Technology

10 File Manager Terbaik untuk Android

 

Loading...

Apa yang anda harapkan dari sebuah File Manager / File Browser pada smartphone berbasis Android? Jika fungsi standar, maka sebuah File Manager yang ideal harusnya bisa digunakan untuk menangani beberapa perintah dasar operasi file seperti copy, move, delete, dan rename. Terutama ketika kita membutuhkan fitur pencarian jika tiba-tiba kita ingin mendapatkan file dengan cepat. Nah, berikut adalah beberapa File Manager Android yang telah memenuhi kriteria tersebut. Anda bisa pilih salah satu :-)

Total Commander

File Manager ini paling popular di Google Play Store dengan rating hampir sempurna: 4,9. Cukup untuk membuat anda yakin bahwa ini adalah File Manager terbaik saat ini. Sayangnya, Total Commander menurut saya mempunyai desain yang tidak terlalu friendly. Namun di samping itu, Total Commander membawa fitur zip dan proteksi password untuk file dan folder dengan enkripsi terbaik yaitu AES encryption.

Astro File Manager

File Manager ini dapat saling terhubung dengan file di komputer lokal anda dan di cloud anda. Anda bisa mengkoneksikan dengan dropbox, google drive, skydrive dan cloud storage lainnya. Fitur ini pastinya akan sangat memudahkan Anda  untuk manage semua file menjadi secara terpusat. Kelemahannya adalah banyakiklan yang muncul di layar smartphone anda.

ES File Explorer

File manager yang satu ini kaya fitur dan cukup popular. Fiturnya hampir sama dengan file manager lain, yaitu dapat mengkoneksikan dengan FTP server dan juga terkoneksi ke cloud. Fitur tambahan lainnya yaitu aplikasi ini memiliki disk analyzer untuk menganalisa sisa space anda. Dengan banyaknya support language, rating aplikasi ini juga cukup bagus, yakni: 4,7. Lebih baik daripada Astro file manager yang hanya 4,4.

File Expert

Bernuansa dasar hitam dengan fitur theme yang bisa diganti-ganti. Masih memunculkan sejumlah iklan-iklan. Beberapa  fitur unik pada File Manager ini seperti file shedder (digunakan untuk delete pemanen) dan safe box (untuk menyembunyikan file di dalam folder rahasia). Aplikasi ini menawarkan sebuah tab interface yang membuat anda dapat membuka dalam tab ke folder lain.

Xplore File Manager

File manager ini cukup popular dan dipenuhi dengan fitur. Namun kaya fitur membuat layoutnya malah jadi tidak terlalu sedap dipandang. Preferensi pribadi saya tidak merekomendasikan aplikasi ini.

Sliding Explorer

Tampilannya cukup menawan karena menggunakan tren desain modern flat UI. File Manager yang cukup sederhana dengan sliding style. Kelemahannya adalah, pada File Manager ini tidak terdapat fitur search.

File Wrangler

Dengan desain yang simple dan dual pane interface membuat anda lebih mudah untuk melakukan copy paste. Untuk mencari file dalam folder, anda dapat menggunakan search icon. Fitur quick draw akan membuat anda mendapatkan bookmark folder yang biasa diakses.

Fylee

Hampir seperti Sliding Explorer. Bebas iklan, namun tidak ada fungsi search juga.

Google QuickOffice

Quick office sebenarnya digunakan untuk mendukung management pada Google Drive. Dan juga fungsinya pun sama dengan Google Drive. Jika di klik internal storage juga akan mengarah ke file sistem, bahkan QuickOffice juga menangani operasi zip.

AirDroid

AirDroid termasuk pula File Manager di dalamnya bisa anda penggil melalui menu Tools > Files. Kelebihan dari AirDroid ini adalah Anda dapat melakukan remote directory ke dalam smartphone anda menggunakan wifi melalui AirDroid.

Jadi pengguna Android, Mana yang terbaik menurut anda? Bagi saya, jika Anda menggunakan Quickoffice atau Airdroid, maka Anda tidak perlu menginstall aplikasi file manager lain karena Quickoffice dan Airdroid telah dilengkapi fungsi-fungsi yang memberi kemudahan remote file sistem dan mengakses sistem cloud. Atau anda juga dapat mencoba File Wrangler karena interface yang mudah dan bebas iklan, serta support dual pane interface. Atau jika Anda ingin file manager Anda untuk melakukan hal yang lebih, ES FIle Explorer menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa pilihan apapun, tetap perhatikan dukungan aplikasi tersebut terhadap device anda. Jika anda membuka Google Play, anda akan mendapatkan informasi tersebut. Semoga bermanfaat ;-)

Loading...

2 komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *