Start A Business

4 Tips Mencari Supplier Murah Yang Sering Dilupakan Kebanyakan Orang

 
  • 87
    Shares

   

Hampir semua jenis usaha atau bisnis selalu membutuhkan supplier. Bagi perusahaan maupun bisnis yang telah tergolong besar dan sudah punya nama, mencari supplier tentu bukan merupakan masalah serius. Karena tanpa dicari pun, para supplier akan datang sendiri dan menawarkan produk. Namun, bagi bisnis yang baru dirintis, tidak jarang supplier justru akan menolak untuk menjadi pemasok, terutama jika jika usaha dan bisnis tersebut dinilai kurang menjanjikan.

Namun, bukan berarti bahwa bisnis yang sedang dirintis tidak mungkin menemukan supplier murah atau supplier tangan pertama. Sejatinya, untuk menemukan supplier murah tidaklah terlalu sulit, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencari dan menemukan supplier murah.

– Rajin berkunjung ke pameran dan bazaar bisnis
Bazar maupun pameran bisnis merupakan ajang yang lazim dimanfaatkan oleh pebisnis dalam untuk produk. Tujuan mereka mengikuti ajang semacam itu adalah untuk memperkenalkan produk yang dimiliki kepada pebisnis lain, dengan harapan akan ada satu kerjasama. Kita wajib turut serta dalam ajang semacam itu karena merupakan kesempatan emas untuk membangun jaringan dan relasi, kerjasama, wawasan dan tentu saja menemukan supplier dengan harga termurah.

– Mendatangi sentra industri
Cara lain yang patut kita coba adalah mendatangi sentra industri yang mempunyai produk yang kita butuhkan. Namun bukan berarti kita harus berkunjung ke sentra industry yang memiliki produk yang sama dengan kita. Sebagai contoh, kita berbisnis sepatu kulit, maka tempat yang harus kita datangi adalah sentra pengolahan kulit bukan sentra industry sepatu. Dengan datang ke sentra industri bahan baku secara langsung, kita dapat berkomunikasi dan menyaksikan langsung proses produksi yang dilakukan oleh supplier yang mungkin kita incar. Dengan menjalin kerjasama dengan supplier dari sentra industry, kita akan dapat menemukan harga terbaik.

– Bergabung ke komunitas bisnis
Dengan bergabung ke sebuah komunitas bisnis maka aliran informasi akan kita dapatkan dengan mudah, alhasil mencari supplier yang memiliki harga terbaik pun juga akan semakin mudah.

– Memperluas informasi dan komunikasi

Dengan melakukan cara-cara di atas, kita sudah melakukan perluasan informasi dan komunikasi. Namun, itu baru kita lakukan secara offline, padahal sekarang ini sudah jaman online yang dapat menjangkau cakupan lebih luas. Oleh sebab itu, kita sebaiknya memanfaatkan situs pencari misalnya Google, Yahoo maupun Bing untuk menggali informasi yang kita butuhkan. Kemudian, memanfaatkan keberadaan media sosial misalnya Facebook, Twitter maupun Instagram agar dapat terhubung dengan para calon supplier. Namun, satu hal yang wajib untuk diingat adalah bahwa media online sangatlah rawan dengan penipuan, sehingga kita harus exstra hati-hati dalam memanfaatkannya.

           
  • 87
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 23 September 2017 - pukul 6:04

    Tips yg bermanfaat. Hal yg sangat krusial memang dalam mencari supplier yg berkualitas.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *