Leadership

15 Karakter Luar Biasa yang Harus Dimiliki oleh Sebuah Tim Kerja

 
  • 4
    Shares

Loading...

Dimanapun kita bekerja, kita pasti akan memiliki atau menjadi bagian dari sebuah tim kerja. Selain memiliki tugas yang memang harus kita selesaikan secara individu, namun ada juga tugas yang tidak bisa kita kerjakan dengan kemampuan dan kecerdasan kita sendiri. Tim adalah tantangan bagi kita bekerja dengan banyak orang lain, dengan karakter yang berbeda, pemikiran yang tidak sama dan juga cara kerja yang mungkin sangat bertolak belakang, namun tetap dengan 1 tujuan dan 1 hasil kerja.

Seringkali dalam sebuah tim, kita akan masuk dalam situasi yang membuat kita saling menyalahkan dan bahkan saling menjatuhkan. Tapi bagaimanapun kekompakan dan juga kerjasama dalam menggapai target yang ditentukan harus selalu dimiliki. Dengan banyaknya pemikiran yang berbeda, berikut ini adalah 15 karakteristik luar biasa yang memang harus dimiliki oleh sebuah tim. Tentu saja ini akan membantu kita dalam mengelola diri sendiri saat nanti masuk ke dalam sebuah tim.

1. Visi yang sama

Individu membutuhkan visi agar bisa berkembang, dan tim yang baik harus memiliki visi yang sama dan juga tujuan yang sama. Jika dalam sebuah tim tidak dapat menyamakan visi dan tujuan mereka, bekerja sebaik apapun tidak akan mendapatkan hasil yang benar-benar diinginkan. Setiap anggota tim harus sadar dengan visi yang diemban bersama, sehingga cara kerja yang berbeda sekalipun tidak akan mempengaruhi tujuan dari pencapaian kerja mereka.

2. Saling mendukung

Sebuah tim yang saling memberi dukungan satu dengan yang lain akan membuat aktivitas mereka berjalan dengan lancar. Anggota tim tidak segan menawarkan bantuan kepada rekan mereka, dan juga saling memberikan dukungan dan semangat dikala merasa lelah dan ingin menyerah. Setiap anggota tim berfungsi bukan hanya menyelesaikan tugas mereka, tapi juga saling menguatkan agar tim tersebut bisa tetap solid.

3. Saling menghormati

Anggota tim bisnis yang besar tahu bahwa mereka harus sadar akan perasaan orang lain. Saling memberi perhatian dan menghormati sesama akan memperkuat hubungan sesama anggota tim. Masing-masing dari mereka akan merasa dihargai sebagai anggota tim. Sehingga bukan hanya terlihat penting saat dibutuhkan, namun juga pada saat-saat tidak dibutuhkan sekalipun. Saling menghormati juga akan memicu solidaritas antar anggota tim.

4. Berkomunikasi dengan baik

Tidak ada hubungan yang tidak bisa bertahan dan berkembang tanpa adanya komunikasi yang efektif. Ini jugalah yang dibutuhkan oleh sebuah tim kerja. Saling berbagi pengetahuan, pengalaman akan membuat komunikasi dalam tim semakin erat. Komunikasi yang baik akan memungkinkan setiap individu untuk memahami apa yang terjadi dengan bisnis ataupun lingkungan sekitar mereka. Komunikasi yang baik bukan hanya bisa ditunjukkan melalui komunikasi langsung, tapi juga bisa melalui email ataupun chating.

5. Berpandangan positif

Sebuah pandangan positif namun tetap realistik akan membantuk tim tetap menyadari apa yang mungkin mereka dapatkan dan lakukan. Sebuah tim yang baik tidak akan membiarkan kegagalan membawa mereka jatuh dan terpuruk. Justru sikap dan pikiran positif akan membantu mereka untuk kembali bangkit dan melakukan perubahan.

6. Saling mengenal dengan baik

Mana bisa sebuah tim bekerja dengan baik dan menjadi tim yang solid saat masing-masing diantara mereka tidak saling mengena? Profesionalisme sebuah tim akan semakin tinggi, jika mereka bisa bekerjasama dengan baik dan mengenal satu sama lain dengan baik. Suasana yang ramah akan mendorong lingkungan kerja yang lebih positif dan dapat membantu individu untuk berkolaborasi dengan lebih mudah.

7. Tidak ragu untuk saling memuji

Saling memuji dan mengakui kelebihan masing-masing anggota sangat berpengaruh terhadap semangat kerja para anggota tim. Mereka yang sudah mencapai target atau memberikan prestasi kepada tim dan perusahaan perlu untuk diberi apresiasi. Pencapaian mereka perlu mendapatkan penghargaan, agar setiap dari mereka tetap merasa dihargai atas usaha dan pencapaian kerja mereka.

8. Akuntabilitas

Setiap anggota tim memang memiliki tugas masing-masing, tapi tidak boleh dilupakan jika mereka juga memiliki 1 tugas yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Seringkali individu mengerjakan dan hanya mengingat tugas yang mereka miliki sendiri, tapi mereka harus mampu melihat diri mereka adalah sebagian dari tanggungjawab atas tugas bersama. Mereka harus berkomitmen untuk membuat dan menyelesaikan tugas secara bersama-sama dengan 1 tujuan besar.

9. Saling menghargai keanekaragaman

Memiliki tim yang besar tentu menyadarkan kita bahwa ada banyak pemikiran, sikap, karakter bahkan kecerdasan yang berbeda-beda. Keterampilan masing-masing anggota tim juga sangat beragam. Tidak jarang juga dari anggota tim ragu dengan keanekaragaman yang dimiliki oleh tim tersebut. Mereka ragu tidak dapat bekerja dengan banyaknya perbedaan yang ada. Namun keberagaman ini justru menciptakan lebih banyak kreativitas dan inovasi dalam proses dan hasil kerja anggota tim.

10. Berani mengambil resiko

Sebuah tim yang sukses tentu saja mau untuk mengambil resiko dan sudah mampu memperhitungkannya dengan baik. Mereka tidak takt untuk berbuat dan mengambil perubahan untuk terus berkembang. Sebuah tim bsnis yang besar justru akan terus bergerak dan tidak akan diam dan puas dengan apa yang dicapainya saat ini. Mereka justru akan lebih proaktif.

11. Sangat mudah beradaptasi

Meskipun setiap individu dalam tim memiliki peran mereka sendiri, tapi sebuah tim terbaik mampu membuat anggotanya bersedia dan mau untuk beradaptasi di tempat, lingkungan dan situasi yang baru. Bahkan mereka mau untuk mencoba mengerjakan dan mengambil sesuatu yang benar-benar baru dalam pekerjaan mereka. Anggota tim terbaik akan bertanggugjawab bukan hanya untuk tugas-tugas mereka sendiri, tapi untuk pencapaian keseluruhan tujuan dari tim tersebut.

12. Memiliki jiwa kepemimpinan

Sekalipun menjadi anggota, setiap anggota tim harus memiliki sikap kepemimpinan yang kuat. Seorang pemimpin yang baik bisa dengan segera mengetahui apa yang diharapkan oleh anggota tim, apa yang mereka kerjakan dan apa yang ingin mereka hasilkan. Pemimpin seperti ini tidak ragu untuk berbagi ilmu dan pengalaman, untuk tujuan yang sama yaitu membawa tim tersebut untuk mencapai keberhasilan.

13. Anggota yang aktif

Bukan hanya pemimpin aktif dan kuat yang harus dimiliki oleh sebuah tim besar, mereka juga harus memiliki anggota yang aktif dan bahkan proaktif. Sebuah tim yang sukses terdiri dari orang-orang yang akan mengambil peran aktif dalam segala hal di dalam tim mereka. Baik dari perencanaan, pelakasanaan hingga menjelaskan ide-ide yang ia miliki. Setiap anggota tim harus merasa nyaman dan berkomitmen untuk terus menciptakan solusi kreatif untuk masalah di tim mereka.

14. Saling percaya

Kebanyakan hubungan yang baik dan bertahan lama adalah hubungan yang dipenuhi dengan rasa saling percaya. Terlebih dalam sebuah bisnis ataupun tim. Sekalipun kita sendiri sadar bahwa kepercayaan tidak akan datang secara otomatis. Membutuhkan proses panjang dan sangat banyak untuk membangunnya. Namun kembali ini adalah tugas seorang pemimpin yang harus mampu menciptakan kepercayaan diantara diri anggota tim, baik terhadap pemimpin ataupun sesama anggota. Kepercayaan dapat terus tumbuh melalui ke dalam individunya.

15. Memiliki peran yang tetap

Dalam sebuah tim bisnis yang baik, setiap anggota tim memahami peran dan tanggungjawab mereka. Tanpa peran yang didefinisikan, setiap anggota tim menjadi kecewa dan bisa saja menjadi frustasi. Karena mereka tidak aakn memiliki otonomi atau pemahaman tugas yang harus mereka pertanggungjawabkan. Mereka harus tahu apa posisi mereka, tugas mereka dan kewajiban mereka. Dengan begitu mereka akan dengan mudah bekerja dan menyelesaikan tugas tim.

Nah, begitulah setidaknya sebuah tim bisa mencapai sukses dalam pekerjaan dan hubungan tim mereka. Mereka bukan hanya harus kompak, tapi juga harus saling menghargai, percaya dan juga bertanggungjawab. Setiap anggota tim harus diliputi rasa saling memiliki baik dalam pekerjaan ataupun dalam hubungan dengan sesama tim.

Lalu bagaimana dengan tim kerja kamu? Sudahkah memiliki semua karakter luar biasa ini?

Loading...

  • 4
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *