Leadership

Tips Jadi Anak Baru yang “Tahan Banting” di Tempat Kerja

 

Sebagai karyawan yang baru saja mengawali karir di tempat baru atau pertama kali bekerja, rasa canggung, bingung harus berbuat apa atau tidak betah terkadang terlintas di pikiran. Merasa tidak cocok dengan pekerjaan atau orang-orang di sekitar lingkungan kerja juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi ketidaknyamanan karyawan baru.

Ketika merasa tidak sesuai dengan lingkungan kerja padahal baru beberapa bulan, atau bahkan hari masuk, maka mencoba beradaptasi adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk bertahan. Cara beradaptasi di tempat kerja baru pun ada strateginya. Ini beberapa tipsnya yang diberikan para pakar.

1. Mempunyai tujuan

Sebagai karyawan baru, tentunya kita harus mempunyai tujuan utama dalam melamar pekerjaan. Apakah memang passion atau keinginan atau hanya mempunyai pekerjaan agar tidak dicap pengangguran. Ketika masuk ke dunia kerja, seharusnya kita sudah bisa membayangkan apa yang akan dikerjakan di perusahaan tersebut.

Menurut pembicara dan motivator kepemimpinan Ainy Fauziyah, mempunyai tujuan yang jelas dalam bekerja dapat membuat Anda lebih menikmati pekerjaan. “Tujuan kita setelah bekerja adalah membangun karir yang menurut saya mengekspresikan apa yang kita punya. Artinya menjadikan setiap keahlian yang kita miliki memberikan manfaat kepada banyak orang,” ujarnya ketika diwawancarai Wolipop di kantornya, PT. Aifa Globalindo, Grand Wisata, Bekasi.

2. Beradaptasi

Dengan bekerja di kantor, pastinya kita akan bertemu beragam orang dengan kepribadian dan sifat yang berbeda-beda. Ada orang yang senang bekerja di dalam kantor, ada juga tipe orang yang lebih menyukai kerja di lapangan. Beradaptasi dengan cepat dapat membuat seseorang lebih mudah diterima dalam lingkungan kantor serta tidak menutup kemungkinan untuk mempunyai pengalaman baru. Misalnya dinas ke luar negeri atau bertemu dengan tokoh inspiratif sehingga bisa menambah wawasan.

3. Rasa ingin tahu

Dengan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, karyawan baru dapat belajar tentang banyak hal yang tidak diajarkan di perguruan tinggi. “Apabila kita mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi dan mau belajar, serta senang mendapat teman baru dan bertemu banyak orang, kita pasti mendapat banyak ilmu,” tutur Ainy.

Pernyataan ini juga sependapat dengan Handi Kurniawan, seorang ahli di bidang sumber daya manusia. Ia mengatakan bahwa sebagai karyawan baru diperlukan pembelajaran secara terus-menerus tanpa mengenal masa kerja.

“Berbicara tentang bertahan di kantor baru ini juga bicara tentang periode waktu. Berapa lama kita akan bertahan di kantor baru? Orang yang sudah bekerja selama 20 tahun bisa juga tidak bertahan. Sebagai manusia kita harus terus menerus belajar dan berkembang,” ucapnya ketika ditemui Wolipop, Selasa (19/8/2014) lalu di Sinar Mas Land Plaza, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

4. Tunjukkan kinerja

Tunjukkan sesuatu yang dapat membuat semua orang terkesan sehingga proses beradaptasi menjadi lebih sering dilakukan. Performa kerja yang bagus dapat menjadikan karyawan baru lebih disenangi oleh atasan dan mendapat tugas yang lebih beragam. Dengan kinerja yang maksimal, Anda mempunyai kesempatan untuk terus berkembang dan menambah wawasan. Jangan malu-malu untuk berbagi keahlian yang dimiliki pada rekan kerja, karena hal ini bisa menjadi nilai plus bagi Anda.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *