Start A Business Tips Bisnis

5 Sumber Inspirasi Ide Startup yang Potensial

 

Loading...

Ide Startup Ingin mendirikan bisnis startup namun masih bingung mencari ide? Barangkali, berbagai inspirasi ide untuk startup berikut ini bisa menjadi sumber inspirasi Anda.

1. Startup untuk jasa pengolahan limbah

Kerusakan lingkungan adalah isu global yang semakin terasa dampaknya. Salah satu hal yang menyebabkan kerusakan lingkungan adalah pembuangan limbah. Alih-alih menjadi sesuatu yang merusak lingkungan, bagaimana jika limbah diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat?

Agaknya, peluang itulah yang terbersit pada benak Graviky Labs. Startup ini mengolah limbah asap pabrik menjadi tinta. Keren sekali, bukan?

Anda pun bisa mengikuti jejak perusahaan tersebut. Di Indonesia sendiri, pengelolaan limbah masih banyak yang perlu dibenahi. Ketika Anda mendirikan startup yang bergerak di bidang ini, Anda juga turut menyelamatkan lingkungan, lho.

2. Startup pengembang game edukatif untuk anak

Generasi muda kita telah terpapar teknologi sejak kecil. Banyak orangtua yang menggunakan internet sebagai salah satu jurus mereka ketika mengasuh anak. Namun, orangtua harus ekstra hati-hati karena tidak semua konten di internet ramah anak.

Kebutuhan akan konten positif ramah anak ini bisa Anda manfaatkan menjadi peluang startup. Anda bisa mendirikan startup yang mengembangkan berbagai game edukatif khusus untuk anak. Ini bisa menjadi solusi bagi para orangtua yang ingin memberikan konten positif untuk anaknya.

3. Startup penyedia proteksi dunia maya (cyber security)

Perkembangan teknologi serta dunia maya memberikan kita banyak kemudahan. Namun, tanpa kita sadari, kita juga diliputi ancaman karenanya. Dunia maya bukan tempat yang sepenuhnya aman, keselamatan diri bisa terancam.

Banyak kasus kebocoran data atau informasi pribadi, penyalahgunaan data, dan masih banyak lagi kasus terkait dunia maya yang menyeramkan. Keamanan di dunia maya alias cyber security menjadi suatu kebutuhan. Oleh karenanya, layanan cyber security bisa menjadi peluang bisnis startup yang sangat potensial.

4. Startup pengembang teknologi VR dan AR

Teknologi VR (Virtual Reality) serta AR (Augmented Reality) adalah teknologi yang sedang happening. Berkat kedua teknologi tersebut, kita bisa merasakan pengalaman yang mengesankan melalui sensasi visual, bahkan juga suara, sentuhan, bau, serta rasa.

Kedua teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, lho, pastinya untuk membuat tiap pengalaman semakin terasa menarik.
Berbagai industri bisa memanfaatkan kecanggihan VR atau AR, mulai dari hiburan hingga pendidikan.

Salah satu contohnya, Anda bisa membuat acara prakiraan cuaca menjadi lebih menarik dengan tampilan VR atau AR. Atau bisa juga, teknologi tersebut digunakan untuk menciptakan wahana edukasi di suatu museum. Kira-kira, apakah Anda bisa mendirikan startup dalam bidang ini?

5. Startup konsultan human capital

Indonesia adalah negara yang komposisi penduduknya banyak berusia produktif. Bidang terkait ketenagakerjaan dan pengelolaannya tentunya akan selalu happening.

Anda pun bisa menjadikan hal ini sebagai peluang untuk startup. Anda bisa mendirikan startup di bidang human capital, di mana Anda akan membantu berbagai perusahaan mengelola sumber daya manusia (SDM). Startup Anda akan berfokus untuk meningkatkan kualitas SDM dengan pengetahuan, keterampilan, serta kompetensi.

Masih bingung mencari ide startup yang cocok?

Apakah Anda masih belum menemukan ide untuk mendirikan perusahaan startup yang sesuai? Sebenarnya, untuk menemukan ide itu perkara yang sederhana, lho. Anda hanya perlu memperhatikan apa yang terjadi di sekitar Anda.

Tak hanya sekadar memperhatikan, Anda juga perlu untuk benar-benar peka alias memahami kondisi yang terjadi. Banyak fenomena atau kondisi di sekitar yang cenderung bermasalah, tentunya membutuhkan solusi. Itulah arti penting dari startup, memberikan solusi atas sesuatu.

Simak berbagai topik menarik lainnya seputar startup dan entrepreneurship dari berbagai artikel persembahan Mebiso. Selamat mencari ide, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *