Technology

10 Hal yang Harus Ada pada Halaman “About Us” Website Anda

 

Ada banyak cara untuk meyakinkan pengunjung website Anda agar mau membeli produk/layanan Anda secara online. Salah satunya adalah dengan meyakinkan mereka bahwa Anda/perusahaan Anda bisa dipercaya sehingga mereka mau bertransaksi melalui website.

Lalu pertanyaan berikutnya adalah “Bagaimana caranya?”

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan halaman “about us” pada website kita.

Apa saja yang harus ada di halaman about us agar pelanggan semakin yakin untuk membeli produk/layanan kita? Berikut ulasannya:

1. Sejarah

about

Bagi sebagian kalangan, sejarah atau cerita seru berdirinya sebuah usaha menjadi hal yang bisa menyentuh perasaan dan menjadi inspirasi. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjadi bahan pertimbangan orang membeli produk/layanan Anda.

2. Visi

visi

Setiap orang pasti punya visi/tujuan pencapaian tertentu. Dan jika antara satu orang dengan orang lain mempunyai tujuan yang selaras, maka cenderung orang tersebut akan merasa senang karena ada teman seperjuangan. Maka dari itu, jelaskan visi Anda/perusahaan Anda dengan detail kepada pengunjung website Anda agar pengunjung website kita merasa dekat dengan kita.

Lalu, bagi yang tidak selaras visinya bagaimana?

Anda tidak perlu khawatir karena selama visi kita baik dan bermanfaat bagi orang banyak (apa lagi memberi manfaat lebih) sudah pasti bisa diterima dan dihormati oleh orang banyak juga.

3. Team

team

Tampilkan juga seluruh anggota team Anda yang akan melayani calon pelanggan Anda. Biarkan pengunjung website Anda tahu dan mengenal lebih dekat dengan seluruh anggota team Anda.

4. Pencapaian atau penghargaan

achievement

 

Hal ini untuk membuktikan bahwa Anda/perusahaan Anda telah sukses dan berhasil meraih pencapaian tertentu. Biarkan pengunjugn website Anda mengetahuinya dan mereka akan lebih percaya dan yakin akan produk/layanan yang Anda jual.

5. Liputan media

media

Beritahu juga kepada pelanggan Anda bahwa Anda pernah diliput di media massa seperti televisi, koran, majalah, tabloid, portal berita online, dsb. Tujuannya agar mereka juga mengetahui betapa populernya Anda/perusahaan Anda.

6. Teknologi terbaru

tekno

Beritahu juga kepada pengunjung website Anda bahwa infrastruktur, peralatan, system, software yang Anda gunakan untuk melayani mereka merupakan teknologi terkini yang handal.

7. Lingkungan kerja

life

Tampilkan juga foto-foto lingkungan kerja di tempat Anda agar pengunjung website Anda bisa merasa mengunjungi lokasi bisnis Anda di dunia nyata.

8. Garansi pelayanan

garansi

Yakinkan pengunjung website Anda dengan memberikan garansi pelayanan yang ramah dan cepat baik before maupun after sales.

9. Unit usaha lain (jika ada)

beon

Beritahukan juga unit usaha lain milik Anda agar pengunjung website juga tahu bahwa Anda memiliki bisnis yang besar.

10. Lowongan pekerjaan (jika ada)

open

Tentunya semua orang ingin bisnisnya terus berkembang, saya yakin Anda juga begitu. Jika bisnis kita berkembang salah satu hal yang dibutuhkan tentu saja SDM (Sumber Daya Manusia) yang banyak. Anda bisa memanfaatkan halaman “about us” ini untuk menunjukkan kepada pengunjung website Anda bahwa bisnis Anda sedang berkembang pesat oleh karena itu memajang lowongan pekerjaan pada website Anda, selain itu dari sini juga bisa secara langsung mendatangkan pelamar-pelamar baru untuk bisnis Anda. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Sudahkah halaman “about us” website Anda berisi 10 hal diatas? Jika belum, segera perbaiki sekarang untuk memicu penjualan online Anda lebih banyak lagi. :)

Baca juga:

10 Kesalahan Umum yang Sering Terjadi pada Pembuatan Desain Website

100 Website Paling Banyak Dicari oleh Netizens

Anatomi Kesuksesan Website Responsif


6 komentar

  • 21 Juli 2014 - pukul 11:38

    Kalo utk toko online, saya rasa sejarah,lowongan dst tidak perlu..yg penting singkat padatt jelass

  • 22 Juli 2014 - pukul 10:39

    Memang benar sekali ibu Mici, tulisan yang singkat, padat, dan jelas itu penting.
    Tetapi seperti yang kita ketahui bersama, pengunjung website kita adalah dari berbagai kalangan yang mempunyai hobby, kebiasaan, dan selera yang berbeda2.
    bagi sebagian orang, memang ada yang tidak suka berbelit2, inginnya langsung “to the point”, lihat – cocok – beli.
    Akan tetapi ada juga lho yang harus membutuhkan sentuhan perasaan dan emosional untuk bisa memutuskan membeli.
    naah dengan adanya sejarah, visi, misi, dll, disini bagi type orang yang “to the point” pasti akan diabaikan (tetapi tidak dinilai negatif – sifatnya netral), akan tetapi bagi type orang yang kedua, hal tersebut akan dinilai positif dan menjadi nilai tambah untuk memutuskan membeli pada website Anda.
    Jadi, kalau membahas “perlu” atau “tidak perlu” itu sangat relatif dan tidak akan ada ujungnya, soalnya kebutuhan masing2 berbeda.
    Akan tetapi kalau kita bahas tentang “peluang” mendatangkan pembeli, maka hal tersebut layak untuk dicoba. bukankah dalam bisnis harus pintar memanfaatkan peluang? :)

    anyway, terimakasih atas masukan dari ibu cici, berkat ibu saya jadi bisa menyampaikan maksud saya yang terlewatkan untuk ditulis di artikel ini. :)

  • 23 Mei 2015 - pukul 18:22

    Setuju… Kalau untuk perusahaan mungkin semuanya layak ada pada halaman about us. Justru kalau perusahaan about us hanya sedikit maka akan terasa kurang lengkap. Akan tetapi kalau untuk personal hanya perlu sederhana saja.

  • 9 Agustus 2020 - pukul 7:54

    halo, terimakasih infonya, kalau saya mengenai about us biasanya inti-intinya saja. mengenai history dan pencapaian yang akan di target kedepannya.
    Kalau untuk company biasanya about usnya akan saya jabarkan dengan sub-sub menu agar lebih rapih.

  • 6 Juli 2021 - pukul 18:24

    Terima kasih untuk tipsnya ?

  • 6 Juli 2021 - pukul 18:25

    Terima kasih untuk tipsnya ?

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *