Technology

10 Konsep Redesign Website dan Brand yang Unik dan Kreatif

 

Loading...

Rebranding di sini artinya kegiatan menata ulang konsep sebuah brand oleh user yang sama sekali tidak terikat kontrak kerja pada brand tersebut. Mereka mengubah aspek yang mendasar seperti logo, hingga media promosi seperti website (redesign). Nah desainer, mungkin anda pernah melakukannya? Atau justru tertantang untuk mencobanya? Maka berikut adalah 10 kompilasi konsep redesign yang saya yakin mampu menginspirasi anda ;-)

Microsoft

rebranding (1)

Andrew Kim menciptakan campaign untuk redesain Microsoft di sini, dengan logo yang disederhanakan secara drastis. Hasilnya sangat mengesankan. Bahkan Microsoft yang terkesan dengan campaign rebranding ini kemudian mempekerjakan Andrew Kim sesaat setelah itu.

BBC Me

rebranding (2)

BBC Me adalah sebuah campaign yang dirancang oleh Dmitrij Paskevic untuk mendesain ulang situs BBC News (bbc.com/news) dalam kompetisi D&AD 2013. Anda dapat melihatnya di sini. Hasilnya yaitu situs yang jauh lebih personal dengan sentuhan live, pribadi dan feed berita yang dinamis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembaca.

Amazon

rebranding (3)

Desain Amazon yang sekarang menurut saya berisi halaman produk yang tersusun secara berantakan, sangat sedikit ruang putih untuk memisahkan bagian yang berbeda. Rupanya bukan saya saja yang merasakannya. Yanis Markin memberikan alternatif desain ulang bagi website Amazon di sini. Namun meskipun desain ini jauh lebih menyenangkan secara visual, mungkin Amazon punya pertimbangan sendiri untuk mempertahankan desain yang sudah ada. Karena Amazon adalah perusahaan yang terkenal paling menitik beratkan pergerakannya berdasarkan data yang kuat. Bukan sekedar dengan rasa dan sudden impulse.

YouTube

rebranding (4)

Alex Tapein menghadirkan konsep redesign situs YouTube di sini. User mendapatkan lebih banyak ruang bernapas melalui penggunaan white-space dalam intensitas yang tepat. Navigasi dirombak hingga jauh lebih sederhana dan mudah digunakan.

Wikipedia

rebranding (5)

Konsep redesign website Wikipedia di sini ditawarkan oleh sebuah agency desain NewisNew.lt. Tampilan visual interface disederhanakan secara radikal menjadi lebih rapi sehingga menghasilkan framework edit bagi entri Wikipedia yang lebih meningkat secara signifikan.

IMDB

rebranding (6)

IMDB sudah ada sejak pertama kemunculan Internet (diluncurkan pada Oktober 1990). Makanya, desain yang sekarang masih menitikberatkan aspek sejarah dan masa lalu. Maka Bart Ebbekink menawarkan alternatif desain ulang yang lebih rapih dibanding tata letak saat ini. Anda dapat menemukannya di sini.

Facebook

rebranding (7)

Jika melihat popularitas Facebook, maka jejaring sosial ini sudah tidak asing lagi terhadap satu atau dua alternatif redesign website oleh orang lain. Namun alternatif Lukas Taylor di sini adalah salah satu yang paling radikal. Karena dia gunakan pendekatan yang menitik beratkan pada desain Pinterest pada halaman timeline. Meskipun belum tentu bermanfaat, namun rasanya cukup menarik untuk melihat alternatif-alternatif baru yang menitikberatkan pada desain yang sudah ada.

Yahoo

rebranding (8)

Yahoo yang saat ini lebih menonjolkan berita dan konten dibanding mesin pencarian, baru-baru ini melakukan redesain pada halaman US mereka. Tetapi langkah ini sepertinya kurang mengesankan bagi sebagian user. Dan Petty menyebut desain yang ada saat ini sebagai “campuran antara Craigslist dan desain lama Google”. Maka dia menciptakan alternatif desain ulang konsep di sini untuk arah pendekatan yang berbeda secara estetika.

Skype

rebranding (9)

Vivek Venkatraman menawarkan konsep redesign Skype yang super minimalis untuk aplikasi desktop di sini. Pendekatannya secara halus didasarkan pada konsep iOS 7.

Spotify for Mac

rebranding (10)

Layanan streaming musik Spotify adalah produk yang fantastis. Tapi desain aplikasi desktop yang sekarang dimilikinya perlu mendapat lebih banyak cinta. Maka Maxwell Barvian menciptakan konsep redesign di sini. Anda akan melihat sebuah desain yang fokus pada kegunaan, kerapian, dan kemudahan navigasi. Hasil keseluruhannya sangat halus dan elegan.

Jadi, Anda menemukan contoh redesign kreatif, menarik, dan inspiratif lainnya? Mari bagikan di kolom komentar. Kami akan sangat senang mendengar pendapat anda ;-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *