Start A Business

5 Tips Bagi Pemula Crowfounding

 

Loading...

Crowfounding adalah salah satu teknik yang paling sukses dilakukan bagi para pengusaha yang baru mendirikan bisnis mereka. Crowfounding lebih dikenal dengan teknik patungan dalam mendirikan sebuah bisnis. Artinya akan ada puluhan sampai ratusan orang yang mengumpulkan dana untuk mendirikan atau melakukan suatu project tertentu. Dan berikut ini adalah tips bagi seorang pemula crowfounding:

1. Buatlah jadwal

Jadwal yang Anda buat tergantung pada jenis proyek yang ingin Anda danai. Anda harus mulai dengan membuat sebuah jadwal bagi diri sendiri. Jadwal ini harus mengintegrasikan kampanye secara bersama – sama dengan pekerjaan yang sebenarnya pada proyek Anda.

Banyak Crowfounders yang lebih memilih untuk mulai mengumpulkan sumbangan dalam waktu pengerjaan sebuah proyek. Karena mereka berpendapat pendonor akan lebih mudah berbagi dana pada fase ini. Tapi Anda harus menetapkan tujuan waktu yang jelas dan realistis untuk diri sendiri. Dan jangan lupa masukkan itu dalam deskripsi kampanye yang Anda lakukan.

2. Jadilah persuasif

Anda tentu tidak akan dengan mudah mendapatkan uang dari banyak orang saat Anda tidak memberikan mereka alasan yang kuat mengapa mereka harus. Teks yang Anda buat harus menyoroti pentingnya proyek yang Anda miliki dan betapa besar peran mereka didalamnya. Keunikan visi dan nilai luhur dari produk yang dihasilkan adalah daya tarik tersendiri bagi pendonor.

Jika Anda memiliki materi visual atau contoh proyek yang akan Anda kerjakan, tunjukkan saja kepada mereka. Biarkan mereka membayangkan apa yang akan Anda kerjakan dan mereka danai.

3. Cari dukungan yang tepat

Ada banyak dukungan yang dapat Anda gunakan saat ingin melakukan crowfounding ini. Salah satunya yaitu dengan menggunakan platform khusus crowfounding yang banyak dipublikasikan. Seperti Kickstarter, Indie Gogo, Pledge Music, Go Dana Me, dan lain sebagainya. Mereka bisa menjadi partner crowfounding proyek yang sedang Anda kerjakan.

4. Berikan sesuatu

Banyak kampanye crowfounding yang berhasil dengan menjanjikan pendonor mereka dengan sesuatu sebagai imbalan atas bantuan awal mereka dalam proyek yang Anda miliki. Anda dapat memutuskan ingin memberi apa dan berapa kepada mereka, seperti salinan gratis dari proyek Anda, kemeja atau kaos dengan desain khusus di atasnya, tiket gratis ke suatu acara dan lain sebagainya.

5. Rekrut ambasador

Mempromosikan kampanye untuk jumlah orang yang sangat banyak tentu tidaklah mudah. Cara yang paling mudah dalam mempromosikan ini kepada banyak orang adalah dengan merekrut beberapa ambasador bagi proyek yang ingin Anda kerjakan. Anda bisa mengajak teman, saudara atau rekan kerja Anda untuk bisa membantu Anda dalam mempromosikan kampanye ini.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Biarkan Pelanggan Berkata “WOW” saat Promosi Word of Mouth Bisnis Anda

5 Cara Mengubah Pelanggan di Sosial Media Menjadi Brand Ambassador

4 Rutinitas yang Penting Dilakukan Oleh Seorang Sales

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *