Technology

5 Prediksi Sosial Media di Tahun 2014

 

Loading...

Tahun 2014 sudah mulai kita jalani, berbagai perubahan sudah mulai terlihat dan dirasakan. Bukan hanya pada dunia nyata, namun juga pada dunia maya juga sudah menunjukkan adanya perubahan. Salah satunya yaitu media sosial. Sebelumnya yaitu di tahun 2013, media sosial sudah menunjukkan peran pentingnya untuk dunia, salah satunya yaitu untuk bisnis. Setahun terakhir ini gambaran media sosial bisa diringkas dalam beberapa kata: pemasaran real-time, konten, video, dan mobile. Bagaimana dengan di tahun ini? Apa saja yang bisa diprediksi untuk tahun 2014 ini? Berikut ini adalah 5 prediksi sosial media di tahun 2014 :

1. Perubahan visual storytelling menjadi video berdurasi pendek

Bercerita mengenai bisnis pada sosial media memang bukan hal baru. Tujuannya bukan hanya untuk berbagi cerita atau pengalaman berbisnis mereka, namun juga untuk hal promosi. Namun bercerita melalui gambar dan tulisan saja tidak cukup untuk tujuan tersebut. Di tahun 2014 ini sudah ada beberapa prediksi mengenai penggunaan sosial media. Salah satunya yaitu penggunaan sebuah video berdurasi pendek. Mengapa demikian? Karena di tahun 2013 lalu, pembuatan video berdurasi pendek sangat disukai oleh publik. Buktinya para viewer beberapa video berdurasi pendek di situs Youtube sangatlah banyak. Terlebih lagi sekarang bukan hanya di Youtube kita bisa mengupload sebuah video, namun sudah banyak sosial media yang menyediakan fasilitas untuk upload video, seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lain sebagainya. Maka dari itu tidak ada salahnya kita memanfaatkan media tersebut untuk membuat sebuah video berdurasi pendek yang bertujuan untuk promosi.

[Baca juga: 50 Tips Social Media Marketing untuk Bisnis Anda]

2. Bisnis akan merangkul “Fandom”

Fandom pada dasarnya adalah penggemar vokal yang ada dalam keseluruhan basis konsumen suatu merek. Penggemar-penggemar inilah yang akan melakukan banyak kegiatan pemasaran di media sosial untuk perusahaan. Merekalah yang akan mempromosikan suatu merek kepada orang-orang. Di tahun mendatang, bisnis akan melakukan upaya besar untuk merangkul fandom. Coba lakukan cara ini untuk merek Anda di media sosial.

3. Google+ akan terus berkembang dalam ukuran dan perannya

Bagaimana dengan sosial media yang satu ini? Google+ adalah salah satu sosial media yang dimiliki oleh mesin pencarian terbesar di dunia. Google+ akan semakin populer dan integrasinya dengan mesin pencari Google serta Google Authorship akan menjadikannya penguasa di tahun 2014. Integrasi ini artinya jika pengguna aktif di Google+ secara otomatis akan memperbaiki SEO untuk bisnisnya pada mesin pencari Google. Dengan begitu akan semakin banyak pebisnis yang akan menggunakan Google+. Alangkah lebih baik jika mulai sekarang bisnis Anda juga ‘hidup’ di jejaring sosial yang satu ini. Terlebih saat ini sudah ada komunitas bagi para pebisnis, yaitu seperti GBG (Google Bisnis Group). Disini anda akan bertemu dengan para pengusaha atau pebisnis. Anda dapat membangun relasi dengan mereka dan juga bisa saling bertukar informasi mengenai usaha masing – masing.

[Baca juga :  7 Alasan Bisnis Anda Harus Menggunakan Google Plus]

4. Terfokus pada konteks

Keharusan untuk memberikan lebih banyak konten bagi audiens tidak lagi begitu penting. pada 2014 yang menjadi fokus besar adalah membuat konten yang relevan secara kontekstual dengan kanal media sosial yang digunakan. Merek harus mulai bertanya, “Bagaimana audiens menggunakan kanal media sosial tertentu?” dan “apa yang membuat kanal ini unik?”. Dari wawasan itu merek bisa membuat konten yang relevan secara kontekstual. Keunikan akan membuat audiens lebih tertarik pada kita. Kita harus mampu memanfaatkan sosial media yang ada saat ini.

5. Penggunaan iklan berbayar

Sosial media memang banyak menyediakan kesempatan para pengusaha untuk mempromosikan produk mereka. Namun dari sisi pengguna sosial media atau audiens bisa dibilang sangat sedikit mereka yang mau melihat konten iklan suatu bisnis. Perubahan terbaru pada algoritma News Feed semakin membatasi jangkauan umumnya organik post. Dengan begitu banyaknya merek yang menggunakan Facebook utnuk memasarkan bisnisnya, iklan berbayar akan menjadi bagian penting dari strategi media sosial jika merek ingin konten mereka dilihat oleh lebih banyak audiens. Twitter juga merilis opsi iklan berbayar dengan produk format iklan seperti “tailored audience”.

Begitulah beberapa prediksi sosial media yang akan terjadi di tahun 2014. Apakah anda memiliki prediksi sendiri mengenai perkembangan sosial media di tahun 2014? :)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *