Running A Business

10 Tips Agar Bisnis Online Anda Lebih Dipercaya

 
  • 6
    Shares

   

Saat ini trend bisnis online sudah sangat populer di masyarakat. Kalangan anak muda sampai mereka yang sudah profesional banyak yang menggunakan dan akrab dengan dunia online yang menghasilkan ini. Bisnis online memang dinilai paling mudah dilakukan dan paling mudah untuk mendapatkan keuntungan. Sebagian besar pemilik bisnis online mengaku demikian tapi selebihnya mengaku bahwa menjalankan bisnis online membutuhkan keberanian, ketelitian dan juga kesabaran ekstra, terlebih saat menghadapi customer yang tidak nyata atau tidak bisa kita lihat secara langsung. Nah untuk itu perlu kiranya kita sebagai pemilik dan pelaku bisnis online untuk menjaga setiap langkah kita saat menjalankan bisnis agar tetap terus dipercaya oleh customer. Dan berikut adalah beberapa cara diantaranya:

1. Buka jalur komunikasi di berbagai media

Berbisnis secara online memberikan kita kemudahan untuk berkomunikasi dengan customer, sekalipun tidak bertatap muka secara langsung. Bukalah jalur komunikasi di banyak media, mulai dari email, telepon, instant messaging dan juga sosial media. Karena kemana mereka mencari mereka akan tahu harus kemana. Anda juga bisa memberikan service berupa asisten pribadi untuk setiap pelanggan Anda dalam sekali berkomunikasi. Sehingga mereka benar – benar merasa didengarkan dan penting bagi bisnis Anda.

[Baca juga: Memanfaatkan Fitur Chatting untuk Toko Online Anda]

2. Gunakan sosial media untuk mendekati customer

Sosial media menjadi salah satu sahabat akrab bagi pemilik bisnis online. Untuk itu jangan tinggalkan sosial media yang sudah Anda miliki. Buatlah timeline atau jadwal kapan Anda harus memposting, kapan Anda harus menjawab pertanyaan yang masuk. Ini juga akan membuat pelanggan mengenal Anda lebih jauh, menghubungi Anda lebih mudah dan merekomendasikan Anda lebih luas.

[Baca juga: 5 Alasan Menjadikan Sosial Media Sebagai Senjata Ampuh Customer Service Anda]

3. Jawab sesegera mungkin pertanyaan yang masuk

Ada kalanya pelanggan bisnis online merasa kesal saat berbelanja ketika mereka menerima pelayanan yang buruk. Salah satunya yaitu pertanyaan yang lama tidak dijawab baik melalui chatting ataupun email. Hingga pada akhirnya mereka pergi dan enggan kembali. Jawab sesegera mungkin pertanyaan yang masuk kepada Anda.

[Baca juga: Kunci Meningkatkan Keterampilan Customer Service Tim Anda]

4. Jangan buat pelanggan menunggu

Bukan hanya jawaban yang harus dijawab dengan segera, tapi proses pengiriman atau produksi barang yang dipesan juga harus dikerjakan dengan baik dan sesegera mungkin. Jangan buat mereka menunggu dan protes karena barang tidak kunjung datang. Ini juga berhubungan dengan bagaimana Anda memilih jasa pengiriman dan jasa penyedia layanan seperti website dan hosting yang terpercaya sehingga mampu bersinergi dengan upaya Anda dipercaya pelanggan.

5. Jangan janjikan hal yang sulit Anda berikan

Membahagiakan pelanggan memang tujuan kita agar dipercaya kembali oleh mereka. Tapi ingat ketika Anda memberikan janji kepada mereka maka upayakan untuk mewujudkannya. Jangan memberikan janji yang tidak mungkin bisa Anda wujudkan. Karena ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan pelanggan Anda.

6. Tunjukkan testimoni positif

Ketika Anda yakin dengan pelayanan terbaik yang Anda berikan, maka Anda bisa meminta testimonial dari pelanggan Anda. Anda bisa membuat sebuah testimonial berupa text ataupun video. Biarkan mereka melihat dan percaya bisnis Anda dari testimonial yang Anda tunjukkan.

[Baca juga: Biarkan Pelanggan Berkata “WOW” saat Promosi Word of Mouth Bisnis Anda]

7. Terima setiap kritik dan saran yang masuk

Jika Anda sudah meminta testimonial kepada pelanggan, maka Anda juga bisa meminta mereka untuk memberikan kritik, saran atau keluhan lainnya. Terima saja apa yang mereka ucapkan, sampaikan ucapan terima kasih dan jangan lupa untuk minta maaf ketika Anda salah. Kritik dan saran ini berguna bagi pengembangan bisnis online Anda. Karena Anda hanya akan bertemu dengan pelanggan melalui komunikasi online, sehingga perubahan akan membuat mereka semakin percaya jika bisnis Anda yang terbaik.

[Baca juga: Anda Yakin Sudah Mendengarkan Pelanggan?]

8. Sediakan banyak cara untuk proses pembayaran Anda

Untuk upaya membentuk kepercayaan pelanggan online kita, kita bisa memberikan mereka fasilitas yang memang dibutuhkan. Salah satunya adalah cara pembayaran online yang bisa mereka lakukan. Saat ini banyak toko online yang menggunakan lebih dari 1 jenis cara pembayaran online. Tujuannya untuk memudahkan pelanggan mereka dalam melakukan transfer atau pembayaran barang yang dipesan. Proses pembayaran bisa melalui bank, Paypal, Doku dan lain sebagainya.

9. Berikan mereka hadiah

Memberikan kebahagiaan kepada pelanggan bisa juga melalui pemberian hadiah atau bonus. Terlebih bagi mereka yang membantu Anda agar lebih dikenal oleh orang lain. Anda bisa membuat sebuah promo atau program berhadiah lainnya. Adakan saja beberapa program dalam beberapa waktu yang Anda sudah rencanakan. Hadiah yang diberikan juga bisa berupa barang ataupun voucher belanja. Selain memberikan kesan senang, ini juga memberikan mereka kesan percaya terhadap bisnis Anda.

10. Optimasi website toko online Anda dengan layanan terbaik

Salah satu dukungan terbaik bisnis online adalah memiliki website toko online dengan nama bisnis itu sendiri. Menggunakan desain yang sesuai dengan tema, menggunakan nama domain yang sesuai serta menggunakan dukungan seperti hosting website yang baik. Saat ini setiap pelanggan online menuntut sebuah website untuk dapat diakses dengan cepat, begitupula dengan sang pemilik toko online, yang ingin memiliki space yang jauh lebih besar untuk upload produk mereka. Solusinya yaitu mencari provider atau penyedia jasa hosting yang mampu menyediakan dukungan untuk para pebisnis online, seperti layanan dedicated hosting yang disediakan Beon.co.id.

Anda juga bisa mendaftarkan website toko online Anda di portal bisnis Anda dan mendapatkan “cap” sebagai toko online terpercaya. Salah satunya adalah di polisionline.com. Jika website toko online Anda sudah dinyatakan baik dan terpercaya, maka Anda akan mendapatkan logo yang bisa Anda pasang di website toko online Anda.

[Baca juga: 7 Tips Desain Website untuk Memberikan Kenyamanan Pengunjung]

Lalu sekarang sudahkah Anda menemukan cara tersendiri untuk memberikan kebahagiaan dan menciptakan kepercayaan bagi bisnis online Anda? Ayo segera cari dan maksimalkan cara tersebut, agar bisnis Anda menjadi jauh lebih sukses dari hari ini. :)

                              

Loading...

  • 6
    Shares

Artikel Terkait

3 komentar

  • 6 June 2015 - pukul 14:39

    I am regular visitor, how are you everybody? This post posted at this website is really nice.

    • Administrator
      6 June 2015 - pukul 14:44

      Thankyou so much. may be so useful for you :)

  • Hendra Kobe
    24 June 2018 - pukul 12:31

    Terimakasih banyak atas informasi nya, sangat membabtu sekali, salam sukses

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *