Running A Business

5 Perhatian dalam Mengembangkan UKM

 

Loading...

UKM atau Usaha Kecil Menengah, saat ini memang menjadi perhatian banyak pihak dalam mengenalkan dan mengembangkan di masyarakat luas. Sudah ada banyak yang menjalankan bisnis UKM ini. Ide yang tidak terlalu rumit, modal yang tidak terlalu banyak adalah salah satu alasan, UKM sangat dianjurkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun itu semua tidak berarti apapun tanpa adanya hal yang dilakukan sang pemilik bisnis UKM tersebut. Ada banyak yang harus diperhatikan dan dilakukan agar bisnis UKM bisa berkembang dan menguntungkan bagi pemiliknya. Apa itu? Ini dia jawabannya:

1. Memaksimalkan waktu

Waktu adalah uang, setidaknya itu yang banyak memacu orang untuk terus bekerja dan menghasilkan sutau yang menguntungkan. Memaksimalkan waktu dalam segala hal harus kita lakukan, seperti ketika kita sedang merintis sebuah bisnis UKM. Terlihat kecil memang untuk jangkauan pasar dan keuntungan. Namun apa yang salah ketika kita memanfaatkan waktu dengan maksimal untuk mengembangkan UKM. Banyak atau sedikit waktu yang dimiliki haruslah kita manfaatkan dengan bijaksana.

2. Kulitas karyawan

UKM memang bukan sebuah perusahaan besar yang membutuhkan karyawan dengan jumlah ratusan atau bahkan ribuan. Namun UKM justru memiliki kriteria tersendiri dalam merekrut karyawan. Demi mengembangkan UKM, tidak jarang pemilik bisnis akan melakukan seleksi yang ketat demi mendapatkan kualitas karyawan terbaik. Hal ini tentunya akan berpengaruh langsung pada kualitas produk dan layanan bisnis nantinya.

3. Kepemilikan hak cipta

Sering menjadi suatu perdebatan dikala UKM yang sejatinya adalah bisnis kecil dan menengah tidak memiliki hak kuat atas nama merek atau produk yang mereka hasilkan. Namun ini salah, UKM justru harus memperhatikan kepemilikan hak cipta dari merek, logo, nama perusahaan dan lain sebagainya. Ini demi kemajuan dan kesuksesan dari UKM itu sendiri. Merek menjadi senjata dalam mempromosikan dan mengenalkan bisnis UKM kita pada masyarakat luas. Jika kita tidak segera mempatenkan hak cipta tersebut, bagaimana ketika merek kita seketika di klaim oleh orang lain dan mereka lebih cepat mempatenkannya? Itu akan menjadi kerugian besar bagi kita.

4. Bersikap ingin tahu

Menjadi pemain baru, dan masih dalam tahap pengembangan, tentu saja UKM harus memiliki sikap ingin tahu yang besar terhadap banyak hal. Ini bukan hanya terbatas pada pelajaran marketing, produksi dan lain sebgainya. Karena bisnis akan selalu menciptakan inovasi dan ilmu baru di setiap waktunya. Ini sebabnya, pemilik UKM harus gencar dalam mencari tahu banyak hal demi proses pengembangan bisnisnya.

5. Jangan berhenti bergerak

Action, siapa yang menyangkal jika hal yang satu ini adalah kunci kesuksesan dari segala kegiatan, terutama bisnis. Bisnis tanpa action bukan berarti apapun. UKM menjadi bisnis yang harus terus berkembang dari waktu ke waktu. Mengikuti perkembangan zaman dan teknologi tanpa harus berhenti bergerak sedikitpun. Ketika harus ada satu langkah yang diabaikan, maka itu akan berakibat buruk pada kelangsungan bisnis tersebut.

Baca juga:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *