Running A Business

5 Cara Branding yang Bisa Dilakukan Perusahaan, Email Marketing Salah Satunya!

 

Mengenalkan dan memasarkan produk adalah proses yang tidak mudah saat merintis sebuah usaha. Bagi sebuah perusahaan besar ternama, branding produk bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. 

Bagi sebuah usaha kecil, hal itu berlaku sebaliknya dimana branding produk adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Terutama jika produk yang kamu tawarkan memiliki kompetitor yang sudah cukup besar namanya.

Dengan begitu, proses branding akan semakin sulit dilakukan. Meski sulit, branding tetap bisa dilakukan, bukan? 

Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk proses branding sehingga produk kamu dapat dikenal, menarik minat, dan dibutuhkan oleh konsumen. 

Apa itu branding?

cara branding
Photo by Jose Francisco Fernandez Saura from Pexels

Sebelum mempelajari cara apa saja yang bisa dilakukan untuk proses branding, ketahui dulu yuk, apa itu branding!

Branding diambil dari kata brand, yaitu sebuah identitas, nama, istilah, simbol, desain, atau karakteristik  yang membedakan satu dengan lainnya. 

Oleh karena itu, branding adalah segala usaha untuk menciptakan sebuah brand. Dengan begitu, proses menentukan visi, misi, dan logo juga bisa dikategorikan sebagai branding. 

Banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk membranding produknya. Mulai dari membuat logo hingga e-mail marketing. Mau tahu ulasannya? Baca selengkapnya!

1. Membuat logo yang menarik

Perusahaan akan terlihat lebih profesional apabila terdapat logo dengan desain yang menarik dan berkualitas serta mudah diingat.

Logo yang menarik akan membuat produk kamu lebih menonjol dibanding produk dari perusahaan lain, lho!

2. Memasang iklan

Iklan adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan brand awareness. Kamu bisa memasang iklan lewat media online.

Hal ini untuk meminimalkan pengeluaran, mengingat pemasangan iklan membutuhkan biaya yang cukup besar. 

3. Mengikuti event bisa jadi cara branding yang efektif

Iklan dengan cara mengikuti event atau pameran cukup efektif untuk mengenalkan produk kepada kalangan umum.

Kamu bisa menyediakan sebuah stand dan memilih tempat yang strategis sehingga dapat membantu menarik konsumen baru.

4. Mengelola website khusus 

Dengan website, kamu bisa melakukan online branding kepada banyak orang diluar sana yang menggunakan internet agar mengenal brand produk perusahaan kamu.

Kamu bisa menghadirkan konten-konten menarik yang mengundang orang untuk sekedar melihat dan mendapatkan banyak pelanggan baru. 

5. E-mail Marketing

cara branding
Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Adanya berbagai website dan tool keren di luar sana, pasti kamu melupakan e-mail begitu saja. 

Belum banyak yang tahu mengenai hal ini, karena kebanyakan orang berfikir bahwa proses branding itu dilakukan pada media sosial, iklan, spanduk, banner atau sebagainya yang bisa dilihat oleh banyak orang secara bersamaan.

Padahal, e-mail bisnis adalah salah satu cara mudah untuk menjangkau pelanggan, apalagi pelanggan yang tidak menggunakan sosial media

Kini, banyak perusahaan yang menyadari dan mengaplikasikan branding pada e-mail. Contohnya saja Bukalapak dan Tokopedia.

Perusahaan tersebut mengirimkan email dengan gambar atau warna-warna yang menarik perhatian agar orang tertarik membaca dan meng-klik apa yang ditawarkan dalam email. 

E-mail bisnis memiliki lebih banyak peluang untuk dibuka atau dibaca isinya. Selain itu, juga akan lebih sedikit ditandai sebagai spam. 

Nah, itu tadi 5 cara yang bisa dilakukan agar perusahaan atau bisnis kamu agar lebih dikenal. Jika kamu ingin melakukan branding menggunakan teknik e-mail marketing, Jagoan Hosting menyediakan layanan email bisnis profesional, loh! 

Dengan e-mail bisnis dari Jagoan Hosting, kamu bisa membuat alamat email profesional yang sama dengan alamat website dari usaha kamu. Sehingga pengunjung bisa mengingat keduanya dengan mudah dan berdampak bagus untuk meningkatkan traffic website. 

Dan yang terpenting adalah, Jagoan Hosting sudah membekali email bisnis dengan penyimpanan super besar agar kamu bisa menyimpan dan mengirim file dengan lebih bebas! Yuk, buruan cek penawaran lain dari Jagoan Hosting!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *