Leadership

4 Kualitas yang Harus Diperhatikan dalam Menyeleksi Kandidat Karyawan

 

Loading...

Pencapaian dan keberhasilan perusahaan sangat ditentukan oleh sumber daya manusia yang terlibat di dalamnya. Dalam merekrut karyawan perusahaan pasti mempersyaratkan kualifikasi, kemampuan dan persyaratan teknis. Namun, Anda harus menyadari bahwa tidak ada seorangpun kandidat yang sempurna, tetapi ada 4 kualitas kunci yang harus Anda cari dari setiap kandidat (calon karyawan Anda). Keempat kualitas tersebut terkait dengan karakter.

Berikut adalah 4 kualitas kunci yang harus Anda cari menurut James Caan. Caan tidak mempermasalahkan jenis/bidang industri Anda.

1. Ambition (Ambisi)

Ambisi adalah keinginan sungguh-sungguh untuk beberapa jenis prestasi atau perbedaan, sebagai kekuatan, kehormatan, ketenaran, atau kekayaan, dan kemauan untuk berjuang untuk mencapainya. (sumber: dictionary.com). Menurut Caan, seseorang yang mempunyai ambisi dapat membawa perusahaan sukses melebihi yang Anda bayangkan.

2. Initiative (Inisiatif)

Insisiatif adalah kemampuan dan kesiapan untuk menentukan langkah/tindakan (sumber: dictionary.com). Setiap manager pasti menginginkan seorang pekerja yang memiliki inisiatif untuk mengatur beban kerja mereka dan menjalankan bisnis tanpa perlu pengawasan yang konstan.

3. Commitment (komitmen)

Perusahaan Anda sangat memerlukan seseorang yang siap dan tetap setia di saat-saat yang sulit. Menut Caan, orang yang memiliki komitmen adalah aset perusahaan yang besar.

4. Personality (kepribadian)

Kepribadian adalah identitas pribadi yang merupakan perwujudan dari kumpulan kualitas/karakter utama seseorang. Di dunia modern, kepribadian menjadi semakin sulit menonjol. Sehingga menurut Caan, seseorang yang memiliki sedikit kepribadian yang berbeda (lebih baik dari lingkungannya) dapat merubah atmosfer di tempat kerja.

Sebagian besar candidat (calon karyawan) mengikuti wawancara dan menonjolkan keterampilan mereka. Namun menurut Caan, keempat kualitas tersebut jauh lebih penting dan menarik.

James Caan menuliskan pada LinkedIn bahwa “Orang yang mensukseskan bisnis saya murni karena karakter/sifatnya. Mereka belum tentu memenuhi kualifikasi di atas kertas, tetapi mereka memiliki karakter yang baik.”

(sumber: www.businessinsider.com)

Baca juga:

Kenali “Mindset” Berikut untuk Berpindah dari Karyawan Menjadi Seorang Pengusaha

5 Karakter Pekerjaan yang Dicintai Karyawan Teknis

Kenapa Metrik Nilai GPA Tidak Penting Bagi Calon Karyawan Google?

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *