Technology

Tutorial Membuat Foto Bergaya Pop Art / WPAP

 

   

WPAP atau Wedha’s Pop Art Potrait adalah style design yang diperkenalkan oleh Wedha Abdul Rasyid pada tahun 1990-an di usianya yang ke 40. Latar belakangnya adalah usia yang sudah tidak muda lagi sehingga kemampuan dalam melukis wajah secara realistik menjadi semakin sulit karena indra penglihatannya yang sudah tidak setajam dulu. Maka beliau mulai mencari celah lain untuk menggambarkan sosok manusia dengan garis-garis imajiner dan bidang-bidang datar yang membentuk karakteristik wajah dan menggunakan warna-warna cerah untuk mempertegas wajah tersebut. Beliau telah mengalami proses panjang. Maka giliran kita untuk menghargainya. Kita bisa membuat WPAP sendiri. Caranya mudah. Kali ini saya akan menunjukkan panduannya. Selamat mencoba ;-)

1. Persiapan.

  • Pilihlah foto wajah yang High Resolution. Hal ini akan memudahkan anda membuat guratan dalam WPAP foto tersebut.
  • Gunakan Software berbasis Vector, seperti Coreldraw atau Adobe Ilustrator.

2. Membentuk Outline Mata, Hidung, Bibir.

Aturan dalam WPAP berbeda dengan pembuatan vector wajah. WPAP tidak perlu repot-repot mengikuti lengkungan wajah. Bidang yang dibuat WPAP “bersudut” untuk vector bidang yang dibuat membulat. Maka bentuk wajah dengan menggunakan bezier tools. Jangan menahan garis yang anda buat karena menyebabkan garis anda melengkung, dan tidak sesuai dengan style WPAP. Usahakan bidang yang anda buat tetap membentuk sudut, maksimal 140 derajat.

howto-wpap-1

Warnai sisi gelap terang, bisa dengan alat bantu eyedroper atau dengan menahan click pada palet warna sesuai keinginan anda.

howto-wpap-2

Maka jadilah sepasang mata.

howto-wpap-3

Untuk hidung dan bibir, gunakan bezier tools dan muat skin tone dari object tersebut dengan warna abu-abu.

howto-wpap-4

Untuk memudahkan memilih warna yang akan digunakan, kita buat skin tone vector dari wajahnya dulu. Skin tone adalah perbedaan warna gelap dan terang pada object wajah. Buat skintone, dengan memuat warna abu-abu dan pisahkan gelap terang dari warna kulit object. dan warna skin tone pada bagian kerudung.

howto-wpap-5

3. Pewarnaan WPAP.

Pewarnaan WPAP dilakukan dengan warna-warna cerah, akan tetapi tetap memperhatikan sisi gelap dan terang permukaan kulit yang menghasilkan perpaduan warna yang realistik dan elegant.

howto-wpap-6

Dengan bantuan Skin tone kita lebih mudah untuk membedakan gelap terang warna yang akan kita gunakan. Setelah diwarnai maka hasilnya menjadi seperti ini:

howto-wpap-7

Terakhir, hadiahkan desain anda pada mereka yang anda sayangi dan ingin beri kejutan. Untuk penggunaan tools-tools Coreldraw bisa dilihat di sini. Salam kreatif :-)


Artikel Terkait

2 komentar

  • 4 February 2015 - pukul 21:35

    keren gan, makasih tutorial nya,
    mudah dimengrti, akhirnya bisa juga buat wpap

  • 24 March 2018 - pukul 22:17

    kok tambah kayak SETAN masssssssss!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *