Running A Business

5 Aktifitas Promosi Ketika Bisnis Anda Bergerak di Bidang Jasa

 
  • 2
    Shares

Nah pemilik bisnis. Jika anda menawarkan barang nyata, tentu tidak jadi masalah untuk melakukan promosi barang jualan anda. Namun apa jadinya ketika anda menawarkan jasa/service? Berikut beberapa kiat untuk berpromosi di bidang jasa.

1. Berikan layanan terbaik. Buat pelanggan yang sudah menggunakan jasa yang anda tawarkan puas. Dengan demikian, pelanggan akan merekomendasikan jasa anda kepada orang terdekatnya, bahkan kepada orang yang baru dia kenal. Strategi ini sangat ampuh untuk bidang jasa. Anda akan menghemat cukup banyak biaya promosi.

2. Di bidang jasa, kepercayaan sangatlah penting. Maka jalin hubungan yang erat dengan para pelanggan anda. Sebagai contoh, lakukan pendekatan secara personal untuk sekedar menanyakan kesan mereka terhadap jasa anda. Tanyakan saran yang mereka miliki. Dengan demikian, anda dapat mengetahui keinginan pelanggan anda.

3. Pada masa sekarang sudah banyak sekali jejaring sosial bermunculan. Dan customer anda sudah lebih dulu masuk di jejaring sosial. Maka, tidak ada salahnya anda mulai merambah ke jejaring sosial. Hal ini dapat menunjang promosi anda. Melalui metode tertentu, anda juga dapat melacak berapa banyak rekomendasi user terhadap jasa yang anda tawarkan.

4. Mulailah bergabung di komunitas. Contohnya, jika anda punya bengkel motor, anda bisa jadi salah satu anggota komunitas motor. Di dalamnya, anda bisa mulai sedikit-sedikit menawarkan jasa anda. Atau jika resource anda cukup, bentuk komunitas sendiri yang bersinergi dengan jasa yang anda tawarkan.

5. Lakukan kegiatan anda dengan sepenuh hati. Apalagi jika jasa anda dapat membantu seseorang mencapai tujuannya. Contohnya anda kenal dengan seseorang ingin memodifikasi motornya. Suatu saat motor tersebut memenangkan suatu penghargaan, ceritanya dimuat didalam media cetak. Secara tidak diduga, jasa anda juga akan dimuat dalam media cetak tersebut. Semakin banyak mereka yang akan mengenal jasa anda.

Jangan pernah lupakan bahwa dasarnya adalah kepercayaan. Semua yang anda lakukan itu adalah untuk memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan anda percaya terhadap jasa yang anda tawarkan. Sebab pada dasarnya semua bisnis di dunia ini prinsipnya sama, yaitu bagaimana memunculkan kepuasan pelanggan yang mampu membuat mereka mau merekomendasikan bisnis kita ke lingkungannya.


  • 2
    Shares

2 komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *