Start A Business

3 Cara Bisnis Online Tanpa Modal Besar Untuk Pemula Dalam 3 Langkah

 

   

Ingin tahu cara bisnis online tanpa modal? Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pada saat ini sudah banyak orang yang mulai mengembangkan berbagai macam usaha dengan banting setir berbisnis jual beli online. Mereka menganggap bahwa dengan berbisnis online menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Hal ini karena mereka tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk menyewa lapak. Dengan menggunakan sistem online, Anda akan bisa berbisnis dengan cara mudah dan murah bahkan tanpa harus mengeluarkan modal.

Bisnis online bisa dilakukan oleh siapapun baik pebisnis besar maupun pemula. Namun jika Anda adalah seorang pemula dalam bisnis online, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini, yaitu:

1. Memutuskan hal apa saja yang ingin Anda jual dalam usaha bisnis yang Anda jalani

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika Anda memutuskan untuk berbisnis online adalah menentukan jenis produk apa yang ingin Anda jual. Anda dituntut untuk bisa mempertimbangkan secara matang mengenai barang apa yang kira – kira laku di pasaran pada saat itu. Jika Anda bisa membidik pasar dengan baik maka pastilah toko online Anda akan menjadi sukses dan besar. Oleh karena itu, strategi dalam membidik pasar sangat diperlukan .

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membidik pasar, yaitu :

  • Apakah Anda ingin menjual produk fisik yang bisa dikirim atau produk digital yang hanya bisa dikirim melukai via internet saja
  • Anda bisa menjual beberapa produk dalam toko Anda dalam satu toko. Atau jika tidak,  hanya menjual satu produk saja
  • Bagaimana cara produksi barang Anda apakah Anda menjadi seorang reseller atau membuatnya sendiri
  • Anda diwajibkan untuk selalu berusaha dengan efektif di dalam menyebarluaskan informasi mengenai produk dari toko online Anda. Hal ini perlu dilakukan supaya produk Anda bisa dikenal luas di masyarakat. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pendekatan dengan berbagai pihak dengan orang – orang yang bergerak di dalam bidang yang sama supaya masyarakat lebih bisa mengenal lebih dekat.

2. Kuasai niche market

Pada dasarnya, ceruk pasar (Niche market) adalah sebuah cara yang dilakukan di dalam pemilihan sebuah segmen pasar yang mana khusus menyediakan beberapa jenis barang yang bersifat sejenis. Tujuan dari penguasaan niche ini adalah untuk bisa mendapatkan kepuasaan dari para customers dan setelah itu bisa digunakan dengan tujuan lain dalam berbisnis. Selain itu akan membuat toko Anda punya karakteristik sendiri dibandingkan dengan toko – toko online yang lainya.

3. Membuat business plan

Meskipun pemula, Anda juga harus tetap membuat business plan. Dengan membuat rencana bisnis akan menjadikan bisnis online Anda lebih bisa berkembang dan tertata dengan bagus. Segala hal yang berhubungan dengan bisnis Anda harus direncanakan terlebih dahulu sebelum melangkah. Jika dirasa membuat business plan itu terlalu berat, Anda bisa menggunakan Business Model Canvas (BMC).

 

Cara berbisnis online tanpa modal

Pada dasarnya, saat ini banyak orang yang banting setir ke bisnis online yang mana dijadikan sebagai salah satu pekerjaan sampingan atau bahkan dijadikan sebagai pekerjaan utama. Ada beberapa inspirasi  bisnis online tanpa modal yang bisa Anda lakukan, yaitu sebagai berikut ini :

1. Youtuber

Youtuber saat ini menjadi salah satu peluang bisnis tanpa modal yang banyak diminati oleh semua kalangan. Bisnis ini dilakukan dengan cara menggunakan video dan merekam beberapa aktivitas atau tips dan pengarahan menarik tentang diri Anda atau sesuatu disekitar Anda. Ketika Anda menjadi youtuber, Anda tidak perlu mengeluarkan uang namun hanya bermodalkan smartphone dan komputer saja untuk mengedit semua video Anda. Bagaimana bisa menghasilkan uang? Caranya adalah semakin banyak orang yang menonton dan mengikuti channel YouTube Anda maka Anda akan dibayar oleh pihak YouTube. Selain itu, semakin viral video Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis online.

2. Reseller / dropship

Pastinya bagi sebagian besar para pelaku bisnis online sudah tidak asing lagi dengan istilah reseller / dropship, bukan? Reseller dropship merupakan salah satu jenis bisnis online tanpa modal yang saat ini sangat banyak dilakukan. Bagaimana caranya? Dan apa keuntungannya? Cara bisnis dengan metode reseller / dropship adalah dengan menjualkan produk dari suatu toko online. Jadi Anda tidak perlu keluar modal untuk membeli stok barang. Namun Anda cukup menjualkan saja barang toko lain. Selain itu, Anda juga tidak perlu capek – capek melakukan pengiriman barang karena semuanya akan dikirim oleh pihak toko online tempat Anda menjadi reseller.

3. Freelance penulis artikel

Jika Anda suka menulis, Anda bisa menyalurkan hobi Anda tersebut menjadi pundi – pundi rupiah dengan cara mengikuti freelance penulis artikel. Setiap harinya Anda akan menulis artikel yang mana biasanya berupa tips atau informasi mengenai sesuatu. Artikel Anda tersebut akan dimuat dalam blog atau akan dibeli oleh suatu perusahaan dan Anda akan mendapatkan uang. Gaji penulisan artikel ini biasanya ditentukan setiap per kata. Jika Anda berminat, saat ini sudah banyak agen yang membuka lowongan dalam pembuatan artikel. Selain itu, kamu gak perlu capek – capek ngantor namun cukup di rumah saja Anda sudah bisa mendapatkan pundi – pundi rupiah.

 

 

Nah itu tadi beberapa tips dan cara bisnis online tanpa modal bagi para pemula yang bisa Anda lakukan. Jika Anda berminat, segera cobalah berbisnis online tersebut. Hasilnya lumayan loh bisa buat ditabung dan memenuhi kebutuhan sehari – hari tanpa harus kerja dengan terikat waktu dan tidak harus ngantor tentunya.

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula Yang Terbukti Menghasilkan

6 Cara Dapat Uang Dari Internet Tanpa Harus Meninggalkan Rumah. Nomer 2 Yang Pal…

4 Kerja Sampingan Online Terpercaya dan Bisa Dikerjakan Di Rumah. Buktikan!

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *