Leadership

15 Mental yang Mengasah Kekuatan Karakter Anda Sebagai Enterpreneur

 
  • 13
    Shares

   

Nah enterpreneur, kekuatan karakter memungkinkan kita untuk mengontrol diri sendiri dari perilaku sehari-hari yang mungkin destruktif untuk kita dan orang lain di sekitar kita. Maka bagi anda yang sedang dalam tahap introspeksi, berikut adalah 15 mental yang harus anda persiapkan untuk menjadi pribadi berkarakter yang kuat. Apa saja?

1. Empati

Empati bisa diartikan sebagai menganggap orang lain seperti diri sendiri sehingga kalau mereka sedang kesulitan, maka kita akan membantu mereka karena kita tahu suatu saat kita akan di posisi mereka. Meski mungkin seiring perjalanan hidup, kita sadar bahwa kita tidak mungkin menyenangkan semua orang, namun empati yang tinggi akan membuat kita mampu memahami kesedihan mereka.

2. Logika

Dahulukanlah logika dibandingkan emosi. Orang berkarakter kuat memikirkan apa alasan terjadi sebuah kesalahan dengan otak. Mereka menyelesaikannya dengan solusi, bukan dengan menunjuk pelaku kesalahan.

3. Optimis

Si pesimis selalu mengeluh ketika apa yang diinginkannya tidak akan tercapai. Sedangkan si optimis mengubah cara pandang mereka terhadap sebuah rencana yang meleset sebagai alternatif baru dengan kemungkinan hasil akhir yang tak terbatas. Anda boleh pilih yang mana.

4. Kontrol Nafsu

Aristoteles dan Aquinas menganggap bahwa ada tujuh nafsu manusia: cinta dan kebencian, keinginan dan ketakutan, kegembiraan dan kesedihan, dan kemarahan. Nafsu-nafsu tersebut apabila berlebihan, dapat menuntun akal untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak benar.

5. Apresiatif

Hargailah nilai nilai yang telah anda buat sendiri dan yang telah anda miliki. Bayangkanlah kalau rumput di tanah lain lebih kering dari rumput anda sekarang. Lebih baik, kini anda fokus dengan kehidupan anda.

6. Berani Ambil Resiko

Ketika anda menghindari sebuah masalah, maka anda melewatkan hasil penyelesaian, dan juga proses mendapatkan hasil tersebut. Anda menghindari pembelajaran. Maka, beranilah untuk memberikan kontribusi terbaik anda lebih dari 100%.

7. Jangan Memaksakan Kehendak

Setiap orang memiliki bintangnya sendiri sendiri. Jangan memaksakan kehendak orang lain pada anda maupun kehendak anda ke mereka. Apa yang dipikirkan orang lain bisa sangat berbeda dengan pikiran anda. Maka anda harus memperbaiki bagaimana cara menyampaikan kritik.

8. Mengendalikan Perasaan

Jika anda masuk ke dalam lingkungan yang tidak menganggap anda, dapatkah anda merasa nyaman? Mungkin tidak. Tetapi anda dapat belajar untuk mengendalikan dorongan sesaat anda untuk melarikan diri. Yaitu dengan mempertajam akal sehat yang akan mengatakan bahwa apa yang anda rasakan hanya perasaan irasional yang tersambung dengan emosi.

9. Cari Jalan Tengah

Kemampuan untuk mencari jalan tengah adalah tanda dari karakter yang kuat menahan tekanan ekstrim dari berbagai pihak. Karena banyak sekali mereka yang cenderung mengorbankan sebagian pihak untuk dapat menjalan suatu misi padahal kekurangan anggota bukanlah hal yang baik untuk team anda.

10. Stay Calm

Yaitu ketenangan yang dapat membuat anda berkonsentrasi kembali pada pemikiran anda. Jika tidak tenang, maka gairah dengan mudah berubah menjadi terlalu panas dan menjadi keinginan kuat yang mengganggu akal sehat. Ketenangan adalah bagaimana anda mengekspresikan sesuatu dengan tepat.

11. Nasib

Setiap individu berhak untuk mengembangkan diri mereka sendiri. Nasib baik adalah sesuatu yang anda raih dengan usaha dan kerja keras.

12. Tahan Banting

Sukses bukanlah sebuah tujuan, tetapi sukses merupakan proses kemajuan. Seorang individu dengan karakter yang kuat tidak akan berhenti jika terdapat rintangan, tetapi akan bertahan hingga akhir dan mengatasi rintangan tersebut.

13. Hadapi Ketakutan Anda

Ketakutan merupakan sesuatu yang menghalangi anda untuk melewati sebuah jalur. Padahal di ujung jalur tersebut terdapat goal akhir anda. Namun seringkali goal akhir ini tidak terlihat. Sehingga anda cenderung menghindari sebuah jalan yang terjal.

14. Kehati – hatian

Bisnis merupakan usaha yang jika berhasil, akan membuat anda menjadi sukses. Tetapi jika anda melakukan bisnis dengan melihat tujuan akhir saja tanpa menikmati prosesnya, anda mungkin tidak akan sampai ke tujuan akhirnya. Atau jika anda sudah sampai, mungkin anda tidak akan singgah lama jika anda tidak berkemauan untuk berubah.

15. Jujur pada Perkara Kecil

Jika anda bisa berperilaku jujur pada setiap aktivitas anda, maka anda mungkin akan terbantu meskipun tanpa disadari. Seringkali serangan datang, namun jika anda terbiasa untuk jujur, maka anda menanamkan reflek positif yang di kemudian hari akan membantu anda.


  • 13
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *