Running A Business

12 Alasan Digital Marketing Penting untuk Membesarkan Bisnis

 
  • 41
    Shares

   

Dibalik terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika, terdapat geliat-geliat UKM Indonesia yang terus melakukan berbagai cara untuk membesarkan dan melebarkan bisnis mereka. Jumlah UKM di Indonesia sendiri jumlahnya terus bertambah. Menurut data BPS tahun 2015, jumlah UKM sudah mendekati angka 99.98% atau sekitar 55 juta UKM dari total unit usaha yang ada di Indonesia. Akan tetapi dari total angka fantastis itu, hanya sebesar 0.14% saja yang sudah Go-Online.

Sisanya?

Dengan berkembangnya teknologi dan pertumbuhan persaingan antara UKM, bisnis kecil dan besar saat ini mulai berlomba-lomba melakukan berbagai cara untuk tetap bertahan. Di era digital seperti saat ini seorang pebisnis memerlukan teknik digital marketing untuk tetap bertahan dalam bisnis saat ini, berkompetisi dengan para kompetitor dan juga untuk membesarkan bisnis.

 

Saat ini Anda pasti bertanya-tanya, kenapa harus digital marketing yah? Apakah benar digital marketing memang efektif untuk membantu bisnis saya nanti? Tak perlu risau tak perlu gundah akan hal tersebut, ke-12 alasan inilah yang akan menjawab dan membuat kita bergumam, inilah yang benar-benar kita perlukan saat ini.

1. Dilakukan secara online

Digital marketing menyediakan kesempatan untuk bisnis skala kecil dan menengah untuk bebas bersaing mendapatkan traffict yang sudah di targetkan. Saat ini bisnis kecilpun sudah berkembang dengan menyediakan resource untuk membantu proses sales dan marketing.

2. Lebih hemat dibandingkan Tradisional Marketing

Biasanya bisnis skala kecil hanya memiliki sedikit resource. Inilah mengapa digital marketing yang mampu menyediakan chanel marketing yang lebih baik dan dengan biaya yang lebih sedikit.

unnamed

Sumber: HubSpot

Dari data tersebut, bisa terlihat yang memiliki peluang besar untuk saat ini dalam cahnnel marketing adalah sosmed dan email marketing. Email marketing, menarik untuk dicoba pada bisnis Anda bukan? Nah untuk email marketing sendiri, ada strategi khusus agar pelanggan yang menerima mau membuka email Anda.

Caranya? Dengan copywriting.

 

Sebanyak 40% mengaku mendapatkan penghematan yang cukup besar ketika menggunakan digital marketing untuk mempromosikan produk dan servisnya. Selain itu, sebanyak 28% dari pebisnis yang disurvey oleh Gartner Digital Marketing mengatakan akan menggeser alokasi budget marketing dari media tradisional lalu menginvestasikannya ke alat dan teknik digital marketing.

3. Memberikan konversi

Suatu marketing bisnis online dapat di ukur kesuksesannya dengan cara dihitung persentase dari traffict yang dapat di konversikan menjadi lead magnet, subsciber dan sale. Digital marketers, yakni yang melakukan digital marketing, memiliki prioritas tersendiri yakni optimasi dari konversi, content marketing, sosial media dan brand itu sendiri.

4. Membantu menghasilkan pendapatan yang lebih baik

Tingginya tingkat konversi dapat dihasilkan dari teknik digital marketing yang efektif.  Menurut data Google, perusahaan yang menggunakan strategi digital marketing memiliki ekspektasi pertumbuhan pendapatan 2.8 kali lebih baik. Dan bagi bisnis skala kecil dan medium yang menggunakan teknik digital marketing memiliki peluang membesarkan bisnisnya 3.3 kali lebih baik.

5. Memfasilitasi interaksi dengan target audiences

Dengan berinteraksi dengan para pelanggan, Anda akan mendapat masukan dan mengerti apa yang target market Anda inginkan. Banyak benefitnya jika Anda berhasil mengetahui itu semua, yakni

  • Marketing menjadi efektif dan efisien
  • Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan retensi pelangggan
  • Meningkatkan cross-sell dan upsell

6. Melayani konsumen mobile

Mobile saat ini telah menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu, khususnya setelah mobile menjadi alternatif ketika tidak bisa membuka laptop atau PC. Saat ini sebanyak 91% orang selalu memegang mobile mereka kemanapun pergi.

7. Membangun reputasi brand

Anda sebagai pebisnis harus memberikan apa yang Anda janjikan pada pelanggan. Hal ini membantu membuat hubungan dengan target audience menjadi lebih baik. Jadikan pelanggan Anda yang loyal menjadi brand ambassador gratis Anda. :D

8. Memberikan ROI yang lebih baik untuk investasi marketing

Kunci sukses dalam digital marketing adalah untuk membuat traffict menjadi penjualan dan leads. Semakin banyak Anda membuat traffict seperti ini, semakin cepat Anda dapat menyadari ROI bisnis Anda.

9. Mendapatkan kepercayaan orang

Digital marketing berpengaruh pada sosial media dan testimonial dari pelanggan yang sebelumnya membeli produk atau servis. Survey yang diadakan Nielsen Global Online Consumer Survey menyebutkan bahwa sebanyak 90% responden mengklaim bahwa mereka percaya akan informasi tentang brand, produk atau servis jika teman atau kolega yang memberitahukan.

10. Membujuk orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan

Digital marketer dapat membuat cara yang pintar dan inovatif untuk menarik konversi menggunakan calls to action (CTA). CTA sendiri bisa berupa sign up, like, download, call ataupun buy. Semakin baik CTA yang Anda berikan, semakin banyak pula orang yang akan terjaring untuk mengambil action dan akhirnya akan menguntungkan Anda.

11. Membuat Anda siap untuk internet

Bertahannya bisnis Anda di era serba internet saat ini menandakan bahwa terjadinya koneksi antara Anda dan pelanggan Anda. Internet disini merupakan sebuah jendela penghubung sehingga Anda dan pelanggan Anda dapat berkomunikasi dengan baik.

12. Memastikan bisnis online bertahan

Anda perlu memastikan satu hal yakni, koneversi. Bayangkan jika website Anda memiliki banyak visitor tetapi tidak satupun dari mereka yang pernah mengkonversi, maka bisnis online Anda tidak akan berjalan karena tidak ada yang membeli, dan pada akhirnya Anda harus menutup toko online Anda tersebut.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Setelah melihat data diatas, selanjutnya Anda jangan hanya terfikir untuk menerima data-data tersebut begitu saja. Tidakkah semangat Anda berkobar-kobar untuk mempelajari digital marketing? Pelajari banyak hal dari pebisnis sukses lainnya dengan mendownload Ebook gratis The Bilionaires Blueprint sekarang juga dan dapatkan rahasia pebisnis beromset milyaran dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya.

Lihat bagaimana melalui data dan digital marketing, mampu mengubah bisnis Anda :)

 

                           
  • 41
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *