Leadership

Tingkatkan Kecerdasan Anda Setiap Harinya dengan 10 Langkah Ini

 

   

Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda setiap harinya. Tergantung dari masing – masing orang, mereka akan dengan sadar menaikkan atau bahkan menurunkan kualitas dari kecerdasan mereka saat itu. Meningkatkan kecerdasan juga tidak bisa dilakukan dengan mudah. Ada banyak hal atau kegiatan yang bisa membantu kita merangsang otak kita untuk meningkatkan kualitas kecerdasan yang kita miliki. Dan berikut ini 10 langkah yang bisa kita gunakan setiap harinya.

1. Pintar dalam memanfaatkan waktu online Anda

Jika pekerjaan Anda berhubungan dengan dunia online, maka jangan sia – siakan waktu online Anda hanya untuk mengunjungi dan aktif di sosial media saja. Anda dapat menggunakan waktu online Anda untuk mengunjungi berbagai situs atau website yang memuat pelajaran secara online. Membaca berbagai informasi dan berita seputar perkembangan teknologi dan sebagainya akan membuat Anda menambah wawasan dengan mudah. Anda bisa menambah wawasan seputar dunia manajemen, sumber daya manusia, pemasaran dan hal lainnya.

2. Banyak membaca

Siapapun orangnya yang ingin meningkatkan kecerdasan mereka, tentu cara yang paling mudah dan banyak dilakukan adalah dengan membaca. Beberapa orang merasa membaca berita secara online sudah cukup, tapi lebih dari itu juga, banyak orang yang lebih nyaman membaca koran mereka di pagi hari, mengetahui update berita setiap hari dan membaca buku – buku pengetahuan. Membaca akan menambah wawasan kita seputar dunia apapun, untuk itu jangan membatasi bacaan yang ingin Anda baca.

3. Tulis kegiatan yang sudah Anda lakukan

Jika Anda memiliki to do list harian, maka Anda juga bisa membuat sebuah list pekerjaan apa saja yang sudah Anda kerjakan setiap harinya. Ini akan membuat Anda senang karena telah berhasil menyelesaikan tugas Anda pada hari itu. Ini akan memicu semangat Anda untuk mengerjakan pekerjaan Anda esok hari. Jadi cobalah untuk tidak hanya menuliskan daftar pekerjaan yang harus dikerjakan, tapi juga yang sudah dikerjakan.

4. Tulis apa saja yang Anda pelajari

Jika Anda sudah berhasil membaca sebuah informasi atau pengetahuan baru, Anda bisa menuliskan ringkasan dari ilmu baru yang Anda pelajari. Dengan begitu Anda akan mengingat pelajaran itu dengan mudah.

5. Jangan takut untuk bermain

Anda merasa waktu Anda selalu habis untuk bekerja dan bekerja? Kebanyakan orang berkata bahwa pekerjaan mereka tidak mengijinkan mereka untuk bermain sekalipun. Tapi nyatanya ketika Anda bermain, Anda akan merasa kembali fresh dan siap untuk bekerja kembali. Jangan takut untuk bermain permainan yang mengasah otak Anda, seperti puzzle, scrabble, ataupun catur. Jika tidak ada waktu untuk keluar dan bermain bersama teman, maka bisa menggunakan aplikasi online untuk permainan ini. Puzzle akan mengasah dan merangsang otak kita untuk berfikir lebih kreatif dan cerdas.

6. Jangan ragu untuk melakukan banyak hal baru

Jika Anda memiliki hal baru yang ingin Anda lakukan, maka lakukan saja. Karena Steve Jobs yang awalnya putus sekolah dan memiliki keahlian bidang teknologi saja bisa menekuni seni kaligrafi, dan akhirnya mampu melahirkan produk – produk Apple. Itu artinya kita juga bisa menciptakan hal baru dari kegiatan baru yang kita coba lakukan. Berani mencoba akan memberikan kita banyak pengalaman baru juga.

7. Bergaul dengan orang hebat

Orang hebat disini bukan hanya sekedar mereka yang berpangkat atau memiliki jabatan. Tapi orang hebat di sini adalah mereka yang mampu mengajak kita untuk berlajar, membuka wawasan dan saling bertukar pikiran. Carilah teman yang mampu mengajak Anda untuk saling berbagi ilmu dan pengetahuan. Dengan begitu ilmu Anda akan bertambah seiring pertambahan koneksi teman Anda.

8. Jelaskan ke orang lain

Albert Eistein pernah berkata bahwa jika Anda tidak dapat menjelaskan secara sederhana tentang suatu hal, itu artinya Anda belum memahami dengan baik hal tersebut. Jika Anda sudah mempelajari ilmu baru, jangan ragu untuk memberitahukan itu kepada orang lain. Ketika Anda berhasil menjelaskan dengan baik, itu artinya pemahaman Anda mengenai hal itu juga semakin baik.

9. Belajar bahasa baru

Tahukah Anda jika mempelajari bahasa baru juga akan meningkatkan kecerdasan otak kita? Anda dapat mempelajari bahasa baru sesuai dengan minat Anda. Anda tidak dituntut untuk fasih berbicara dan menulis menggunakan bahasa asing. Anda bisa mempelajari bahasa baru secara online saat waktu luang Anda di kantor.

10. Istirahatkan pikiran Anda sejenak

Setelah Anda berusaha untuk meningkatkan kecerdasan otak dengan berbagai kegiatan tersebut, kini saatnya Anda memperhatikan bagaimana tubuh Anda memberikan reaksi terhadap itu. Kelelahan juga tidak baik untuk proses peningkatan kecerdasan Anda. Anda butuh istirahat dan mengistirahatkan pikiran sejenak. Gunakan waktu libur Anda dengan baik untuk beristirahat dan bersiap untuk memulai kegiatan esok harinya.

Baca juga:

15 Kutipan Saran yang Memotivasi Kesuksesan Para Pebisnis Dunia

10 Tips Mengubah Demotivasi menjadi Motivasi Menuju Kesuksesan

Lakukan Hal Ini Di 6 Menit Awal Hari Anda

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

2 komentar

  • 21 October 2014 - pukul 8:50

    Selain 10 langkah di atas, ternyata makanan juga berpengaruh terhadap kecerdasan otak.

  • 21 October 2014 - pukul 17:10

    Kadang kita merasa tidak ada waktu untuk meningkatkan kualitas kecerdasan kita dengan membaca. Memang manusia perlu untuk terus diingatkan. Terimakasih untuk artikelnya-.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *