Running A Business

5 Strategi Membangun Merek Global

 
  • 2
    Shares

Memutuskan berbisnis di era digital seperti sekarang ini memang sangat – sangat dianjurkan. Karena ini menjadi peluang yang sangat besar bagi kita untuk mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Ada banyak kemudahan yang kita dapatkan dari perkembangan zaman ini. Diantaranya adalah untuk membuat sebuah bisnis dikenal luas saja kita sudah dimudahkan dengan adanya mesin pencarian, sosial media dan media lainnya, yang pastinya juga sudah mendunia. Lalu bagaimana cara kita untuk bisa membuat sebuah merek atau brand yang menjangkau pasar global? Ini memang sedikit sulit, karena jangkauan pasar kita akan semakin luas. Ditambah dengan banyaknya perbedaan yang akan ditemui saat memasarkan merek produk ke dunia. Tapi ada 5 cara paling dasar untuk mulai membangun sebuah merek secara global.

1. Memahami perilaku pelanggan

Karena tujuan market pasar produk Anda adalah global atau internasional, terlebih dahulu Anda harus mengetahui bagaimana calon pelanggan Anda. Anda harus bisa memahami bagaimana tingkah laku, kebiasaan dan kebutuhan dari target pasar Anda. Anda boleh saja menargetkan pasar secara luas, tapi sebaiknya tentukan dengan rinci, agar saat mulai mempelajari perilaku pelanggan, Anda tidak menemukan kesulitan. Karena untuk memahami perilaku pelanggan yang banyak dengan jangkauan luas tentu tidak mudah. Ini akan membantu Anda dalam menentukan dan membangun merek produk Anda secara global.

2. Posisikan diri Anda dengan benar

Brand positioning adalah hal yang paling penting dilakukan sebelum mulai membangun sebuah merek produk dengan tujuan global. Anda harus bisa memahami bagaimana pesaing Anda bekerja, dan melihat bagaimana kemampuan kompetitif Anda. Produk apa dan bagaimana yang akan Anda jual di suatu negara, itu perlu diperhatikan. Karena tidak mungkin ketika ada sebuah brand yang menjual produk serupa dan itu berasal dari negara itu sendiri. Kesempatan untuk merebut pasar bisa saja semakin kecil, karena persaingan saja bisa dimulai dari harga yang ditawarkan. Jadi pastikan brand yang Anda bangun bukan hanya memiliki nama yang besar, tapi juga bisa diposisikan dengan tepat.

3. Tahu bagaimana merek Anda diterjemahkan

Memiliki target pasar global, itu artinya brand atau merek produk kita akan dikenal oleh banyak orang dari berbagai negara, bahasa, latar belakang dan kebutuhan yang jelas berbeda. Untuk menjangkau pasar global secara keseluruhan, penting bagi kita untuk membangun sebuah brand yang mudah untuk diterjemahkan, baik secara bahasa ataupun maksud dari brand tersebut. Kita juga harus bisa menyatukan banyak bahasa, latar belakang dan pendapat dengan mudah dalam satu brand yang kita bangun. Dengan begitu brand kita akan mudah untuk dikenal dan diketahui oleh seluruh orang di dunia.

4. Berfikir luas

Sejak perusahaan Anda mulai merencanakan untuk membangun brand secara global, penting bagi Anda untuk juga membuat sebuah nama bagi perusahaan yang juga mampu mengakomodir tujuan bisnis Anda itu. Tidak perlu sebuah nama yang panjang agar brand Anda mampu dikenal dengan baik oleh dunia internasional.

5. Cari mitra yang baik

Salah satu kebutuhan dalam membangun sebuah brand atau merek bagi produk bisnis Anda adalah adanya kekayaan intelektual Anda di luar negeri. Pengajuan yang dilakukan memang ahrus sesuai dengan merek dagang dan hak paten dari negara Anda. Carilah mitra yang mampu membantu Anda dalam mengurus kebutuhan Anda ini. Carilah perwakilan dagang yang memberikan Anda informasi tentang kantor perdagangan suatu negara, karena mereka cenderung memiliki reputasi baik.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Mengenal Jenis Hak Kekayaan Intelektual: Merek

Reputasi Lebih dari Sekedar Pencapaian Target Bisnis

Uji Fokus Anda pada Visi Bisnis dengan 8 Pertanyaan Ini


  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *