Technology

10 Pilihan PHP Template Engine Paling Powerful

 
  • 2
    Shares

Loading...

Nah developer website, Suatu saat anda mungkin ingin memisahkan code dengan layout. Karena template code yang terpisah dengan layout akan sangat memudahkan kita dalam melakukan development, sebab antara Developer dan Designer bisa bekerja secara terpisah, sekaligus bersama-sama. Progress jadi lebih optimal. Di sinilah anda dapat gunakan PHP Template Engine.

Berikut adalah referensi 10 PHP Template Engine yang menurut saya memiliki fitur paling bagus dan masih akan terus berkembang. Jika Anda punya referensi lain, mari membaginya kepada pembaca lain di kolom komentar ;-)

Smarty

Smarty

Dia cukup populer karena berbagai fitur-fitur yang disediakan; seperti debuging, cache, dan security yang bagus.

Twig

Twig

Twig merupakan sebuah Template Engine yang baru muncul sekitar tahun 2010 silam. Twig menyediakan beberapa kelebihan di beberapa sudut, yakni: Kecepatan (Kompilasi dari PHP ke Template menjadi sangat minimal dan cepat), Keamanan (Fitur sandbox di dalamnya berfungsi sebagai template untuk mengevaluasi code sekaligus sebagai debugger), dan Fleksibilitas (Pengembang jadi sangat mungkin untuk mendefinisikan tag kustom, filter, dan menciptakan DSL sendiri).

Dwoo

Dwoo

Hampir semua yang ada di plugin Smarty ada pula di dalamnya, misalnya Template Inheritance, Plugin yang sangat flexible sehingga sangat mudah sekali untuk berkreasi, dan Unicode / UTF-8 yang sudah mendukung fungsi-fungsi untuk manipulasi string.

Savant

Savant

Yaitu Template Engine yang sangat ringan karena menggunakan bahasa PHP sendiri sebagai bahasa template sehingga tidak perlu mempelajari bahasa baru.

RainTPL

RainTPL

RainTPL merupakan salah satu Template Engine dengan prinsip WYSIWYG (What You See Is What You Get) sehingga penggunaannya sangat mudah sekali.

PEAR – PHP

Pear PHP

PEAR-PHP adalah suatu framework dan mimiliki system yang bertujuan mempermudah reusable PHP. Saat ini PEAR mendukung semua daftar lisensi:

1 PHP License

2. Apache License

3. LGPL

4. gaya BSD

5. Lisensi MIT

Pada PEAR terdapat 4 paket tersedia untuk template:

HTML_Template_Flexy
HTML_Template_IT
HTML_Template_PHPLIB
HTML_Template_Sigma

PHP XTemplate

xtemplate-php-engine

Merupakan sebuah Engine Template yang memungkinkan Anda menyimpan kode HTML secara terpisah dengan kode PHP.

Blitz templates

Blitz Template Engine

Blitz Template merupakan template Engine yang cepat karena ditulis dalam bahasa C dan dikompile sebagai PHP Module. Template Engine ini bermula sebagai pengganti php_templates, namun dikembangkan secara lebih, berdasarkan Extensible Template Controllers (PHP) dan Weakly-Active Template (HTML)

FryPHP templating engine

FryPHP

FryPHP sangat mudah dipelajari untuk membuat sebuah sistem berbasi template PHP5.  FryPHP ditulis dengan metode OOP dan memungkinkan untuk menggunakan variable lokal untuk setiap template atau menggunakan variable global. FryPHP memanfaatkan metode overloading dan waktu eksekusi yang cepat.

FXL Template

FXL-Template

FXL Template mudah untuk digunakan memiliki fitur dasar dari sebuah sistem template /template Engine. Mendukung teks / pembuatan array sederhana, blok dan nested blok.  Untuk menginstal Template FXL Anda perlu PHP 5.1 atau yang lebih baru dan support pada beberapa operating sistem yaitu : Windows, Linux, Unix, FreeBSD atau Mac OS.

Sebagai developer yang ingin membuat sebuah CMS, anda mungkin ingin code core CMS anda tidak diubah-ubah oleh designer atau lebih teknisnya, templater. Dengan metode PHP Template Engine, hal ini sangat memungkinkan. Belum lagi resiko hacker bisa lebih diminimalkan (karena anda tidak tahu apakah di komputer templater anda tersimpan malware). Jadi, sudah pakai salah satunya?

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *