Running A Business

10 Tips Membangun Kepercayaan Pelanggan Anda

 

Loading...

Jika Anda berfikir pelanggan hanya mereka yang datang dan membeli produk dari bisnis Anda, maka Anda harus kembali berfikir. Karena pelanggan adalah harta yang berharga dari sebuah proses bisnis yang Anda jalankan. Bagaimana bisa? Karena setiap usaha yang Anda lakukan adalah untuk mendapatkan pelanggan, memberikan apa yang mereka butuhkan, dan mencari kepercayaan dari mereka untuk bisa terus menggunakan jasa Anda. Itulah sebabnya pelanggan sangat penting bagi sebuah bisnis. Sehingga untuk menjaga pelanggan, Anda harus menjaga kepercayaan yang mereka berikan kepada bisnis Anda. Dan berikut ini adalah 10 tips yang dapat kita pelajari bersama.

1. Hindari menawarkan solusi yang tidak Anda miliki

Terkadang sebuah bisnis ingin dipandang berkesan dan mampu menjadi alasan kembalinya pelanggan dengan cara menawarkan berbagai solusi kepada pelanggan. Sekalipun terkadang solusi yang ditawarkan sebenarnya tidak ia miliki. Jangan lakukan ini, karena saat Anda hanya berusaha memberikan solusi tanpa berfikir kelanjutannya, maka pelanggan enggan meminta solusi lagi kepada Anda. Pastikan Anda memiliki solusi yang mereka cari, jika memang tidak ada maka jujurlah. Jangan takut untuk kehilangan 1 pelanggan demi menjaga kepercayaan pelanggan lainnya.

2. Jangan hanya memberikan gambaran kecil dari solusi produk Anda

Pelanggan tidak hanya mencari solusi yang bisa menyelesaikan masalah mereka hanya satu kali. Mereka tentu akan mencari solusi yang bisa terus memenuhi kebutuhannya. Berilah pelanggan seluruh gambaran dari solusi yang Anda miliki. Biarkan mereka memutuskan apakah solusi Anda memang benar – benar bisa digunakan untuk masalah mereka.

3. Jangan menjanjikan sesuatu yang tidak dapat Anda berikan

Selain solusi, jangan pernah menjanjikan sesuatu yang tidak pernah bisa Anda berikan. Seperti hadiah ataupun bonus kepada pelanggan Anda. Memang ini menjadi salah satu cara yang banyak digunakan untuk menarik perhatian dari pelanggan. Tapi saat mereka tahu bahwa mereka tidak akan bisa mendapatkannya, mereka akan merasa sangat kecewa terhadap Anda.

4. Jangan selalu menerima atau menawarkan suap

Ini lebih buruk dari apapun, karena saat Anda menerima ataupun menawarkan suap kepada pelanggan, mereka akan otomatis menolaknya. Tidak jarang beberapa pelanggan akan dipaksa untuk memberikan penilaian atau membantu menjualkan dengan iming – iming hadiah. Itu akan membuat bisnis Anda terlihat tidak profesional.

5. Hindari harga yang terlalu konsisten untuk semua produk yang Anda hasilkan

Jika Anda memiliki banyak varian produk dari satu bisnis yang sama, usahakan untuk tidak memberikan harga yang konsisten atau sama. Karena saat pelanggan mulai terbiasa dengan harga tersebut, dan Anda terdesak untuk merubah harga, mereka bisa saja enggan kembali membeli produk Anda.

6. Saat ada masalah tidak menyalahkan dan membuat banyak alasan

Sebuah bisnis memang tidak luput dari masalah, baik dari perusahaan, pelanggan, produk dan penjualan. Semua yang berhubungan dengan pelanggan, usahakan untuk tidak menyalahkan masalah yang datang. Anda memang tidak seharusnya menyalahkan setiap masalah yang datang. Carilah solusi dari masalah yang Anda hadapi, jangan mengumbar dan menyalahkan masalah.

7. Jangan menahan adanya kabar buruk

Jika Anda berfikir pelanggan akan marah jika Anda menyampaikan kabar buruk kepada mereka, maka coba bayangkan betapa marahnya mereka saat Anda menyampaikan itu sebulan kemudian. Pelanggan akan merasa kecewa karena mereka tidak diberitahu sebelumnya mengenai kabar buruk yang sengaja Anda sembunyikan. Jujurlah kepada pelanggan, sekalipun itu merupakan berita buruk. Atur suasana saat menyampaikan kabar tersebut, dan buat menjadi tidak seburuk yang sebenarnya.

8. Tidak terlalu berambisi menghadapi kompetisi

Kompetisi memang selalu Anda hadapi dalam berbagai bidang, termasuk bisnis. Sebuah bisnis terkadang akan melakukan beberapa cara untuk bisa memenangkan kompetisi dan mendapatkan hati pelanggan. Namun terkadang cara yang digunakan malah membuat bisnis tersebut terlihat tidak profesional oleh pelanggan.

9. Menjaga privasi klien

Penting bagi sebuah bisnis untuk menjaga segala macam data ataupun privasi yang dimiliki oleh klien. Ini akan membuat Anda disegani dan dipercaya oleh banyak pelanggan untuk kembali ke bisnis Anda. Jadikan setiap pelanggan seolah – olah mereka keluarga Anda, yang akan selalu Anda lindungi sampai ke privasinya.

10. Menjaga mereka

Dan yang terakhir adalah menjaga apa yang sudah ada. Kita memang harus selalu berusaha untuk lebih baik, salah satunya mendapatkan pelanggan lebih banyak dari sebelumnya. Namun itu jangan membuat Anda lupa untuk menjaga apa yang sudah Anda miliki saat ini. Pelanggan adalah aset berharga bisnis Anda. Jaga mereka dengan selalu memberikan apa yang mereka butuhkan dan menjaga setiap kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Tips Membangun Kepercayaan Pelanggan Online Melalui Konten Marketing

10 Tips Meraih Kepercayaan Dari Team Anda

5 Cara Sederhana untuk Mendapatkan Nilai Super dari Pelanggan

Loading...

1 komentar

  • 3 Oktober 2014 - pukul 5:40

    Kunci utama sebuah usaha adalah adanya kepercayaan dari pelanggan kita. Tanpa adanya kepercayaan dari mereka maka kita tidak bisa melanjutkan usaha kita. Di sini manajer pemasaran haruslah jeli dalam mengambil keputusan. Harus peka terhadap pangsa pasar dan juga harus kreatif dan inovatif dalam strategi pemasaran.

    Sayangnya biaya pemasaran saat ini sangatlah mahal. Mahalnya biaya pemasaran ini karena mahalnya biaya untuk iklan. Salah satunya karena menggunakan pubblik figur atau artis ternama yang bayarannya juga mahal.

    Anda bisa kok membuat pemasaran gratis. Link berikut ini bisa jadi sedikit solusi atas mahalnya biaya pemasaran yang selama ini terjadi, terutama bagi UKM.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *