Leadership

10 Tips Waktu Libur yang Lebih Optimal

 
  • 4
    Shares

   

Liburan adalah hal yang pasti sangat anda nantikan kedatangannya. Terutama bagi para enterpreneur yang telah bekerja keras 24×7. Namun terkadang waktu libur yang kita tunggu tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Entah karena tidak tepatnya waktu libur atau karena kita kurang bisa memanfaatkan waktu libur itu sendiri. Biasanya karena masih terbebani tugas yang menumpuk sebelum hari libur tiba. Jangan sampai anda jadi workaholic dan stress. Berikut adalah beberapa tips agar waktu libur anda lebih optimal.

1. Sendiri, berdua, atau ramai-ramai

Sebelum pergi liburan untuk menghilangkan stress, pertimbangkan dengan baik apakah akan pergi sendiri, berdua dengan teman atau pasangan, atau malah ramai-ramai dengan grup anda. Masing-masing punya kelebihan. Pergi sendiri akan memberikan banyak waktu untuk Anda. Sedangkan pergi berdua dengan pasangan bisa membakar kembali gairah asmara. Pergi ramai-ramai pasti bisa melakukan banyak hal seru. Mana yang menurut anda paling bisa mengurangi stress, maka pilih yang itu.

2. Kembalikan hobi Anda

Sentuh hobi yang sudah lama Anda tinggalkan karena rutinitas yang padat. Misalnya berenang, atau nge-gym. Dengan mengembalikan minat, akan timbul emosi yang positif karena melakukan hal-hal yang disukai.

3. Let it flow

Yaitu melakukan sesuatu tanpa tujuan yang terencana. Membiarkannya mengalir saja. Misalnya sekedar menghabiskan waktu berjalan-jalan ke tempat yang tidak pernah dikunjungi.

4. Manfaatkan waktu dengan keluarga

Bila anda adalah pekerja yang sibuk dan memiliki waktu luang yang kurang untuk anak-anak anda, manfaatkan waktu liburan anda untuk mendekatkan diri pada anak-anak anda. Ada banyak kegiatan seru yang bisa anda rencanakan untuk mengisi waktu liburan dengan keluarga. Misalnya berkunjung ke wisata alam, camping di halaman rumah, mengunjungi saudara, kerja bakti membersihkan rumah, mengatur atau menata ulang fungsi rumah, dan masih banyak lagi alternatif yang dapar diambil untuk mengisi quality time bersama keluarga.

5. Manfaatkan waktu untuk lebih dekat dengan pasangan

Misalnya melakukan refreshing berdua dengan pergi ke tempat yang romantis, saling memberikan kejutan yang menyenangkan, dll dapat juga menjadi pilihan kegiatan yang dapat anda lakukan pada saat liburan.

6. Bepergian ala backpacker

Bosan dengan kegiatan liburan yang itu-itu saja? Bepergian ala backpacker bisa lebih menantang dan lebih beresiko. Oleh karena itu, persiapkan dengan matang jauh-jauh hari sebelumnya, sebelum anda menjadi backpacker.

7. Jauhkan diri dari laptop.

Hal ini harus anda lakukan untuk mendapatkan waktu libur yang benar-benar anda inginkan. Karena di dalam laptop anda tersimpan data-data pekerjaan yang akan membuat anda selalu teringat dengan pekerjaan. Tekanan akan membuat anda jadi jauh lebih cepat jenuh terhadap rutinitas. Ambil waktu break dari laptop anda sehari dua hari ketika liburan.

8. Jangan sering pegang ponsel

Ponsel tetap perlu Anda bawa untuk berkomunikasi dan jaga-jaga. Tidak perlu lah Anda setiap saat mengecek SMS, Blackberry Messenger, YM atau apa pun pesan yang masuk. Apalagi kalau itu adalah urusan kantor. Periksalah ponsel secara berkala, balaslah ketika Anda rasa itu benar-benar penting. Ingat, prioritas dalam liburan adalah mencari ketenangan.

9. Olahraga seru

Tidak ada alasan yang dapat mencegah anda untuk melakukan olahraga. Meskipun anda memiliki keterbatasan waktu, anda tetap bisa memanfaatkan waktu luang anda untuk berolahraga. Misalnya bersepeda bersama bersama keluarga dan anak-anak, atau sekedar jalan jalan ketika car free day. Lewat olahraga anda akan mendapatkan manfaat ganda. Selain melepaskan strees, tubuh anda menjadi lebih bugar dan siap untuk menjalani aktifitas di hari kerja berikutnya.

10. Ambil waktu untuk diri anda sendiri.

Banyak orang yang melewatkan waktunya hanya untuk kerj, kerja, dan kerja. Dengan kata lain membiarkan hidupnya dikuasai oleh pekerjaan. Namun tidak ada salahnya ketika kita memilih untuk mengambil waktu rehat sejenak untuk diri kita sendiri. Hanya untuk sekedar kembali menata visi dan tujuan hidup kita dan mencoba membuat daftar tujuan hidup yang ingin dicapai. Layaknya sebuah komputer, pikiran kita pun butuh di-defragment agar bisa bekerja lebih optimal.

Jadi Anda siap memberikan sedikit waktu untuk menikmati liburan anda? Jangan lupa untuk merefleksikan apa yang telah anda dapat selama liburan untuk menjadikannya motivasi ketika hari esoknya anda bekerja. Selamat liburan. :-)

Ingin Punya Penghasilan Online? Inilah Langkah Awal Jadi Orang Tajir Melintir

Biar Selalu Ada Pemasukan, Inilah Cara Pasti Mendapatkan Penghasilan Dari Internet

Jangan Puas Sama Satu Sumber Penghasilan! Cara Ini Bisa Memberi Anda Penghasilan Sendiri Nantinya…


  • 4
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 12 March 2015 - pukul 20:30

    nice tips…! :D

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *