Technology

5 Tips Aman Menggunakan Wi-Fi Umum

 

Hay pembaca, apakah saat ini ada yang masih belum mengenal Wi-Fi ? Saya rasa sebagian besar pembaca pasti sudah mengetahui Wi-Fi, mengingat seberapa banyak tempat yang menawarkan Wi-Fi baik gratis maupun berbayar. Dan tidak jarang pula yang menjadikan Wi-Fi sebagai layanan tambahan dari usahanya,seperti cafe, dll.

Namun pernahkan terfikir dibenak pembaca pertanyaan-pertanyaan seperti “Amankah menggunakan jaringan Wi-Fi umum”, jawabannya tentu tidak. Karena ada banyak sekali resiko yang mengancam anda ketika mengakses internet melalui Wi-Fi, mulai dari ancaman Sniffing dll.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan jaringan Wi-Fi secara aman:

1. Gunakan jaringan yang sudah dikenal

Jangan terlalu sering menggunakan Wi-Fi publik yang belum dikenali oleh perangkat Anda, apalagi yang masih belum jelas keamanannya. Ketika Anda mendapatkan penawaran gratis Wi-Fi dihotel kemudian ada Wi-Fi dengan nama SSID “Free Hotel Wi-Fi”, bukan berarti Wi-Fi tersebut adalah Wi-Fi yang dimaksud oleh pihak Hotel, dan bisa saja ada pihak ketiga yang membuat Wi-Fi palsu untuk mendapatkan data – data Anda. Biasakan untuk bertanya kepada  pihak penyedia Wi-fi mana yang dapat Anda gunakan.

2. Pastikan keamanan perangkat Anda

Menggunakan perangkat Anda dijaringan yang belum Anda kenali sama saja melepas hewan peliharaan Anda ke alam bebas. Pastikan perangkat Anda siap untuk ancaman yang ada. Matikan sharing  dikomputer Anda dan pastikan orang lain tidak dapat mengakses computer Anda dari koneksi yang sama.

Jika Anda pengguna Mac , masuk ke System Preferences dan kemudian pilih menu Share untuk menemukan sharing Preferences anda dan pastikan semuanya dicentang. Pada PC Windows, masuk ke Control Panel Anda dan kemudian pilih Network And System Setting. Masuk ke menu Homegroup untuk merubah status sharing menjadi off.

3. Gunakan HTTPS (SSL)

HTTPS memungkinkan data yang akan ditransfer melalui web lebih aman daripada situs http biasa. Anda mungkin terbiasa melihat https di depan URL website i-banking atau dalam halaman keranjang belanja dari toko online favorit Anda. Saat ini ada banyak sekali plug-in yang disediakan oleh browser-browser untuk mengakses halaman dalam secure connection dan di enkripsi oleh plug-in tersebut.

4. Gunakan VPN (Virtual Private Server)

Jika Anda tidak bisa memastikan keamanan jaringan yang Anda gunakan, maka Virtual Private Network ( VPN ) adalah salah satu pertahanan terbaik terhadap potensi serangan ke device Anda. VPN akan mengalihkan jalur internet Anda ketika browsing web melalui jaringan virtual di tempat lain, sehingga sangat sulit bagi pihak ketiga untuk menargetkan komputer Anda. Layanan VPN biasanya memerlukan biaya layanan bulanan. Namun apabila Anda ingin VPS gratis, Anda bisa set up sendiri VPN ke tempat yang Anda percaya seperti tempat kerja atau rumah.

5. Jadilah pengguna Wi-Fi yang cerdas

Dengan adanya tips ini, Anda diharapkan lebih berhati-hati dalam melakukan aktifitas online Anda, baik di rumah Anda sendiri atau saat Anda sedang bepergian. Buatlah password yang aman. Biasakan untuk menggunakan copy paste, jangan lupa bersihkan perangkat Anda dari virus/malware dan lainnya.

Sadari celahnya, dan perbaiki yang salah. Dan selamat melanjutkan aktifitas online Anda. ;-)


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *