Tips Bisnis

5 Langkah Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

 

Loading...

Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Memiliki pelanggan yang loyal adalah impian bagi setiap pengusaha. Betapa tidak, akan sangat menyenangkan jika memiliki pelanggan yang sering menggunakan produk atau jasa kita. Hal ini akan menjaga usaha kita agar tetap berkelanjutan.

Tentunya, perlu usaha maksimal untuk bisa memiliki pelanggan yang loyal. Membuat pelanggan agar bersikap loyal terhadap usaha kita cukup menantang. Selain itu, kita juga membutuhkan strategi jitu agar bisa mewujudkannya. Lantas, apa saja strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan?

Bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan?

1. Cari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan

Pelanggan akan menggunakan produk atau jasa kita ketika ia sedang membutuhkannya. Oleh karenanya, pastikan bahwa Anda memahami kebutuhan pelanggan.

Perhatikanlah momen dan tren yang sedang berkembang. Misalnya saja, Anda adalah pengusaha di bidang fashion. Berkaca pada momen saat ini, kita tengah mengalami pandemi Covid-19. Anda pun bisa menyediakan masker fashionable yang menjadi kebutuhan pelanggan.

Selain itu, pelanggan juga kerap membutuhkan solusi untuk permasalahan yang ia hadapi. Ketika kita mampu menawarkan produk atau jasa yang dapat meringankan permasalahannya, pelanggan pun akan menghampiri kita.

2. Perkuat customer service

Bagaimana kita melayani pelanggan akan menentukan loyalitas pelanggan. Pelayanan buruk dapat membuat pelanggan enggan kembali.

Penting sekali bagi pengusaha untuk membuat sistem customer service atau pelayanan pelanggan yang baik. Buatlah pelanggan merasa nyaman, layani mereka dengan ramah.

Harap catat baik-baik, pelanggan akan mengingat bagaimana mereka dilayani. Mereka juga akan menceritakan pengalaman tersebut kepada orang-orang terdekatnya.

Bisa dibayangkan apa jadinya jika ada pelanggan yang menceritakan pengalaman buruk seputar pelayanan. Mereka akan mengimbau orang-orang terdekatnya untuk tidak menggunakan produk atau jasa dari bisnis tersebut.

3. Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan

Hubungan dengan pelanggan perlu dirawat, komunikasi adalah kunci untuk melakukannya. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan jalinan komunikasi.

Kumpulkan kontak pelanggan (misal: email, nomor telepon, dan nama medsos). Kemudian secara berkala Anda bisa mengirimkan newsletter, katalog produk terbaru, penawaran promo, hingga ucapan ulang tahun. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan medsos dan berbagai fitur di dalamnya untuk berinteraksi dengan pelanggan.

4. Pikat dengan promo menarik

Semua orang menyenangi promo! Yap, promo dapat dijadikan senjata ampuh untuk membuat pelanggan Anda tetap loyal. Misalnya, secara berkala Anda membuat diskon, memberikan promo beli 1 gratis 1, atau menggratiskan ongkos kirim.

Bentuk promo lainnya yang bisa diterapkan adalah dengan mengumpulkan poin pembelian. Ketika pelanggan berbelanja, pekanggan akan mendapatkan sekian poin. Kemudian, mereka akan mendapatkan hadiah menarik ketika berhasil mengumpulkan poin dalam jumlah tertentu.

5. Berikan reward untuk pelanggan setia

Coba ingat-ingat lagi pelanggan yang menggunakan produk atau jasa Anda sejak bisnis baru dimulai hingga sekarang. Mereka adalah pelanggan setia Anda yang merupakan aset berharga untuk bisnis.

Anda pastinya menginginkan para pelanggan setia untuk tetap berlangganan. Oleh karenanya, beri tahu betapa berartinya mereka bagi Anda. Buatlah mereka merasa spesial dan dihargai.

Pertimbangkan untuk memberikan reward atau penghargaan khusus bagi pelanggan setia. Anda bisa memberikan diskon khusus atau produk gratis untuk mereka. Selain itu, mengirimkan bingkisan suvenir pun juga ide reward yang tak kalah bagus.

Jangan lewatkan berbagai artikel seputar tips dan strategi berbisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *