Technology

10 Tips Mengurangi Bounce Rate pada Website Anda (Bagian II)

 

Loading...

Nah pemilik website, kali ini kita akan membahas apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasio pentalan atau persentase bounce rate pada website anda. Karena besarnya bounce rate menentukan kelanjutan kehidupan website anda. Umumnya, sebuah situs akan dianggap berkualitas baik apabila rasio pentalannya rendah. Begitu pula sebaliknya. Kredibilitas website anda akan dicap buruk apabila rasio pentalannya tinggi. Sebuah artikel di Inc.com mengatakan bahwa

As a rule of thumb, a 50 percent bounce rate is average. If you surpass 60 percent, you should be concerned. If you are in exess of 80 percent, you have got a major problem.

Maka untuk menghindari rasio pentalan yang melampaui 60 persen, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

1.   Navigasi Menu Jelas dan Terstruktur

Jika anda membuat sebuah website, tanyakan kepada diri anda terlebih dahulu apa yang anda butuhkan dan bagaimana anda bisa mendapatkan kebutuhan tersebut dengan mudah dan sesuai harapan. Nah, jawaban dari pertanyaan ini bisa anda implementasikan untuk pengaturan susunan menu pada website anda. Dengan penyajian menu yang jelas dan terstruktur ini akan membuat pengunjung website anda puas karena kebutuhan yang mereka cari bisa mereka penuhi.

2.   Optimalkan Kecepatan Akses Website

Penambahan waktu tunggu bisa menurunkan trafik website anda sampai dengan 20%. Oleh karena itu kurangi konten yang bisa membuat website anda lemot. Misalnya dengan menambahkan read more pada artikel atau konten yang anda posting.

3.   Membagi Kategori Konten

Pengelompokan konten berdasarkan kategori ini merupakan salah satu hal terpenting untuk website anda. Karena bisa dipastikan pengunjung diluar sana menyukai website yang tertata rapi dan memiliki struktur kategori yang jelas. Jadi untuk anda yang saat ini masih ogah-ogahan mengelompokkan konten anda, jangan pernah berharap website anda mendapatkan kunjungan.

4.   Berikan Alternatif atau Konten Terkait

Para penjelajah internet umumnya membutuhkan konten lain dengan tema yang sama dengan yang mereka cari saat ini. Nah, dengan memberikan alternatif pilihan, pengunjung akan betah berlama-lama pada website anda. Karena selain mereka memiliki alternatif pilihan, secara tidak langsung anda telah sukses mengurangi bounce rate pada website anda.

5.   Toko online : Perhatikan Gambar Produk

Jika saat ini website anda adalah website untuk online store/ toko online, maka mulai perhatikan gambar produk yang anda upload. Gambar yang pecah ketika dizoom bisa menyebabkan pengunjung anda malas untuk melihatnya. Jika sudah begini, pendam keinginan anda untuk mendapatkan banyak pengunjung karena masih banyak website lain yang ditawarkan oleh google yang mungkin jauh lebih menarik daripada website anda.

6.   Jika Website Hanya Satu Laman

Site untuk bisnis online biasanya hanya memiliki satu atau beberapa laman saja. Tentunya hal ini akan memperbanyak kemungkinan website anda memiliki rasio pentalan yang tinggi. Cara paling lazim yang digunakan untuk mengontrol hal ini adalah dengan membuat artikel sepanjang mungkin dalam satu laman tersebut. Namun tetap perhatikan fokus utamanya. Jangan sampai pengertian ‘artikel sepanjang mungkin’ ini membuat anda berfikir untuk menambahkan kata basa-basi yang justru membuat pengunjung bosan.

7.   Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Tidak selamanya pengunjung website anda adalah orang yang memiliki inteklektual tinggi. Bahasa yang lugas dan mudah dimengerti, akan sangat membantu pengunjung website anda dalam memperoleh informasi. Jadi perhatikan kembali cara berbahasa anda dalam menyampaikan informasi kedalam konten yang anda posting, jika anda adalah orang yang care terhadap pengunjung dan keselamatan website anda.

8.   Tambahkan Benang Merah

Berikan sentuhan pamungkas kedalam setiap konten yang anda posting. Misalnya dengan memberi bold untuk kalimat inti yang menjelaskan keseluruhan informasi anda. Sehingga, kemungkinan pengunjung bosan untuk membaca keseluruhan berita anda, bisa ditolong dengan adanya kalimat pamungkas ini.

9.   Pasang Form Testimonial

“Aduuh, berapa detik sih waktu untuk menulis komentar? Paling juga gak semua pengunjung mau menulis komentar.” Jika anda pernah berfikir demikian, berarti anda sedang dalam masalah yang besar. Karena berapapun waktu yang dihasilkan pengunjung anda untuk menulis komentar, akan sangat berharga. Jika anda takut komentar yang diberikan adalah spam, anda bisa memoderasinya. So easy, right?

10. Mobile Version

Di zaman globalisasi ini, banyak orang yang mengakses internet melalui gadget. Salah satunya adalah smartphone. Nah, jika anda ingin website anda tidak hanya dikenang di versi desktop, maka anda harus mulai membuat versi mobilenya, sekarang juga!

Loading...

2 komentar

  • 20 Desember 2013 - pukul 21:56

    banyak dapet ilmu lagi disini :D

    nunggu bagian ketiganya kalo ada :D

    • Nurika Pramesti Sari
      27 Desember 2013 - pukul 8:37

      Wah, terimakasih pak Achmad. Semoga bermanfaat untuk website Anda :)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *