Leadership

5 Penunjang Kualitas Inovasi pada Bisnis

 

   

Dalam sebuah bisnis, inovasi adalah salah satu wujud sebuah bisnis yang digarap serius, apapun bidang bisnisnya jika ada inovasi didalamnya akan menghindarkan bisnis tersebut dari keadaan terburuk. Jangan pernah terlena sengan kondisi bisnis anda yang sedang berkembang baik saat ini, jika tanpa inovasi, maka sebenarnya bisnis anda akan berhenti sampai disini dan hanya menunggu waktu untuk dibubarkan.

Agar inovasi yang diputuskan dapat memberikan hasil terbaik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Inovasi tidak harus sesuatu baru

Kadang seseorang menganggap bahwa sebuah inovasi adalah sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya, boleh saja kita mengupayakan sesuatu yang baru. Tapi tidak ada salahnya jika kita mengulang hal yang sama yang pernah dilakukan oleh kompetitor atau perusahaan yang lain. Asalkan inovasi tersebut tepat guna dan berada di momen yang tepat juga.

2. Pendapat dari berbagai pihak

Sebelum memutuskan sebuah inovasi yang dipilih, lakukan survey. Kumpulkan tanggapan dari berbagai pihak tentang ide anda, terima semua kritik dan saran, baik dari pihak internal (karyawan) ataupun dari pihak eksternal (konsumen dan lingkungan). Semakin banyak data yang masuk akan membantu Anda memperkirakan bagaimana hasilnya jika inovasi tersebut sudah dilakukan.

3. Perencanaan yang tepat

Sebuah inovasi yang dilakukan akan menentukan nasib bisnis Anda semakin baik atau justru kebalikannya, agar target Anda dapat dicapai. Lakukan perencanaan dengan matang, pilih waktu yang tepat dan tidak terburu buru. Tentukan siapa yang terlibat sesuai dengan kapasitasnya. Lakukan perhitungan dengan tepat untuk biaya yang dibutuhkan, dan tentukan kapan akan dilakukan evaluasi tentang inovasi Anda.

4. Lakukan pengawasan

Lakukan pengawasan secara rutin, perhatikan baik – baik bagaimana inovasi yang sedang Anda garap. Kumpulkan lagi pendapat dari berbagai pihak tentang inovasi Anda. Jika Anda menemukan sesuatu diluar rencana atau Anda menemui kendala, segera diskusikan dengan siapapun yang terlibat didalamnya dan segera lakukan tindakan.

5. Evaluasi dan beri keputusan lanjutan

Jika semua perencanaan telah dilakukan, saatnya Anda melakukan evaluasi dari inovasi Anda. Jangan pernah terlena dengan target yang tercapai, sebab bisa saja muncul hal yang tidak di rencanakan sebelumnya. Setelah evaluasi selesai, persiapkan lagi inovasi berikutnya sebagai keputusan lanjutan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa inovasi adalah wujud dari bisnis yang digarap serius, maka inovasi tidak boleh berhenti dan harus dilakukan terus menerus seperti sebuah rantai yang terhubung satu sama lain. Semoga semua yang kita kerjakan dapat memberikan manfaat bagi siapa saja. :)

Baca juga:

5 Inovasi Ini Akan Mengejutkan Anda di 2015

4 Tips Menjadi Lebih Kreatif Di Tempat Kerja

4 Strategi Agar Bisnis Selalu Banyak Peminat

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *