Running A Business

20 Strategi Poweful Meningkatkan List Email Bisni Anda

 
  • 2
    Shares

Tahukah Anda apa yang membuat sebuah bisnis bisa memiliki ribuan pelanggan baru setiap harinya?

Saya yakin, sebagai salah satu pebisnis yang sukses Anda tentu ingin terus mengembangkan bisnis Anda. Termasuk dalam mendapatkan puluhan bahkan ratusan pelanggan baru setiap harinya. Ya, pelanggan menjadi salah satu nyawa dari sebuah bisnis, termasuk bisnis Anda.

Salah satu media yang bisa digunakan sebuah bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru setiap harinya adalah email. Kenapa email? Sebab, melalui email kita bisa berkomunikasi secara tidak langsung dengan calon pelanggan kita. Menarik perhatian dan minat mereka, sampai membuat mereka datang dan menjadi pelanggan kita. Sejak dulu hingga nanti, email marketing akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat daripada media pemasaran lainnya. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda.

Namun percayakah Anda, bahwa mendapatkan nama, alamat email dan juga nomor telepon calon pelanggan bukanlah hal yang mudah? Sebab, tidak sembarang orang mau membagikan data pribadi mereka terlebih di internet. Tapi tenang saja, dengan sedikit trik dan strategi marketing, Anda bisa mendapatkan list email lebih banyak lagi untuk bisnis Anda.

Anda tidak percaya? Gunakan cara berikut ini:

1. Buatlah landing page

Landing page dinilai sangat efektif untuk menyampaikan sedikit informasi penting kepada pelanggan dan “mengorek” data calon pelanggan baru kita. Percayakah Anda menurut sebuah survey, 56% pengunjung akan diarahkan ke landing page, bukan halaman utama website bisnis.

2. Gunakan konten penawaran pada Opt In

71% marketer menggunakan konten marketing untuk menarik minat mereka untuk datang dan membaca. Melalui konten ini, kita bisa menyampaikan solusi apa yang bisa kita berikan kepada masalah yang sering mereka hadapi. Tentu tidak bertujuan menjual sesuatu. Hanya berbagi informasi akan membuat orang dengan senang hati memberikan informasi mereka.

3. Tambahkan form Opt In di website Anda

Setelah membuat konten marketing untuk menarik minat pengunjung memberikan informasi mereka, sekarang tambahkan form di website yang Anda miliki. Hanya nama dan alamat email bisa membuat Anda mendapatkan pelanggan baru. Banyak studi kasus yang menunjukkan bahwa menggunakan form seperti HelloBar dapat meningkatkan konversi bisnis Anda menjadi 200-500%.

4. Jangan lupakan CTA

Tanpa ada komponen yang satu ini, semenarik apapun konten yang Anda ciptakan tentu tidak membuat mereka memberikan informasinya. CTA atau Call To Action adalah sebuah menu yang harus selalu ada ketika Anda ingin pengunjung website melakukan sesuatu yang Anda inginkan. 47% dari website bisnis memiliki CTA yang jelas. Kita hanya meminta 3 bahkan kurang dari itu agar pengunjung menekannya dan mengarah ke halaman konversi yang lebih jauh lagi.

5. Gunakan tombol share sosial media

Sampai saat ini, tombol share sosial media harus selalu ada dimanapun. Di website, blog, bahkan landing page dan email. Tanpa ini, tentu akan sulit bagi mereka untuk membagikan konten kita. Apalagi ketika kita memiliki konten yang sangat menarik minat mereka. Bahkan ulasan atau share yang diberikan pengunjung website Anda 12 kali jauh lebih efektif ketimbang penjelasan Anda yang sangat panjang. Ini membuktikan bahwa rekomendasi pengunjung website sangat mendorong meningkatkan konversi bisnis.

6. Dapatkan email dari toko Anda

Untuk mendapatkan leads sebanyak-banyaknya, jangan hanya mengandalkan fungsi dari toko online Anda saja. Cobalah meminta data berupa nama, email atau nomor telepon pada pelanggan yang datang atau mengunjungi toko fisik Anda. Tentu saja dengan memberikan tawaran special email kepada mereka.

7. Gunakan fitur video Explainer

Pernahkah Anda terpikir bahwa menggunakan video di dalam landing page dapat meningkatkan kovnersi sebesar 86%. Karena mereka akan mengunjungi halaman kita lebih lama. Ini pun memberikan mereka waktu untuk menjelajahi konten kita yang lain.

8. Tidak ada salah mengupdrade content website Anda

Dengan meningkatkan postingan blog, tentu akan membantu peningkatkan konversi bsinis lebih dari 700%. Apalagi ketika konten marketing sesuai dengan postingan blog. Misalnya saja tips menjaga keamanan dan meningkatkan kecepatan WordPress.

9. Dapatkan feed back dari pelanggan

Gunakan aplikasi seperti Qualaroo untuk meminta feed back pelanggan di website Anda. Sebuah pertanyaan dapat membuat pengunjung merasa diperhatikan dan tentu saja akan memberikan peluang sebesar 500% untuk meningkatkan konversi Anda.

10. Ciptakan CTA di dalam video

Jika selama ini video Anda hanya berisi gambar, suara dan teks yang digabung menjadi satu. Kini coba gunakan Wistia, untuk memberikan CTA di dalam video Anda. Wistia, sebuah layanan video seperti Youtube akan membantu Anda untuk mengorek email pengunjung atau viewer video Anda.

11. Visualisasikan traffic website Anda

Ketika Anda ingin meningkatkan usaha mendapatkan konversi yang lebih banyak lagi. Cobalah untuk memvisualisasikan traffic website dan aktivitas website sebelum ini.

12. Bangun penilaian di dalam pikiran pembaca

Tanpa adanya nilai di dalam konten yang kita berikan, jangankan membaca, memberikan data kepada kita mereka akan ragu. Cobalah buat artikel atau konten marketing yang bukan sekedar menarik dan menjual tapi juga bernilai.

13. Bagikan ebook atau newsletter

Jika sudah begitu, berikan pembaca pilihan untuk mendownload postingan Anda dalam bentuk PDF. Dengan begitu Anda akan memiliki data dari mereka yang mendownload PDF atau newsletter Anda.

14. Dapatkan pula comment dari pengunjung

Selain melalui feed back, download ebook dan newsletter, comment adalah salah satu media yang cocok untuk Anda jadikan leads magnet bagi bisnis Anda. Memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk memberikan komentarnya, dan dengan begitu kita pun akan mendapatkan data mereka.

15. Gunakan tombol exit untuk meningkatkan konversi

Pop up yang ada di website kita memang efektif dalam meningkatkan konversi. Salah satu cara agar kita mendapatkan lebih banyak leads. Coba gunakan exit pop up di website. Sehingga siapapun yang akan keluar dari website kita harus mengisi atau memberikan data mereka kepada kita.

16. Buatlah sebuah kontes sederhana

Pernahkah Anda membuat sebuah kontes? Jika pernah, tentu Anda memiliki data peserta bukan? Nah, kenapa kini tidak diaplikasikan untuk bisnis Anda? WooBox akan membantu Anda menciptakan kontes foto atau video di media sosial. Dan tentu saja kontes ini membutuhkan email masuk peserta. Selain peserta bisa ikut kontes tersebut dan mendapatkan hadiah yang Anda janjikan, Anda pun akan mendapatkan data penting mereka.

17. Tapi tetap perhatikan kecepatan akses website

Percayakah Anda 1 detik delay di website Anda, akan mengurangi 7% konversi untuk bisnis Anda. Bisa dibayangkan bukan jika website Anda sangat lambat apa jadinya mereka yang datang kemudian enggan kembali lagi? Itu sebabnya, Anda harus menemukan sebuah alat yang dapat membuat website Anda menjadi lebih cepat. Seperti Web Accelerator yang dapat membuat website Anda menjadi website super cepat. Tidak percaya?

18. Lakukan pengujian A/B

Ketika Anda melakukan upaya pemasaran untuk bisnis, jangan hanya memiliki satu rencana. Gunakan beberapa rencana untuk membandingkan mana yang paling efektif dan berhasil meningkatkan jumlah konversi bisnis Anda.

19. Gunakan slideshare sebagai media yang menarik

Dengan lebih dari 50 juta pengunjung setiap bulannya, maka kesempatan Anda untuk mendapatkan pengunjung dan pelanggan yang lebih banyak bisa Anda miliki. Gunakan konten yang Anda bagikan di slideshare untuk mendapatkan list email sebanyak mungkin.

20. Twitter pun masih menjadi favorit

Gunakan pula platform iklan di Twitter. Dengan membuat satu kali klik opt dalam iklan yang Anda buat, Anda bisa menghasilkan pelanggan baru dengan proses yang cepat dan sederhana.

Dengan 20 cara di atas bersiaplah untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Sebab kini Anda jauh lebih mudah mendapatkan leads untuk bisnis Anda. :)


  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *