Start A Business

15 Nama Paling Berjasa Membentuk Dunia Internet

 

   

Internet telah merubah kebiasaan orang dalam membaca berita, berbelanja, belajar, bahkan merubah cara seseorang dalam melakukan pekerjaan. Internet mampu membuka peluang bisnis dan pekerjaan baru bagi dunia. Kini dunia bergerak dengan teknologi Internet sebagai porosnya. Jauh sebelum itu, ada beberapa nama yang berjasa mempopulerkannya. Sebagai pengguna yang baik, anda harus mengenal mereka.

 

Vint Cerf Dan Bob Kahn – Bapak Internet

Merekalah yang menciptakan TCP/IP, sebuah bahasa yang digunakan komputer untuk berbicara satu sama lain dalam suatu jaringan. karena ciptaan mereka, dunia mengenal internet dan bisa berbagi informasi. Kita mampu memangkas jarak kita dari tempat manapun didunia ini, asalkan terhubung melalui internet.

 

Tim Berners Less – Penemu WWW

www adalah singkatan dari World Wide Web, dialah yang menulis halaman Web pertama dan server pertama. Dialah yang bertanggungjawab atas milyaran profesi web desainer, developer, dan programmer yang ada di dunia. Tidak sekedar menemukan cara berkomunikasi dalam dunia internet, dia juga tetap mempertahankan standar untuk web dan terus menyempurnakan desain temuannya sebagai direktur dari World Wide Web Consortium (W3C).

 

Ray Tomlinson – Bapak Email

Coba anda bayangkan jika tidak ada email di dunia ini. Berapa banyak kertas yang akan menumpuk di kantor anda dan berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk sekedar mengirimkan informasi kepada pelanggan anda? Dengan temuannya, saat ini kita tidak perlu menunggu lama untuk mengirimkan informasi kepada pelanggan kita yang ada di luar benua sekalipun. Hanya dalam hitungan detik pula.

 

Michael Hart – Penemu eBook

Dengan karyanya, seseorang yang buta aksara akhirnya bisa mulai belajar membaca buku. Dia menciptakan proyek Gutenberg yang dianggap sebagai perpustakaan elektronik pertama di dunia yang mampu mengubah cara kita membaca.

 

Jarkko Oikarinen – IRC

Chatting adalah sebuah kegiatan percakapan real time menggunakan jalur internet. Jarkko Oikarinen adalah pengembang dari IRC sebagai alat online chatting. IRC mulai tenar saat Irak menginvasi Kuwait. Saat itu sinyal radio dan TV diblokir pada tahun 1991. Berkat IRC, jalur informasi baru telah berhasil mengirimkan hal-hal penting meskipun radio dan TV diblokir.

 

Robert Tappan Morris – Pencipta Virus Worm Pertama

Virus Worm adalah teknik yang cukup unik jika dibandingkan dengan tehnik hacking konvensional, sebab worm dapat bekerja sendiri sesuai dengan kode perintah yang ditulis oleh programmernya. Ciptaan pertamanya secara tidak sengaja telah berhasil menyebabkan kerugian ribuan dolan dan hilangnya produktivitas ketika pertama dirilis pada tahun 80an. Namun jika tanpa kehadiran sebuah musuh untuk dibasmi, internet akan terasa membosankan.

 

Larry Page dan Sergey Brin – Google

Temuan ini mengatur cara kita mencari sebuah informasi di internet. Google saat ini menjadi halaman nomor 1 yang paling sering dikunjungi. Bahkan beberapa pemula pengguna internet menganggap bahwa internet adalah Google, dan Google adalah internet.

 

Bill Gates – Microsoft

Mendirikan perusahaan perangkat lunak bernama Microsoft membuat Bill Gates menjadi populer. Sebab produk yang dihasilkan, yakni Microsoft bisa dibilang sebagai nomer satu di kelasnya. Dengan Windows sebagai operating system dan Office sebagai program perkantoran, Bill Gates benar-benar merubah cara seseorang dalam melakukan pekerjaan seperti menulis surat, membuat laporan, dan lain-lain.

 

Steve Jobs – Apple

Jika Bill Gates pantas berada di dalam daftar ini, maka Steve Jobs juga sama. Apple dan Steve Jobs sering disebut-sebut sebagai sesuatu yang jenius, kreatif dan penuh inovasi. Mereka menemukan alternatif menggabungkan cara kita bekerja, bermain dan berkomunikasi.

 

Peter Thiel – Paypal

Media pembayaran Online paling terkemuka di dunia ini menjadi sesuatu yang berperan penting dalam bisnis online dan perkembangannya. Paypal telah merubah cara kita melakukan pembayaran dari tagihan yang kita terima, tidak perlu melakukan transfer antar bank di benua yang berbeda yang biasanya memakan waktu yang cukup lama. Dengan Paypal, semua bisa terbayar dalam waktu yang jauh lebih cepat, bahkan lebih cepat jika dibandingkan dengan waktu yang anda habiskan untuk membaca artikel ini.

 

Pierre Morad Omidyar – eBay

Bicara soal internet pasti erat kaitannya dengan bisnis yang terbentuk didalamnya. Termasuk jual beli secara online. Pierre Morad Omidyar adalah inovator pasar online populer pertama. Omidyar berpendapat bahwa sampah seseorang bisa menjadi harta karun bagi orang lain, hal inilah yang melatarbelakangi pembentukan eBay.

 

Jimmy Wales – Wikipedia

Di bidang pengetahuan, wikipedia sangat populer dan sering menjadi referensi umum dalam pembelajaran. Wikipedia menjadi ensiklopedi terbesar di internet.

Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim – Youtube

3 orang yang telah berhasil membuat situs portal berbagai video yang dapat diupload oleh semua penggunanya. Dan saat ini, referensi sebuah video apapun masih menggunakan youtube sebagai website terpercaya untuk hosting videonya. Youtube telah berhasil menetapkan cara kita dalam berbagi video melalui internet.

 

Jonathan Abrams – Friendster

Media sosial yang meledak pertama kali di dunia online adalah Friendster. Anda dapat berkomunikasi, mengirimkan pesan, gambar, video, dan berkenalan dengan orang lain melalui profile page dari friendster mereka. Sejak saat itulah cara seseorang dalam mencari teman atau menghubungi temannya telah berubah dari dunia nyata menjadi dunia maya (online).

 

Mark Zuckerberg – Facebook

Facebook saat ini menjadi media sosial yang paling populer. Hampir setiap pengguna internet punya Facebook. Bahkan sampai di titik di mana mereka kenal Facebook, namun tidak kenal internet. Terobosan baru yang ditawarkan lebih inovatif jika dibandingkan dengna pendahulunya (Friendster). Pengguna dapat membuat group, chatting, hingga bermain game bersama teman atau orang lain bersama-sama. Facebook saat ini telah menjadi “rumah” bagi pengguna internet aktif.

                              
Loading...

Artikel Terkait

1 komentar

  • 20 February 2014 - pukul 7:38

    Internet telah merubah kebiasaan orang dalam membaca berita, berbelanja, belajar, bahkan merubah cara seseorang dalam melakukan pekerjaan. Internet mampu membuka peluang bisnis dan pekerjaan baru bagi dunia.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *