Business Says

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Industri Gaming

 

Loading...

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Industri Gaming – Banyak orang yang mencari hobi baru sejak pandemi dan kebijakan berdiam di rumah diberlakukan. Salah satu kegiatan yang cukup digemari adalah bermain game.

Tahukah Anda, beberapa tahun terakhir, potensi industri gaming di Indonesia semakin bersinar, lho. Simak berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang potensi industri gaming berikut ini.

1. Pertumbuhannya di dunia cukup pesat

Banyak kalangan yang gemar bermain game, entah menggunakan komputer, konsol game, atau lewat ponsel. Jenis tema game juga makin beragam, mulai dari tema petualang hingga puzzle. Tak heran, bermain game pun semakin diminati.

Tak hanya diminati sebagai hobi saja, beberapa tahun terakhir berbagai kompetisi game semakin marak. Bahkan, beberapa kompetisi game dianggap sebagai cabang olahraga, yang kita kenali dengan istilah E-Sports. Pada tahun 2018 silam, E-Sports bahkan menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan di pesta olahraga Asian Games.

Popularitas industri gaming semakin meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan perkiraan market researcher Newzoo, pertumbuhan pasar game dunia bahkan mampu mencapai angka 180,1 miliar dolar AS pada tahun 2021, dengan Asia Pasifik sebagai pendorong utamanya. Angka yang cukup fantastis, bukan?

2. Pasar industri gaming di Indonesia cukup besar, lho!

Lalu, bagaimanakah dengan pertumbuhan industri gaming di Indonesia? Jawabannya, cukup fantastis! Masih berdasarkan data dari Newzoo, pasar industri gaming di Indonesia menempati peringkat ke-17 mancanegara.

Pendapatan industri gaming Indonesia diperkirakan mencapai 1,1 miliar dolar AS pada tahun 2018. Hal ini juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara. Menakjubkan, bukan?

3. Game diminati oleh laki-laki dan perempuan

Yuk kita bermain tebak-tebakan! Kira-kira, lebih banyak gamers laki-laki atau perempuan, ya?

Jawabannya adalah laki-laki! Hasil survey Newzoo juga mencatat jumlah laki-laki yang bermain mobile games mencapai 74%. Berbeda sangat tipis, jumlah perempuan yang bermain mobile games mencapai 70%. Sedangkan jumlah laki-laki yang bermain konsol game sebanyak 62%, perempuan berjumlah 50%.

Lalu, bagaimanakah dengan genre atau jenis game yang paling banyak dimainkan? Genre yang paling banyak dimainkan di mobile games adalah strategi. Untuk konsol game, genre battle royale yang paling banyak diminati. Sedangkan untuk game di PC alias komputer, genre yang paling diminati adalah MOBA (multiplayer online battle arena).

4. Konten video tentang game cukup diminati

Tak hanya menggemari game saja, para pengguna internet di Indonesia juga senang menonton berbagai konten yang membahas tentang game, lho. Dalam surveynya, Newzoo mencatat sebanyak 71% partisipan menonton konten tentang game. Salah satu konten yang sering ditonton adalah konten tentang E-Sports.

Tentunya hal tersebut sangat bisa Anda manfaatkan. Anda bisa terjun ke industri gaming dengan menjadi content creator yang membahas gaming. Berani coba?

5. Masih banyak tantangan yang perlu dihadapi

Potensi industri gaming di Indonesia memang menarik. Walau demikian, masih banyak tantangan untuk menjadikan industri ini semakin kuat.

Salah satu isu yang dihadapi oleh pertumbuhan industri gaming adalah dari segi infrastruktur, tepatnya kestabilan koneksi internet. Masih banyak daerah di Indonesia yang koneksi internetnya belum stabil, apalagi daerah pelosok. Padahal, koneksi internet yang stabil berperan penting untuk kelancaran game, termasuk juga untuk para atlet E-Sports.

Ternyata, potensi industri gaming cukup menarik, ya! Kira-kira, apakah Anda tertarik untuk terjun ke industri gaming?

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik seputar bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by thiago japyassu from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *