Technology

3 Cara Mudah Membackup Website WordPress

 
  • 7
    Shares

Sebagai pengguna website pernahkah Anda mengalami kehilangan website Anda? Atau pernahkah Anda merasa takut website Anda tiba-tiba hilang? Merupakan suatu ketakutan tersendiri bila harus mengalami hal semacam ini. Yaa, kita sebagai pengguna wordpress memang harus berhati-hati dan menjaga website kita.

Bayangkan saja hacker bisa ada dimana-mana dan selalu ada peluang untuk menge-hack website kita. Jika sampai website hilang dan kita tidak punya backupnya maka satu-satunya cara hanya membuat ulang website. Banyak waktu dan tenaga yang akan dikorbankan jika sampai hal ini terjadi. Oleh karena itu, sebaik-baiknya kita menjaga website adalah dengan selalu mem-backup website. Berikut adalah 3 cara mudah mem-backup website yang dikemukakan oleh Freddy seorang web developer vistamedia dalam website wpexplorer.com.

1. Backup secara manual

WordPress terdiri dari subfolder seperti wp-content, wp-includes serta file berupa wp-config.php, tema dan plugin yang dibutuhkan oleh website wordpress. Folder wp-content sendiri berisi tema, plugin, cache, dan segala yang Anda upload. Data dalam wp-content ini tidak perlu Anda cemaskan karena daam wordpress admin area masih akan tetap ada. Sedangkan untuk wp-includes yang merupakan file inti wordpress lah yang tidak boleh hilang.

2. Backup WordPress via cPanel

Anda bisa membackup data wordpress Anda dengan mudah melalui cPanel. Lalu bagaimana caranya?

cPanel > File manager > wordpress directory > compress file > download > pilih lokasi dan simpan backup Anda.

3. Backing up dengan FTP

Katika Anda ingin menggunakan cara ini disarankan untuk menggunakan FileZilla karena mudah penggunaannya. Yang perlu dilakukan hanya login pada server, lokasi WordPress directory dan download file pada komputer.

Bagi beberapa orang yang sudah familiar dengan wordpress ke-3 cara diatas akan tergolong suatu hal yang mudah. Akan tetapi tidak bagi beberapa orang yang masih awam mengenai WordPress. Melakukan backup seperti ini mungkin merupakan kegiatan yang sedikit merepotkan, belum lagi masih dipusingkan mengenai konten website. Bagi Anda yang memang tidak ingin direpotkan mengenai maintenance website WordPress, ingin website aman dari serangan hacker dan hanya ingin berkonsentrasi pada konten website, saat ini telah hadir WordPress Hosting yang pertama di Indonesia.

Wordpress

Bayangkan saja, dengan menggunakan wordpress hosting, Anda tidak perlu lagi khawatir akan serangan hacker karena Beon yang akan selalu menjaga website Anda dan menyediakan backup rutin. Banyak pengguna WordPress cerdas yang telah beralih menggunakan WordPress Hosting Beon.

Lalu bagaimana dengan Anda? Segera daftarkan website WordPress Anda dengan WordPress Hosting Beon dan dapatkan kemudahan dalam pengelolaan kecepatan dan keamanan website.


  • 7
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *