Start A Business Tips Bisnis

6 Strategi Penting Agar Bisnis Kopi Beromzet Besar

 

Loading...

Bisnis Kopi – ‘Ngopi’ atau minum kopi kini jadi sangat populer bagi banyak kalangan, terutama kalangan muda. Usaha gerai kopi memang cukup menjanjikan untuk dijadikan bisnis. Agar bisnis gerai kopi Anda sukses, simak strategi pentingnya berikut ini.

Bisnis kopi: si pahit yang menghasilkan keuntungan manis

Gerai minuman kopi adalah salah satu bisnis yang sedang booming. Selain menjadi budaya, kopi kini menjadi minuman yang disukai banyak orang. Para barista dan pengusaha kopi berlomba-lomba untuk mengembangkan varian rasa kopi, sehingga kopi menjadi minuman yang tidak sekedar pahit saja.

Keuntungan dari usaha jenis ini ternyata lumayan, lho. Bahkan, ada gerai kopi yang mendapatkan omzet ratusan juta! Menarik sekali, bukan?

1. Memilih market yang hendak dituju

Pemilihan market atau pasar adalah hal paling utama yang perlu disiapkan. Apakah ingin menyasar pelajar dan mahasiswa, pecinta kopi otentik, atau pasar lainnya? Lalu, bagaimanakah gambaran target pasar yang ingin Anda bidik?

Hal ini akan menentukan banyak hal, mulai dari konsep gerai, pemilihan menu, hingga strategi marketing yang tepat. Oleh karenanya, persiapkan hal ini dengan cermat.

2. Menyiapkan modal

Modal adalah aspek yang harus diperhatikan dalam berbisnis kopi. Bisnis ini memang butuh modal yang lumayan.

Hal ini dikarenakan, butuh peralatan layak dan bahan baku berkualitas untuk menghasilkan secangkir kopi berkualitas. Salah satu peralatan yang dibutuhkan adalah coffee grinder, harganya memang lumayan.

Untuk gerai kecil atau gerai rumahan, modal yang diperlukan untuk bisnis kopi sekitar 10 hingga belasan juta rupiah. Lain lagi untuk bisnis kafe, Anda perlu menyiapkan dana setidaknya sekitar 200 juta rupiah.

3. Siap menghadapi persaingan ketat

Bisnis seputar kopi memang sedang menjamur. Sudah banyak sekali gerai minuman kopi, mulai dari konsep grab and go (siap bungkus) hingga dinikmati di tempat seperti kedai atau kafe. Anda harus mempersiapkan mental untuk bersaing.

Hal yang membuat bisnis Anda dapat bertahan adalah keunikan. Keunikan akan memperkuat ciri khas bisnis serta menarik pelanggan. Keunikan tersebut bisa terdapat pada berbagai hal, mulai dari variasi menu hingga konsep gerai kopi Anda.

Kira-kira, keunikan apa yang bisa Anda tawarkan agar siap bersaing?

4. Membuat racikan resep unik

Salah satu kekuatan yang bisa membuat bisnis kuliner bertahan dari persaingan ketat adalah rasa. Yap, kuliner akan bertahan karena rasa yang ia miliki. Hal ini juga berlaku untuk minuman kopi.

Buatlah menu minuman kopi yang khas dan unik. Inovasi alias menghadirkan sesuatu yang baru juga boleh dicoba. Dijamin, konsumen pun akan ketagihan!

5. Gencar dalam berpromosi

Kekuatan internet memang tidak bisa diragukan. Promosikan usaha kopi Anda lewat internet. Anda bisa membuatkan akun khusus di medsos serta posting konten yang menarik.

Selain memanfaatkan kekuatan medsos, Anda juga bisa mengandalkan kekuatan word of mouth atau promosi mulut ke mulut. Seseorang cenderung membeli suatu produk atas rekomendasi orang lain. Ajak teman-teman dan kerabat terdekat untuk mempromosikan usaha kopi Anda ke orang-orang yang mereka kenal.

5. Menyediakan fasilitas yang nyaman buat pelanggan

Jika usaha Anda berbentuk kedai atau kafe, hal ini perlu Anda pertimbangkan. Kenyaman pelanggan adalah hal yang penting. Ketika pelanggan nyaman, kemungkinan mereka untuk datang kembali akan meningkat.

Kegiatan ‘ngopi’ identik dengan bersantai. Anda bisa mendekor kedai atau kafe Anda dengan furnitur yang nyaman.

Selain kenyamanan, fasilitas yang mendukung hiburan pun bisa menambah nilai plus. Free wifi adalah salah satu fasilitas yang paling banyak dicari. Beberapa kafe bahkan menyediakan board games dan playstation agar pelanggan betah nongkrong.

Penutup

Begitulah gambaran dari bisnis minuman kopi yang perlu Anda ketahui. Sangat mungkin untuk meraih kesuksesan dari bisnis minuman kopi, asalkan Anda selalu tekun.

Simak juga informasi bisnis lainnya dari berbagai artikel Mebiso. Pastinya, cocok sekali untuk Anda yang ingin belajar lebih lanjut tentang bisnis. Salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *