Leadership

3 Tips Membangun “Super Team” untuk Bisnis Anda

 

   

Membangun tim adalah salah satu keputusan terbesar dan mungkin paling sulit yang harus Anda buat. Anda perlu rencana yang matang untuk memastikan bahwa semua orang dalam bisnis Anda bisa bekerja sama dengan sempurna untuk membawa ide besar Anda terus hidup. Ada tiga komponen vital yang dapat anda ikuti di sini.

1. Sesuaikan karyawan dengan passion dan skill-set mereka

SDM

Kelihatannya mudah, tetapi kenyataannya kegagalan terbesar bisnis datangnya dari penunjukkan key person yang tidak pas dengan key position. Maka pastikan kalau mereka yang anda tunjuk dapat melengkapi ekosistem yang ada. Lihatlah kecocokan mereka terhadap kultur bisnis anda. Kuncinya adalah sebuah percakapan yang jujur dan terbuka ??tentang apa yang bisa Anda dan tim Anda lakukan, sehingga semua orang dapat menemukan tempat mereka. Mereka yang berada di tempat yang tepat akan mampu memperkuat dirinya sendiri untuk menjaga agar gairah mereka tetap stabil ketika keadaan menjadi sulit.

2. Jaga hubungan tim yang erat

bekerja-di-kafe

Pernahkah Anda mendengar pepatah: Terlalu banyak koki akan merusak kaldu? Hal ini seringkali terjadi di start-up ketika awal pembentukan tim. Terlalu banyak top-scorer dapat menyebabkan ide bagus menjadi terjepit. Maka penting sekali untuk mempertimbangkan ukuran dan keseimbangan tim Anda, terutama ketika tahapan pengambilan keputusan di tahap awal. Sebuah start-up perlu kecepatan, kelincahan dan rasa percaya diri. Sebuah tim perlu menyeimbangkan visi, mengembangkan produk, hukum, keuangan, sumber daya, pengembangan teknis dan model bisnis. Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah memiliki maksimal 3-4 orang dalam start-up Anda yang dapat mencakup semua peran-peran ini.

3. Kelilingi diri Anda dengan para mentor dan penasehat

kekuatan-turunan

Cari mereka-mereka yang telah sukses dan mereka-mereka yang telah membuat kesalahan. Anda membutuhkan orang-orang yang telah berpengalaman di jalan yang akan anda lalui. Mereka dapat mengajarkan cara melompati rintangan, inisiatif jalur cepat, dan membantu Anda melihat hambatan masa depan yang bahkan keadaan kritis yang mungkin tidak pernah Anda lihat sebelumnya.

Baca juga:


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *