Running A Business

5 Cara Membuat Pelanggan Happy di Musim Libur

 
  • 2
    Shares

Tahukah Anda? Mengubah perilaku customer yang pasif menjadi yang lebih aktif dan bahagia dapat meningkatkan pendapatan sebesar 2.6 kali lipat. Selama mereka senang dan bahagia datang kepada kita, untuk seterusnya kita dipercaya untuk memberikan solusi bagi permasalahan mereka, dan tentu saja mereka tidak akan ragu untuk merekomendasikan kita kepada orang lain. Hal inilah yang bisa membuat bisnis kita semakin mengalami peningkatan dalam hal penjualan dan keutungan. Lalu bagaimana halnya dengan hari libur? Tentu kita bisa mengandalkan hari libur menjadi salah satu waktu yang kita gunakan untuk memberi kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Dan berikut ini caranya:

1. Berikan pelayanan terbaik

Hal yang paling penting dari cara membahagiakan pelanggan adalah melalui pelayanan terbaik yang diberikan oleh customer support. Customer support yang bersahabat, ramah dan ada sekalipun pada hari libur akan membuat pelanggan menjadi lebih senang dan merasa lebih diperhatikan oleh kita.

Pelanggan juga akan senang bila pertanyaan atau permintaan mereka dapat segera kita respon dan kita tanggapi. Mereka yang menunggu lebih dari 6 jam untuk sekali respon akan merasa diabaikan dan malas untuk mengulangi menghubungi kita. Usahakan untuk tetap prima dalam melayani pelanggan sekalipun pada masa liburan. Karena pada masa inilah pendapatan bisnis cenderung akan mengalami peningkatan.

2. Selalu transparan dan bertanggungjawab

Mempertahankan pelanggan memang tidak mudah. Kita harus beradaptasi dengan lingkungan pelanggan ketika kita ingin berinovasi menciptakan produk atau layanan baru. Kita juga harus bertanggungjawab penuh atas setiap masalah bisnis yang berhubungan dengan pelanggan. Bahkan kita harus menyediakan solusi dan memperbaiki hubungan kita dengan pelanggan.

90% dari pelanggan yang menginvestasikan uang mereka pada suatu perusahaan, akan menemukan praktik bisnis yang tidak bertanggungjawab atau melakukan penipuan. 60% dari pelanggan merasa lebih yakin dan positif tentang sebuah perusahaan, ketika mereka sudah membaca ualsan adri blog atau update di sosial media.

3. Memberikan reward

Reward pelanggan, berupa diskon, barang gratis atau layanan gratis adalah salah satu kunci untuk membahagiakan pelanggan. Cara seperti ini sudah terbukti dapat meningkatkan kebahagiaan pelanggan dan bahkan bisa meningkatkan penjualan produk kita. Terlebih di masa liburan yang sebentar lagi akan kita sambut.

Memberikan mereka beberapa reward atau gift akan membuat mereka merasa istimewa. Kita bisa memberikan mereka reward, karena menjadi pelanggan pertama atau pelanggan dengan jumlah pembelian tertentu, dan mereka akan mendapatkan hadiah tertentu. Mereka akan senang dan tidak ragu merekomendasikan kita.

4. Terlibat dengan pelanggan

Terlibat dengan pelanggan Anda adalah salah satu cara menciptakan pengalaman baik secara online ataupun offline dengan pelanggan Anda. Kita harus coba untuk merangkul dan membawa mereka berkomunikasi yang baik dengan kita. Di musim liburan, kita bisa mengadakan sebuah event atau program yang bisa menmunculkan pengalaman menarik bagi pelanggan.

Ajak mereka untuk banayk terlibat dengan komunikasi yang Anda buat. Biarkan mereka menyampaikan dan menunjukkan apa yang mereka butuhkan dari bisnis Anda. Jangan paksa diri Anda untuk menjelaskan dan membuat mereka bertanya.

5. Mengukur dan menganalisa kepuasan

Apa arti usaha jika tidak dikoreksi, dianalisa, diukur dan diperbaiki? Setiap usaha membahagiakan pelanggan, perlu kita ukur dan analisa sudah seberapa besar mereka merasa puas atas pelayanan yang kita berikan. Tanyakan mereka bukan hanya alasan mereka senang dengan kita, tapi tanyakan juga apa yang membuat mereka kurang senang dengan kita. Dari situ kita bisa mencari cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada pelanggan.

Solusi Big Data Analytics dapat membantu kita melacak matrik seperti hasil survei, tingkat pengembalian produk, kepuasan secara offline dan online dan lainnya. Kita harus berusaha mencari tahu sendiri, karena 95% pelanggan yang merasa tidak puas, tidak akan mengeluh tapi malah langsung meninggalkan kita. Kita bisa memberi mereka kesempatan untuk menyuarakan apa harapan mereka kepada bisnis kita. Dengan begitu kita dapat memberikan apa yang mereka harapkan. Dan ini bias berfungsi untuk meningkatkan penjualan di musim liburan selanjutnya.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Cara untuk Mendatangkan Banyak Pelanggan

Mengenal Baik Pelanggan Sama Dengan Mengenal Baik Posisi Brand Perusahaan

3 Tips Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan Online


  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *