Technology

10 Alasan Video Youtube Anda tidak Populer

 
  • 5
    Shares

Loading...

Youtube menjadi salah satu media menyampai informasi yang cukup diminati. Saat ini Youtube juga dilirik sebagain bisnis untuk proses promosi dan pemasaran suatu produk. Untuk membuat suatu video yang dilirik oleh para viewer di Youtube, tentu saja kita tidak asal membuat. Kita harus tahu bagaimana budaya di dalam ruang lingkup Youtube itu sendiri. Meskipun kita dibebaskan untuk mengupload video apapun, namun tentu saja harus sesuai dengan apa yang diinginkan pasar pada saat itu. Ketika kita sudah membuat video dan diupload di Youtube, tidak jarang video kita hanya dilihat oleh beberapa orang saja dan kurang populer. Apa  saja yang menyebabkan hal itu terjadi. Berikut ini 10 alasan mengapa video kita di youtube tidak populer :

1. Video sangat buruk dan membosankan

Beberapa video yang tidak populer diketahui alasannya karena produksi video yangs angat buruk dan membosankan. Ketika Anda membuat video untuk tujuan promosi suatu produk, jangan hanya membicarakan produk Anda. Penonton akan bosan dan akan meninggalkan kesal, jika video Anda terlalu berbau iklan. Sisipkan beberapa cerita lain dalam video Anda, agar penonton tidak bosan dengan video tersebut.

2. Konten video tidak orisinil

Video yang baik adalah video yang orisinil atau asli. Penonton akan lebih suka dan menghargai sebuah video yang asli. Ada kalanya video yang diupload di Youtube merupakan plagiat dari video lain. Untuk sebuah promosi, hal ini tentu sangat buruk untuk dilakukan. Usahakan setiap video promosi yang Anda buat, adalah video yang orisinil. Dengan begitu penonton akan lebih suka dan menghargai karya Anda.

3. Gagal memenuhi target pasar

Ketika Anda ingin membuat suatu video promosi, tentukan terlebih dahulu target pasar Anda. Jika target pasar Anda adalah untuk anak – anak, maka Anda harus menyesuaikan dengan kehidupan dan kebutuhan anak – anak. Jangan biarkan Anda salah dalam membuat video, yang bisa jadi video Anda tidak sesuai dengan target pasar Anda.

4. Konten tidak menghibur

Konten yang tidak menghibur menjadi salah satu alasan mengapa video Anda tidak populer di Youtube. Penonton tidak menyukai hal yang membosankan dan terlalu monoton. Anda bisa saja menjelaskan mengenai perusahaan atau produk anda, tapi tidak sampai membuat bosan. Anda bisa memberikan sedikit hiburan didalamnya.

5. Isi terlalu panjang

Media untuk melakukan suatu promosi memang sangat banyak. Salah satunya yaitu melalui video. Di dalam video Anda bisa menjelaskan dan menggambarkan bagaimana produk atau layanan Anda. Tapi Anda jangan membuat isi video Anda menjadi sangat panjang. Terlebih ketika Anda terlalu berbelit – belit dalam menjelaskan. Bisa jadi sebelum penonton sempat melihat penjelasan produk Anda, mereka akan menutup video tersebut karena terlalu panjang dan membosankan.

6. Tidak memiliki judul

Hal terpenting ketika Anda ingin mempromosikan produk Anda melalui sebuah video, adalah judulnya. Jangan lupakan judul ketika Anda ingin membuat sebuah vide. Berikan judul yang menarik dan tentu saja berhubungan dengan video Anda. Jangan lupakan juga untuk memberikan tag di dalam video Anda. Ini akan membantu promosi Anda melalui SEO.

7. Tidak mencantumkan deskripsi video

Sebuah video yang diupload di Youtube, sebaiknya disertakan dengan sebuah deskripsi singkat mengenai video tersebut. Tidak perlu menjelaskan semua isi yang ada di dalam video. Hanya berupa sinopsis atau penjelasan mengenai pemain atau jalan cerita saja. Dengan begitu penonton bisa penasaran untuk menonton video Anda, ketika mereka memilih untuk membaca deskripsinya terlebih dahulu.

8. Tidak dipromosikan dengan baik

Anda bisa saja mengupload video sebaik apapun, namun tidak akan berarti jika Anda tidak mempromosikannya di tempat lain. Gunakan media sosial lainnya untuk membantu mempromosikan video Anda. Semakin banyak yang tau jika Anda membuat video, maka semakin banyak pula yang akan melihat video Anda.

9. Menerima banyak “tidak suka”

Suatu video dikatakan populer apabila memiliki banyak “suka” di channel mereka. Salah satu faktor yang menyebabkan banyaknya “suka” di video tersebut adalah menariknya video yang dimuat, isi dari video tersebut dan lain sebagainya. Usahakan buat video semenarik mungkin, sehingga Anda memiliki bannyak “suka” di video Anda.

10. Mengabaikan komentar

Ketika video Anda menerima sebuah komentar, baik itu positif maupun negatif, sebaiknya Anda tidak mengabaikannya. Anda bisa mulai berinteraksi dengan penonton. Mulai dari menyapa, hingga membalas komentar mereka. Ketika ada melihat ada komentar yang disana memberikan saran kepada Anda, itu bisa menjadi masukan bagi Anda, untuk bisa lebih baik lagi.

Nah, sekarang Youtube juga sudah akrab di telinga para pebisnis. Bukan hanya mereka yang masih muda, Youtube juga sudah mulai digunakan oleh para pebisnis yang sudah lama melanglangbuana di dunia bisnis. Sebab Youtube memiliki potensi yang ebsar untuk dijadikan media promosi produk. Mulai dari menggunakan video komersial ataupun memasang iklan di berbagai video di Youtube.

1

Bahkan, Anda yang semua tidak mengenal bagaimana melakukan marketing di Youtube pun bisa menjadi seorang ahli. Anda cukup datang ke acara seminar Diskusitokoonline #5 yang akan di adakan di kota Malang. Mengusung tema meraih bisnis di usia muda, seminar kali ini juga akan diisi oleh salah satu pakar internet marketing yaitu Youtube marketing.

Jangan sampai ketinggalan ya! Segera daftarkan diri Anda di halaman pendaftaran berikut. :)

Loading...

  • 5
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *