Technology

Upload Data dengan Aman melalui SFTP

 

   

Ketika berinternet, kadang kita terpaksa harus menggunakan koneksi publik atau wifi yang ada di tempat umum. Seringkali hal ini menimbulkan kerawanan dimana ada pihak tidak bertanggung jawab yang bisa saja melakukan spoofing pada network, sehingga dia bisa memantau aktivitas kita. Hal ini gawat sekali. Apalagi ketika Anda sedang terkoneksi ke FTP server untuk melakukan upload data.

Maka gunakan metode SFTP untuk memperkuat keamanan transfer data anda.

Account hosting biasanya telah dilengkapi dengan FTP untuk melakukan upload. Namun seringkali user tidak tahu bahwa mereka bisa menggunakan Secure File Transfer Protokol (SFTP) ketika melakukan transfer file. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka Filezilla atau FTP Client Anda.

sftp-1

2. Isikan seperti biasanya, hanya pada alamat host, isikan sftp://namadomain.com dan pada bagian port isikan port 22. Port 22 biasanya digunakan untuk SSH (secure Shell) sehingga lebih aman.

sftp-2

3. Ketika berhasil, maka akan muncul keterangan directory listing successfully.

sftp-3

4. Tidak terdapat perbedaan dari hasil direcory listing. Hanya saja, karena Anda menggunakan port 22 dengan SFTP, maka koneksi file Anda akan menjadi lebih aman.

sftp-4

Service SFTP pada beberapa provider hosting mungkin saja ditutup. Jadi jika Anda menemui masalah pada saat koneksi ke SFTP, silahkan langsung contact ke provider Anda. Selamat mencoba ;-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *