Tips Bisnis

5 Tips Kebersihan Makanan Saat Pandemi untuk Pebisnis Kuliner

 

Tips Kebersihan Makanan Saat Pandemi – Menjaga kebersihan adalah salah satu kunci menghadapi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Semua pihak harus mementingkan kebersihan, tidak terkecuali pebisnis kuliner.

Kebersihan makanan adalah hal yang harus dijamin oleh para pebisnis kuliner di saat seperti ini. Untuk menjaga kebersihan, berbagai tips berikut ini tidak boleh terlewatkan.

Berbagai tips kebersihan makanan selama pandemi:

1. Sering mencuci tangan

Bisa dibilang, tindakan ini adalah tindakan paling penting. Saat menyiapkan makanan atau minuman, tangan kita haruslah bersih. Oleh karenanya, rutinlah mencuci tangan selama menyiapkan makanan.

Cuci tangan dengan baik dapat membunuh bakteri dan virus. Gunakanlah air mengalir dan sabun. Pastikan seluruh bagian tangan ikut dibersihkan, termasuk sela-sela jari dan ujung kuku. Selain itu, cucilah tangan dalam durasi minimal 20 detik.

Selain cuci tangan, Anda juga dapat menggunakan hand sanitizer yang berbahan dasar alkohol jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan. Sama seperti cuci tangan, Anda juga perlu mengusapkan ke seluruh bagian tangan.

2. Menjaga kebersihan bahan makanan

Tips lainnya yang tak kalah penting adalah menjaga bahan makanan agar senantiasa higienis. Bahan makanan sangat rawan menjadi sarang virus dan bakteri jika tidak dibersihkan.

Untuk bahan makanan mentah seperti sayur-mayur, aneka buah, daging, ikan, dan sebagainya, Anda perlu mencucinya dengan air yang mengalir. Untuk bahan makanan kemasan seperti makanan kaleng, bersihkan kemasan dengan cairan desinfektan sebelum dibuka atau disimpan.

Selain itu, kita juga perlu mengolah bahan makanan dengan tepat. Masaklah bahan makanan sesuai suhu yang dianjurkan.

3. Gunakan alat masak yang higienis

Alat masak pun dapat menjadi sarang virus dan bakteri. Sebelum menyiapkan makanan atau minuman, pastikan bahwa alat-alat yang Anda gunakan untuk menyiapkan makanan terjamin kebersihannya. Bersihkanlah alat-alat yang digunakan dengan seksama.

4. Menjaga kebersihan dapur

Tak hanya alat masak, dapur tempat kita memasak pun harus dijaga kebersihannya. Bersihkanlah permukaan meja dapur dengan cairan desinfektan secara rutin.

Buanglah sampah dapur dengan baik. Segera buang sampah agar tidak menumpuk dan menjadi sumber penyakit.

5. Memakai masker

Virus corona dapat menular melalui droplets. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita perlu menggunakan masker.

Agar kebersihan makanan semakin terjamin, gunakanlah masker selama menyiapkan makanan. Gunakanlah masker yang memiliki tiga lapisan, sehingga dapat berfungsi maksimal.

6. Mengemas makanan dengan cermat

Cara kita mengemas makanan pun tak kalah pentingnya. Tidak mengemas makanan dengan baik dapat membuat makanan menjadi kotor. Oleh karenanya, gunakanlah kemasan yang dapat membungkus makanan dengan rapat, sehingga isinya terjamin.

Selain itu, penting juga untuk membersihkan kemasan bungkus makanan sebelum digunakan. Anda bisa mengelap permukaaan kemasan dengan cairan pembersih atau desinfektan.

Banyak juga pebisnis kuliner yang menyertakan alat makan untuk pelanggannya, seperti sendok atau garpu plastik. Tentunya, kita pun harus memastikan juga bahwa alat makan tersebut benar-benar bersih.

7. Menjaga kebersihan kedai makan

Sejak PSBB ditiadakan, tempat makan pun mulai dapat beroperasi kembali. Tentunya, Anda sebagai pebisnis kuliner harus memastikan bahwa kedai makan Anda sering dibersihkan. Rajin-rajinlah membersihkan dengan cairan desinfektan, terutama pada permukaan yang sering disentuh orang seperti meja dan kursi.

Tak hanya membuat konsumen aman. Dengan menjaga kebersihan makanan, Anda akan membuat konsumen merasa nyaman. Mereka pun tak akan ragu untuk kembali memesan makanan Anda.

Simak juga berbagai artikel menarik seputar bisnis kuliner lainnya hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Polina Zimmerman from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *