Running A Business

5 Tips Agar Bisnis Tetap Untung Saat Masa Liburan

 

   

Masa liburan akhir tahun memang menjadi moment yang dinanti – nanti oleh sebagian besar orang. Tapi tidak berlaku pada sebuah bisnis. Ketika orang lain berlibur, maka setiap pemilik bisnis akan lebih giat mengejar keuntungan di masa libur itu. Menyambut hari libur panjang di akhir tahun ini banyak bisnis yang berlomba – lomba untuk menciptakan inovasi baru untuk proses penjualan produk mereka. Tapi bagaimana sih caranya agar bisnis bisa laris di musim liburan dan menimbulkan keuntungan bagi bisnis kita? Berikut ini caranya:

Tidak memberikan harga lebih rendah hanya untuk menarik lebih banyak pelanggan

Banyak memang orang yang tertarik untuk membeli sebuah produk karena harga produk itu lebih rendah dari biasanya atau dari pesaing kita. Tapi ini tidak sepenuhnya baik diterapkan hanya untuk menarik banyak peminat atau pelanggan. Sekalipun kita ingin mendapatkan pelanggan yang banyak di saat musim liburan, tapi memberikan harga yang lebih rendah bisa jadi malah merugikan kita jauh lebih banyak dari biasanya. Kita bisa fokus melakukan cara yang lain agar bisa mendapatkan banyak pelanggan tanpa merugikan diri kita sendiri.

Jangan memberikan diskon yang membuat Anda tidak untung sama sekali

Diskon juga masih menjadi salah satu solusi bagi setiap bisnis yang ingin mendapatkan banyak pelanggan dan keuntungan. Tapi diskon besar pada produk yang harganya tidak seberapa akan membuat kita jatuh dan malah rugi. Kita bisa beralih dengan memberikan beberapa bonus kepada pelanggan yang membeli produk yang sedang kiat promosikan. Hadiah bisa berupa pakaian, voucher belanja dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi solusi yang lebih menarik daripada hanya sekedar diskon. Karena mereka hanya perlu membayar dengan harga normal dan mendapatkan hadiah dari itu.

Jangan khawatir dengan tantangan menemukan pelanggan baru. Manfaatkan dengan baik pelanggan lama

Tidak perlu tergesah – gesah untuk mencari pelanggan baru. Bisa saja Anda terlalu fokus mencari pelanggan baru dan melupakan pelanggan lama. Ini akan membuat Anda kehilangan banyak dari mereka. Ajak mereka untuk berkumpul dan membahas sebuah event yang bisa diadakan bersama. Menjadikan pelanggan lama komunitas dan memberikan mereka loyalitas akan membuat mereka tidak segan merekomendasikan kita kepada orang baru. Tunjukkan bahwa Anda peduli kepada pelanggan lama dan bukan hanya berorientasi mencari pelanggan baru.

Terus pantau untung dan rugi penjualan produk

Sering kita terlena untuk mendapatkan keuntungan saat menjalankan program di musim liburan. Tanpa memperhitungkan setiap laba dan rugi dari proses penjualan produk. Tentukan dengan baik produk dengan harga yang akan diberikan. Pastikan Anda tepat memasarkan produk tersebut, sehingga Anda mudah menentukan berapa keuntungan yang ingin dicapai.

Ciptakan kemudahaan bagi pelanggan Anda saat mereka ingin membeli

Menjual produk di masa liburan adalah hal yang susah susah gampang. Anda bukan hanya harus pintar menentukan strategi tapi juga harus bisa membuat pelanggan mudah menemukan dan menjangkau bisnis Anda. Jadikan media online sebagai solusinya. Saat ini banyak orang yang ingin serba mudah dan cepat saat membeli sesuatu. Mereka akan lebih menyukai membeli secara online terlebih saat mereka sibuk mengurus keperluan untuk berlibur. Ini bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda. Menyediakan produk atau melayani pembelian secara online bisa mulai diterapkan oleh bisnis Anda. Temukan juga partner yang baik untuk bisnis online Anda. Sehingga Anda hanya tinggal fokus dan mengembangkan bisnis online tersebut tanpa harus repot memikirkan masalah seperti urusan teknis.

Baca juga:

Memahami Pola Pikir Customer untuk Meningkatkan Penjualan

9 Cara Meningkatkan Konversi Bisnis

Seimbangkan Rutinitas yang Melelahkan dengan Liburan yang menyenangkan


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *