Technology

10 Peraturan Marketing di Sosial Media

 

Loading...

Jika kita ingin marketing di social media, anda perlu tahu beberapa aturan yang harus dipatuhi. Karena jika anda abaikan, akibatnya bisa fatal. Maka sebelum kata ‘fatal’ ini menghampiri anda, kami akan menyiapkan anda dengan 10 peraturan yang harus anda patuhi. Semoga bermanfaat ;-)

1. Sosialisasi bukan promosi

Sosial media dibuat sebagai tempat bersosialisasi dengan teman, rekan kerja atau bahkan keluarga anda. Nah, sekarang bisa anda bayangkan sendiri bagaimana rasanya jika ada orang tiba-tiba masuk dan terang-terangan menjual suatu barang yang tidak mereka butuhkan. Pasti sangat mengganggu dan membuat risih. Dengan demikian berarti anda justru berharap untuk diunfriend atau bahkan diblokir oleh teman baru anda. Benarkah ini tujuan anda bergabung di sosial media? Kembali lagi kepada keputusan anda.

2. Jadilah orang

Orang di sosial media seperti Facebook, Twitter atau sosial media lainnya pasti berharap mereka memiliki teman yang bisa diajak untuk bersosialisasi. Membahas suatu topik tertentu yang sedang booming atau mereka gemari. Contoh kecilnya seperti facebook Jagoan Hosting Indonesia. Saya memposisikan diri sebagai orang yang ingin bersosialisasi dengan teman-teman yang sudah bergabung di Fan Page tersebut. Meskipun tidak menutup kemungkinan jika sekali waktu admin memposting berita yang sifatnya promosi.

jagoan-hosting-sosial-media

3. Berhenti berbicara tentang produk

Pembicaraan sosial yang menarik adalah tentang berbagi passion terhadap suatu objek. Nah, disini cobalah untuk tidak terus menerus membahas produk yang anda jual. Melainkan bahaslah topik tentang tren perkembangan dari produk tersebut. Semisal, perusahaan anda menjual tas. Jangan selalu membahas kualitas atau harga dari tas yang anda jual. Tapi cobalah untuk membahas sejauh mana tren dan tas ini menjadi suatu kebutuhan yang melengkapi gaya berbusana masa kini.

4. Jadilah pendengar yang ‘mendengar’

Setiap orang di jejaring sosial mempunyai latar belakang, kebutuhan dan kesenangan masing-masing. Apalagi jika anda bergabung dengan mereka yang memiliki komunitas tersendiri. Sangat berbahaya jika anda yang pada saat ini posisinya sebagai ‘orang asing’ ikut menyumbang percakapan yang tidak mereka harapkan. Untuk itu, perlahan dengarkanlah dan pahami terlebih dahulu apa yang mereka kicaukan. Setelah itu, baru cobalah untuk masuk dengan bekal dari apa yang anda dengarkan sebelumnya.

5. Jadilah penyumbang

Selain bersosialisasi orang-orang di jejaring sosial juga membutuhkan ilmu atau update berita terbaru. Jika anda hanya monoton terhadap satu teknologi saja, kapan anda akan berkembang? Namun ingatlah, sebelum posting tanyakan kepada diri anda “Bagaimana dan apa yang bisa saya tambahkan sebagai topik percakapan?” Karena pada beberapa orang atau komunitas anda diperbolehkan untuk sedikit mempromosikan produk anda. Namun selalu ingat porsinya. Jangan sampai promosi tersebut mendominasi pembicaraan anda.

6. Bertemanlah juga dengan teman anda

Jangan menutup diri jika anda sudah bergabung di jejaring sosial. Karena umumnya orang yang memiliki sosial media akan senang berbagi. Mereka akan lebih aktif dengan fan page dari idola atau komunitas mereka. Maka dari itu, bertemanlah juga dengan teman mereka. Setelah itu beri suasana yang berbeda ketika mereka bersosialisasi dengan anda. Jadilah sedikit berbeda, namun tetap menjaga aturan yang ada.

7. Berikan semangat dan manfaat yang lebih

Ada yang berpendapat bahwa perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu memperkaya kehidupan customer dan potensial customer mereka. Nah, salah satunya bisa diterapkan di sosial media anda nih. Apel percaya pada kekuatan kreativitas . Microsoft percaya pada kemungkinan yang tak terbatas dari pendidikan. Dan bisa jadi, saat ini Jagoan Hosting adalah jasa penyedia domain dan hosting namun kedepannya dikenal juga sebagai perusahaan yang memiliki dedikasi lebih untuk dunia pendidikan IT dengan mengadakan seminar atau academy dimana dalam prosesnya melibatkan sosial media. Jadi, bagaimana anda bisa memberi manfaat yang lebih untuk mereka?

8. Berbagi pengetahuan

Selain anda bersosialisasi atau sesekali promosi melalui sosial media, mulailah juga menjadi sebagai role model yang baik. Tidak hanya menjual hosting. Crew jagoan hosting juga membagi beberapa tips yang berhubungan dengan manajemen hosting melalui beberapa artikelnya di media bisnis online. Jadi, kapan tim anda akan mendidik dunia?

9. Puji yang lainnya

Jika perusahaan anda sudah memutuskan memiliki sosial media, maka jangan selalu memikirkan bagaimana anda dapat memperoleh pujian atau perhatian dari orang yang menjadi teman anda. Namun, mulailah dengan bagaimana anda menghargai dan mengapresiasi teman anda. Karena ini bukti bahwa anda menghargai pertemanan dan nilai persahahbatan dengan mereka.

10. Respon komentar

Pernah beberapa kali saya menjumpai pada salah satu  fan page di facebook yang mengabaikan komentar dari fansnya. Hati-hati. Yang begini ini, jangan pernah berharap anda juga akan dihormati dan dibahas oleh teman anda, jika anda sendiri mengabaikan mereka. Harusnya anda bersyukur jika ada orang yang telah menyumbangkan komentarnya untuk sosial media anda. Karena dari sinilah, interaksi dan kepercayaan bisa dibangun.

“Teman yang baik adalah teman yang selalu menemani dan mengerti.” Dengan menerapkan 10 aturan ini pada sosial media Jagoan Hosting Indonesia, kini engage dengan Jagoan Family bisa dikatakan meningkat. Jadi, mari buang jauh-jauh keinginan untuk selalu menjual. Bangunlah kepercayaan dan berbagilah dengan teman, customer dan orang di sekitar anda. Karena anda tidak akan tau, bahwa merekalah yang nantinya akan membesarkan anda.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *