Technology

Secure Shell (SSH) ke VPS melalui Android Anda

 

   

Pengguna VPS Linux pastinya sudah kenal dengan SSH. Yaitu sebuah protokol yang digunakan untuk terhubung ke server melalui remote via console berbasis text. Jika di komputer / laptop (terutama yang berbasis Windows), kita bisa melakukan SSH dengan aplikasi putty atau xshell yang dapat diunduh secara gratis. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, semua program di komputer dituntut untuk mendukung segala kondisi. Misalnya seorang admin jaringan di tengah mobilitasnya yang tinggi. Maka Android bisa jadi salah satu jawabannya. Sebab device yang satu ini juga bisa digunakan untuk melakukan SSH. Seperti apa caranya? Mari simak ulasan berikut:

1. Langsung saja download aplikasi “Connectbot” di Google Play (Android Market). Anda bisa langsung scan QR code berikut atau search saja aplikasi Connectbot di Google Play. Informasi code ini tersedia di http://code.google.com/p/connectbot.

2. Klik tombol install

3. Aplikasi Connectbot telah bisa digunakan untuk melakukan SSH. Tetapi, bila Anda ingin melakukan aktivitas yang membutuhkan tombol CTRL, sayangnya Anda tidak akan menemukan tombol tersebut di tombol standart android Anda. Solusinya adalah menginstal aplikasi “Hacker’s Keyboard”. Seperti halnya Connectbot, anda tinggal search aplikasi “Hacker’s Keyboard” di Google Play, kemudian Install.

4. Berikutnya adalah mengaktifkan layout “Hacker’s Keyboard”. Buka aplikasi Hacker’s Keyboard, kemudian pilih configure input methods dan centang “Hacker’s keyboard”.

5. Di bagian bawah, anda akan menemukan hacker’s keyboard setting. Pada menu gesture and key actions > bagian swipe down > pilih switch keyboard layout. Fungsinya untuk mengubah layout keyboard ketika dilakukan aktivitas swipe ke bawah. Untuk kemudahan setting keyboard lainnya, silakan disesuaikan dengan kenyamanan anda.

6. Back, kemudian pilih set current input method. Pada pop up select input method yang muncul, pilih “Hacker’s Keyboard”. Selesai.

SSH dengan connectbot

1. Jalankan aplikasi Connectbot kemudian SSH ke server Anda

2. Pilih protokol SSH, kemudian masukkan user, IP server, dan port 22.

3. Ketika anda klik session yang telah terbuat, maka akan langsung terkoneksi.

4. Saat ini anda akan diminta memasukkan passwordnya.

5. Setelah koneksi berhasil, agar lebih mudah menggunakan console, maka ubah layout keyboard dengan menekan dari atas ke bawah (swipe down) untuk menggunakan konfigurasi yang sudah dilakukan pada proses setting Hacker’s Keyboard.

Sayangnya aplikasi connectbot tidak mendukung auto rotate, sehingga besar kecil tulisannya tergantung lebar device anda. Demikian langkah-langkah menggunakan SSH melalui Android anda. Semoga tutorial ini bisa membantu administrator jaringan / server yang memiliki mobilitas yang tinggi.

PS : ingat, aplikasi yang tersedia di Android Market pada dasarnya merupakan aplikasi yang tergolong bebas. Security dari software yang diinstall merupakan kebijakan anda. Jadi be wise and careful. Selamat mencoba ;)


Artikel Terkait

4 komentar

  • Julius Bernhard
    22 September 2012 - pukul 1:54

    Saat ini sudah ada terminal IDE di android jadi ga perlu install 2 tools untuk jalani 1 tugas..

    • Hendry Yoga
      19 October 2012 - pukul 14:47

      iya pak, tapi tools itu bisa diinstall dari android market.
      Mungkin bisa jadi ide blog berikutnya pak :)

  • 19 October 2012 - pukul 18:55

    sudah saya coba tp waktuaku ketik mikrotik@192.168.202.3:24 kok gk ada respond ya?
    beri solusinya gan thanks

  • althaf rafif j
    26 April 2017 - pukul 10:30

    itu tultorial untuk membuat ssh apa untuk yg lain

    Sarannya kang
    Masih newbie

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *