Running A Business

3 Teknik Menulis Copywriting Kelas Dunia

 
  • 1
    Share

   

3 Teknik Menulis Copywriting Kelas Dunia – Website kelas dunia membuktikan bahwa teknik copywriting mereka tidak main-main. Bagaimana dengan di Indonesia? Anda pasti mengetahui dan sering menemukan bahwa banyak konten tidak bermutu setiap hari terpublish di internet. Bahkan jumlahnya pun jauh lebih besar daripada konten yang layak untuk dibaca.

 

Anda sebagai seorang entrepreneur tentu ingin memberikan layanan terbaik bagi konsumen Anda. Salah satunya adalah dengan tidak menjelali mereka dengan informasi yang tidak berguna. Bagaimana mensiasatinya? Penasaran? Teruskanlah membaca…

 

Siasat yang paling sering dipilih oleh entrepreneur adalah dengan menyewa jasa copywriter. Tapi apakah yakin kemampuan copywriting mereka sudah sesuai dengan ekspekstasi Anda? Atau justru, karena kurangnya keterampilan copywriter yang Anda sewa membuat konten yang dihasilkan terkesan abal-abal dan tidak membawa manfaat? Bisa celaka.

 

Anda sebagai pemilik usaha wajib memiliki standar dalam menentukan konten yang bisa dan tidak bisa Anda bagikan. Caranya sangat mudah. Anda akan kami berikan 3 syarat teknik copywriting standar website kelas dunia. Yuk simak…

 

  1. Riset!

Berkali-kali Anda dihadapkan pada keputusan sulit. Tentu membutuhkan pengalaman yang cukup untuk bisa memutuskan sebuah keputusan agar membawa manfaat bagi usaha Anda. Salah satu cara mempercepat proses belajar adalah dengan melakukan riset. Tanpa perlu harus gagal, Anda bisa mengurangi kemungkinannya dengan mengandalkan riset. Begitupun dengan copywriting. Riset di awal penentuan konten dan penulisan adalah hal wajib. Anda tentu tidak mau jika kemudian hari muncul protes mengenai konten yang Anda sebarkan. Untuk itu, demi kenyamanan Anda dan usaha Anda, lakukanlah riset sebelum melakukan copywriting. Riset akan membantu konten yang Anda buat terlihat lebih kredibel. Terlebih di zaman dengan kemajuan teknologi, pembaca konten Anda dapat dengan mudah mencari tahu kebenaran dari konten yang dipublikasikan. Riset bisa Anda lakukan dengan dua metode, riset lapangan ataupun riset literatur.

 

  1. Utamakan Konsumen

Anda pasti bosan jika bertemu dengan penjual yang hanya berfokus pada kelebihan produknya tanpa mau bertanya kebutuhan Anda. Pengalaman buruk seperti ini pasti tidak ingin Anda berikan ke konsumen usaha Anda. Copywriting adalah seni untuk merayu. Seni untuk menyampaikan pesan yang berujung pada tindakan khusus dari pembaca. Bagaimana mungkin kita mengharapkan sebuah tindakan akan terjadi jika kita tidak mengutamakan konsumen? Tetapi bagaimana cara menyampaikan keinginan ini kepada konsumen? Haruskah terlihat atau justru menggunakan bahasa yang tidak terkesan menjual? Copywriting kelas dunia selalu menggunakan kata ‘Anda’ dalam deskripsi produk dan jasa atau konten yang dibuat. Alasannya, mereka selalu mengutamakan kebutuhan konsumen. Mereka memposisikan diri sebagai solusi dari permasalahan calon konsumennya. Semial, daripada menuliskan “Kami menyediakan jasa cetak spanduk outdoor termurah dan terlengkap di Indonesia.”, akan lebih baik jika ditulis “Anda tidak perlu repot mencari jasa cetak spanduk outdoor termurah dan terlengkap di Indonesia, cukup hubungi kami saja!”.

 

  1. Storytelling

Copywriting perihal menceritakan sesuatu hal kepada konsumen Anda tanpa terlihat menggurui atau menjual. Teknik storytelling sangat disarankan untuk membangun relasi yang kuat antara suatu brand dengan konsumennya. Copywriting akan menjelaskan dengan menggunakan bahasa bercerita. Biasanya, di tiap konten website kelas dunia, mereka akan banyak bercerita mengenai ‘cerita’ dibalik usaha mereka atau cerita mengenai manfaat yang dirasakan oleh konsumen mereka.

 

Anda tidak perlu lagi melakukan kesalahan copywriting setelah membaca artikel ini. Anda cukup memastikan bahwa copywriter konten usaha Anda mengetahui tiga prinsip ini. Selamat mencoba!

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

Bagaimana Caranya Untuk Tetap Bisa Belajar Marketing Sembari Berjualan?

5 Tips Supaya Jago Copywriting

5 Cara menjadikan Facebook sebagai sarana marketing bisnis Anda

           
  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *