Start A Business

11 Alasan Mengapa Sebuah Bisnis Startup Bisa Sukses

 
  • 4
    Shares

Loading...

Sebuah bisnis startup memang pada awalnya dirasa sulit untuk bisa sukses. Membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mengembangkan usaha dan mencapai sebuah kesuksesan. Rata – rata 9 dari 10 bisnis startup akan keluar dari zona nyaman bisnisnya, dan sisanya yang mampu bertahan dan berhasil dengan orang – orang yang memiliki kualitas terbaik. Namun bukan tidak mungkin untuk Anda yang memiliki bisnis startup akan menjadi 1 dari 10 orang yang sukses tersebut. Ada alasan tertentu mengapa sebuah bisnis startup mampu tumbuh dan sukses. Berikut ini adalah 11 alasan mengapa sebuah bisnis startip bisa sukses :

1. Visi

Sebuah perusahaan akan mampu tumbuh dan berkembang jika mereka memiliki visi yang kuat. Sebuah visi terkadang diciptakan dengan tujuan untuk memacu semangat bagi sebuah perusahaan. Ketika Anda membuat atau menentukan visi dari perusahaan Anda, jangan takut untuk memiliki sebuah visi yang besar. Hal ini secara otomatis akan memacu semangat dan tentu saja kinerja dari perusahaan Anda. Bagi sebuah bisnis startup, visi adalah hal pertama yang perlu diperhatikan, agar perusahaan mampu tumbuh dan berkembang dengan besar.

2. Kecepatan

Kecepatan merupakan salah satu hal yang harus menjadi perhatian besar bagi sebuah bisnis startup. Menyelesaikan sesuatu dengan cara yang cepat adalah salah satu dari banyak alasan mengapa startup mampu mencapai tujuan dan visi mereka. Itu yang menjadi perbedaan ketika startup mampu untuk bergerak jauh dan lebih cepat dari para pesaing mereka. Sebuah bisnis startup yang sukses, tidak akan pernah menunda proses untuk mendapatkan dan mengerjakan sesuatu.

3. Anggaran

Sebuah bisnis tidak akan bisa dipisahkan dari anggaran yang akan dibutuhkan dan digunakan. Sebuah startup yang suskes adalah startup yang efisien dalam mengelola keuangan dan mampu menjaga kestabilan keuangan mereka. Anda harus mampu memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apa yang dibutuhkan perusahaan, dalam rangka untuk mencapai tujuan dengan anggaran yang sesuai. Ketika sumber daya terbatas, dan waktu menjadi sebuah esensi, perusahaan perlu menguasai keterampilan mengelola keuangan dengan baik.

4. Keterampilan Sosial

Koneksi adalah alasan lain mengapa sebuah bisnis startup bisa mencapai kesuksesannya. Bagaimana bisa sebuah bisnis baru mampu tampil dan dikenal banyak orang tanpa sebuah relasi? . Sebuah startup yang besar akan memiliki pemimpin yang luar biasa. Bukan hanya mampu bekerja dan memimpin dengan baik perusahaannya, namun juga mampu membagi waktu dengan berorganisasi. Salah satu alasan untuk berorganisasi adalah mencari dan memiliki koneksi yang luas dan beragam. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan startup. Di sisi lain, para pemimpin startup perlu menginspirasi orang dan memberi mereka alasan untuk mengikutinya melalui jalan tertentu.

5. Disiplin

Disiplin memang hal yang harus dilakukan dalam segala hal. Disiplin dimulai dari diri sendiri dan merupakan tonggak menuju kesuksesan. Tanpa sebuah kedisiplinan, startup tidak akan berhasil. Disiplin dari dalam diri sendiri akan menumbuhkan etos kerja yang positif. Dari situlah semua kreatifitas dan kesuksesan bisa dimunculkan. Hal ini penting ditumbuhkan untuk menciptakan kesuksesan bersama.

6. Tekad

Tekad yang kuat selalu diperlukan untuk menuju kesuksesan. Sebuah startup yang sukses, akan menekankan pentingnya penentuan ketika membangun sebuah bisnis dan tidak pernah berhenti untuk mencoba, terutama ketika menemui jalan berbatu dan dirasa sulit. Akan ada banyak tantangan yang akan muncul, dan startup membutuhkan tekad untuk mengatasi dan menghadapi tantangan – tantangan tersebut.

7. Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan

Perubahan dalam segala hal akan terus bermunculan, salah satunya dibidang teknologi. Startup yang baik akan selalu sedia untuk beradaptasi dengan teknologi baru. Mampu Beradaptasi dengan perubahan, akan membawa kita menemukan terobosan – terobosan baru untuk bisnis kita. Untuk tahun – tahun pertama, sebuah bisnis startup akan mengalami banyak perubahan untuk bisa beradaptasi dengan situasi saat ini. Hingga mampu menemukan rahasia yang membuatnya mampu bertahan dan mengembangkan prestasi yang dimiliki.

8. Keterampilan dalam penggalangan dana

Arus pendanaan adalah garis darah sebuah bisnis startup. Ini berarti sebuah bisnis dapat saja berhenti dan hancur, jika modal sudah tidak lagi memadai. Sebuah startup yang sukses adalah mereka yang memiliki modal cukup untuk menjalankan operasi bisnis mereka. Tugas utama dari pemimpin startup adalah untuk dapat meningkatkan modal yang dibutuhkan. Cara yang baik untuk mengumpulkan uang salah satunya melalui online, yakni melalui ekuitas atau melalui sebuah investasi khusus startup, seperti di rockthepost.com.

9. Keyakinan teguh

Keberhasilan setiap bisnis salah satu faktornya adalah keberanian dalam mengambil dan menghadapi setiap resiko, begitupula bagi sebuah startup. Seperti yang banyak orang katakan, investasi yang paling menguntungkan biasanya memerlukan sejumlah resiko yang tinggi. Namun, keputusan tersebut harus memiliki konsep yang baik. Hal ini untuk menghindari banyaknya resiko yang mungkin terjadi. Startup harus memiliki sebuah keyakinan terhadap kemampuan mereka untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, dan menghadapi resiko dengan baik pula.

10. Management waktu

Bagi sebuah bisnis startup waktu adalah hal yang sangat diperhatikan. Keberhasilan perusahaan bergantung pada produktivitas dan efektivitas tim untuk melakukan lebih banyak hal dalam waktu yang minim. Anda bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu, namun alangkah baiknya jika Anda juga memperhatikan prioritas apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis startup tersebut.

11. Eksekusi

Dan yang terkahir adalah eksekusi. Sebuah bisnis startup tentunya memiliki banyak ide – ide yang kreatif. Sekitar 98% dari kesuksesan sebuah bisnis startup adalah dari eksekusi ide yang ada. Pengalaman dari tim sangat penting sebagai latar belakang mereka mengeksekusi ide – ide yang bermunculan. Startup yang sukses selalu mencari kesempatan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dengan ide – ide yang muncul, sekalipun itu ide yang terbilang tidak mungkin untuk dilakukan. Mereka akan belajar dari setiap kesalahan yang mereka lakukan dan memperbaikinya secepat mereka belajar untuk mencapai kesuksesan.

Good Luck :-)

Sumber : Forbes.com
Loading...

  • 4
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *