukungan produktivitas bisa datang dari mana saja, salah satunya yaitu dari lingkungan tempat kita bekerja. Kita bisa saja bersemangat pergi dari rumah, tapi tidak bisa menjamin ketika sudah sampai di kantor. Anda bisa menumbuhkan semangat untuk produktif dari meja kerja atau lingkungan sekitar tempat Anda bekerja. Hias dan buat meja kerja Anda senyaman dan seindah mungkin. Setidaknya nyaman dan indah bagi diri Anda sendiri. Karena kurang lebih 8 jam Anda bisa terus berada di dalam arena kecil itu. Berikan sedikit hiasan, seperti bunga, figura atau frame foto dan lain sebagainya. Pastikan tidak ada gangguan yang dapat merusak produktivitas Anda saat bekerja.

Baca juga:

Produktivitas Kerja Lebih Mudah dengan 15 Cara Ini

Tanda Lingkungan Kerja Sehat dan Menyenangkan

Ajukan 6 Pertanyaan ini Sebelum Anda Mengadakan Sebuah Meeting


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *