Leadership

Strategi Bekerja yang Jauh Lebih Pintar dari Sebelumnya

 

   

Seringkali kita merasa sudah bekerja dan menyelesaikan tugas dengan baik. Seluruh kemampuan kita sudah kita keluarkan, tapi tetap saja kita merasa ada yang salah dari apa yang kita lakukan. Entah dari pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu, pekerjaan terasa tidak selesai – selesai atau bahkan hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan rencana atau target awal. Bisa jadi cara yang kita lakukan tidak tepat. Bukan berarti salah, tapi sebaiknya kita mencari cara pintar agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, hemat tenaga dan juga mendapat hasil yang memuaskan. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini tipsnya untuk Anda:

1. Lakukan hukum parkinson

“Jika Anda menunggu mengerjakan tugas sampai pada menit terakhir, Anda hanya membutuhkan waktu 1 menit saja untuk melakukannya” Cyril Northcote Parkinson. Nah, jika itu tadi yang dikatakan parkinson, maka yang sering dilakukan oleh orang Indonesia adalah “power of kepepet”. Tanpa kita sadari kita semua juga sudah mengalami hukum parkinson. Kita berjuang selama 1 bulan untuk menyelesaikan sebuah tugas, tapi secara ajaib kita dapat menyelesaikannya hanya dalam 1 minggu terakhir.

Meskipun dirasa ini tidak baik, ada banyak yang mengatakan hukum ini memberi pengaruh besar untuk sebuah efisiensi pekerjaan. Karena memaksakan tenggat waktu yang lebih pendek untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Cari spot terbaik untuk menjangkau produktivitas Anda. Bekerja dengan bergegas dapat menajdi resep untuk bekerja efisien.

2. Temukan zona Anda

Ketika kita ingin bekerja dengan cerdas, menyelesaikan pekerja dengan baik, tepat waktu dan tidak membuang banyak daya, maka yang perlu kita lakukan adalah mencari kenyamanan untuk diri kita. Menemukan zona yang dapat membawa kita fokus dalam bekerja. Dan tidak menghiraukan gangguan yang ada. Anda harus mencari zona mana yang cocok untuk Anda, dan dari situ Anda yakin untuk bisa bekerja tanpa rasa bosan dan tidak cukup. Anda harus benar – benar berada pada zona yang efisien untuk bekerja.

3. STOP Multitasking

Seringkali kita merasa bisa mengerjakan banyak pekerjaan dalam 1 waktu sekaligus. Tapi nyatanya tidak banyak yang berhasil dengan cara ini. Multitasking memang baik tapi tidak untuk sebuah pekerjaan yang membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi Anda. Jangan coba – coba untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu, ketika Anda ragu dapat mengerjakannya dengan baik. Cobalah juga untuk menolak setiap gangguan atau tambahan pekerjaan yang masuk saat Anda sedang mengerjakan tugas utama Anda. Tetap fokus dalam bekerja dengan 1 tugas utama di setiap waktunya.

4. Menggunakan aturan 2 menit

Menggunakan minimal 2 menit di siang hari Anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang ringan, seperti mengecek kotak masuk, menyetujui permintaan, dan lain sebagainya. Ini dilakukan agar tugas ringan ini tidak mengganggu pekerjaan Anda di kala waktu produktif. Kita juga harus berfikir untuk melakukan pekerjaan lainnya. Karena menurut David Allen, dibutuhkan sedikit waktu untuk mengeluarkan action daripada waktu yang dihabiskan untuk berfikir tentang hal tersebut. Maka gunakan saja 2 menit Anda untuk mengerjakan pekerjaan ringan tersebut sebelum mulai berfikir tindakan selanjutnya.

5. Bekerja dengan ritme sirkadian

Sel – sel saraf dalam otak kita mengendalikan ritme sirkadian kita, yang akan mempengaruhi siklus tidur, pelepasan hormon, emosi dan tingkat energi. Efisiensi terletak pada sinkronisasi pekerjaan tertentu dengan masa puncak biologis. Dr. Steve Kay mengatakan bahwa mengerjakan sebuah pekerjaan yang terbaik adalah beberapa jam setelah bangun tidur. Karena ketika pagi hari suhu tubuh meningkatkan aliran darah ke otak. Dan ini membuat kewaspadaan akan turunnya efisiensi setelah makan siang sebagai energi dari proses pencernaan. Dan menurut Profesor Mareike Wieth, waktu inilah yang digunakan untuk berfikir kreatif.

Ini membuat kita memiliki 3 waktu terbaik, yaitu bekerja produktif di pagi hari, meningkatkan kreatifitas setelah makan siang dan meningkatkan daya di sore hari.

Lalu, maka yang menurut Anda paling efisien untuk dilakukan? :)

Baca juga:

Ritual Pagi Hari yang Membuat Anda Lebih Produktif

5 Alasan Stress Menjadi Pemicu Produktifitas

10 Tips Bekerja yang Menyenangkan


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *